Cara Mengusir Semut dengan Doa, Agama Islam Melarang untuk Membunuhnya

Your Story | Jumat, 14 Januari 2022 18:01

Reporter : Arini Saadah

Semut merupakan hewan yang mulia dalam pandangan Islam.

Dream – Semut termasuk serangga yang kerap merayap di sekitar rumah. Setiap serpihan makanan yang jatuh tak lama kemudian pasti dikerubungi oleh semut. Tentu saja hal ini membuat orang kesal karena rumah menjadi kotor dan penuh semut.

Sangking jengkelnya, banyak orang dengan sengaja menyingkirkan gerombolan semut itu. Namun karena tubuh yang kecil, tak sengaja banyak orang membunuh serangga penyuka gula ini. Padahal di dalam ajaran Islam ada larangan untuk tidak membunuh semut jika tidak membahayakan.

Hal ini karena semut merupakan hewan yang mulia dalam pandangan Islam. Sampai-sampai Allah SWT mengabadikan kesitimewaan semut dalam Surat An Naml.

Namun bagaimana jika semut-semut itu mengganggu? Ada beberapa cara mengusir semut yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah cara mengusir semut dengan doa.

Cara Mengusir Semut dengan Doa, Agama Islam Melarang untuk Membunuhnya
Ilustrasi Semut Mengerubungi Gula. (Foto: Unsplash.com)
2 dari 5 halaman

Hukum Membunuh Semut

 Ilustrasi© Unsplash.com

Sebelum mengetahui cara mengusir semut dengan doa, kita juga perlu mengetahui hukum membunuh semut. Dikutip dari Bincang Syariah, hukum membunuh semut dalam Islam adalah dilarang. Larangan ini datang dari Rasulullah SAW.

Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ibnu Abbas, ia berkata: Sesungguhnya Nabi SAW melarang membunuh empat hewan: semut, lebah, burung hudhud, dan burung shurad.

Kemudain Imam Nawawi juga pernah membahas tentang hukum membunuh semut. Dengan tegas Imam Nawawi mengatakan bahwa hukumnya adalah tidak boleh.

Akan tetapi jika semut itu mengganggu sampai menyakiti, maka jumhur ulama sepakat membolehkan untuk membunuh semut. Kebolehan ini tentu saja hanya untuk menghilangkan gangguan dari semut. Tidak boleh sampai membunuh semua semut yang bahkan tidak mengganggu.

3 dari 5 halaman

Cara Mengusir Semut Tanpa Membunuhnya

Semut memang suka sekali berjalan-jalan di area rumah, merayap di meja, kursi hingga dinding. Islam memang melarang untuk membunuh semut, sehingga kamu perlu melakukan cara mengusir semut dengan doa dan beberapa cara berikut ini:

1. Dengan Karet Gelang

Semut sangat menyukai makanan manis. Setelah membuka tutup makanan manis sebaiknya kamu melilitkan karet gelang pada tutupnya. Hal ini bertujuan agar aroma manis tidak tercium oleh semut.

Olesi dengan Petroleum Jelly

Caa mengusir semut yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan tempat yang biasa dilewati semut dengan petroleum jelly. Bau dan teksturnya yang lengket membuat semut tidak berani mendekat. Kamu bisa mengoleskan pada kaki meja, kaki lemari, dan tempat lainnya.

2. Menaburkan Tepung

Cara mengusir semut juga bisa dilakukan dengan menaburkan tepung pada tempat berkumpulnya semut. Mereka akan kesulitan menerobos barisan tepung yang telah ditaburkan. Sehingga mereka lebih memilih untuk pergi.

4 dari 5 halaman

 Ilustrasi© Unsplash.com

3. Menyemprotkan Air Lemon

Cara mengusir semut juga bisa dilakukan dengan menyemportkan air lemon ke tempat-tempat yang sering dilewati semut. Semut sangat membenci bau dari lemon, sehingga mereka akan memilih untu pergi.

4. Pakai Daun Sirih

Kamu juga bisa meletakkan daun sirih sebagai cara mengusir semut tanpa membunuhnya. Letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering didatangi semut. Dan biasanya semut akan menghindari tempat yang ada daun sirihnya.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengusir Semut dengan Doa

Cara mengusir semut dengan doa telah diajarkan oleh Nabi. Karena semut adalah hewan yang mulia, maka orang Islam sebaiknya tidak mengusir semut dengan cara membunuhnya. Akan tetapi sebaiknya mengusir semut dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas, atau bisa juga melakukan cara mengusir semut dengan doa.

Cara mengusir semut dengan doa adalah saat semut itu lewat bergerombol membentuk barisan, tegurlah mereka dengan membaca doa ini:

“ Asaalamulaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat.”

Selain menegur semut dengan kata doa tersebut, Sahabat Dream juga bisa melantunkan doa lain berikut ini:

Hadza li ghulamil qadhi

Artinya: “ Dengan izin Allah, semut-semut tidak berani mendekati makanan.

Join Dream.co.id