Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

11 Tips Cara Menghafal Alquran 30 Juz, Mudah dan Cepat Bagi Pemula

11 Tips Cara Menghafal Alquran 30 Juz, Mudah dan Cepat Bagi Pemula Ilustrasi Anak-anak Sedang Menghafal Alquran Di Masjid. (Foto: Shutterstock)

Dream - Sebagian umat Islam menganggap menghafal Alquran dengan cepat dan mudah mungkin sulit dilakukan. Alasan yang banyak disampaikan adalah umur yang sudah tua sehingga kemampuan mengingat jadi berkurang.

Namun dengan sedikit usaha mencari informasi, banyak tips cara menghafal Alquran yang mudah dan cepat bagi para pemula.

Menurut Pengasuh Rumah Quran Mulia (RQM), Ustaz Nurul Anwar, menghafal Alquran bisa dilakukan oleh siapa saja.

"Semua Muslim sebenarnya sangat mudah untuk menghafal Alquran dan tidak dibatasi oleh usia. Bahkan di usia 4 tahun bisa menghafal 30 juz," ujar Nurul Anwar.

Memang menghafal Alquran bukan pekerjaan mudah. Jika tidak pandai memanfaatkan waktu, maka apa pun cara menghafal Alquran yang kita lakukan hanya berakhir menjadi keinginan belaka.

Di antara Sahabat Dream mungkin ada rasa penasaran hingga muncul pertanyaan-pertanyaan. Seperti, 'Bagaimana cara menghafal Alquran dengan cepat bagi para pemula?' atau 'Apa metode menghafal Alquran yang benar agar tidak mudah lupa?'.

Nah, kali ini Dream akan mengulas tentang cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat bagi pemula. Kami juga akan menjelaskan beberapa tips cara menghafal Alquran agar tidak mudah lupa.

Tips Cara Menghafal Alquran dengan Mudah dan Cepat Bagi Pemula

Bisa menghafal Alquran adalah keinginan sebagian besar umat Islam. Meski begitu, menghafal Alquran ternyata bukan perkara mudah bagi sebagian orang.

Meski sudah mencoba berkali-kali, ayat-ayat Alquran belum juga tertanam dalam ingatan. Imam Syafi'i saja pernah mengalami kesulitan dalam menghafal Alquran. Padahal, Imam Syafi'i menggunakan berbagai cara menghafal Alquran sejak berusia 7 tahun.

Pengalaman Imam Syafi'i dapat ditemukan dalam kitab I'anatuth Tholibin.

"Aku pernah mengadukan kepada Waki’ (guru) tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau mengatakan untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat."

Bisa jadi, apa yang dialami Imam Syafi'i sebenarnya terjadi pada kita. Karena, dosa yang kecil saja bisa menjadi penghalang untuk menghafal Alquran.

Selain itu, Allah menjamin bahwa ayat-ayat Alquran mudah dipelajari. Jadi, jika kamu mengalami kesulitan, mungkin cara menghafal Alquran kamu yang harus diubah.

Berikut tips cara menghafal Alquran 30 juz dengan mudah dan cepat bagi pemula.

1. Meluruskan Niat dengan Ikhlas karena Allah

Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Alquran. Jika niatnya salah seperti ada riya (pamer), ujub (bangga pada diri sendiri), atau menghafal karena ingin dipanggil 'al-hafidz, maka itu sangat fatal akibatnya. Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Alquran.

2. Melaksanakan Sholat Hajat

Tips cara menghafal Alquran dengan mudah selanjutnya adalah melaksanakan sholat hajat. Jadi, setelah menata niat karena mengharap ridho dan pahala Allah, hendaknya kita melaksanakan sholat hajat sebelum mulai menghafal Alquran dengan cepat dan benar. Mohon kepada Allah agar mudah saat proses menghafal Alquran. Karena pemilik Alquran adalah Allah, maka kita memohon kepada pemiliknya agar diberi kemudahan.

3. Menanamkan Keyakinan

Tanamkanlah pada diri kita bahwa menghafal Alquran itu sangat mudah, maka kita akan merasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Alquran itu sulit, maka ia akan terasa sulit. Jadi, selalu motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara menghafal Alquran yang kita lakukan itu mudah.

4. Mengakrabkan Diri dengan Alquran

Akrab dengan Alquran merupakan salah satu cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat yang paling ampuh. Jangan pikirkan metode menghafal Alquran yang ribet terlebih dahulu. Tapi pikirkanlah bagaimana caranya mulai hari ini saya bisa membaca 5 juz per hari atau hari ini harus hafal 1 ayat per hari.

5. Memperbaiki Bacaan

Sebelum mulai menghafal Alquran dengan mudah, kita sebaiknya memperbaiki bacaan. Hal ini perlu agar kita terhindar dari salah baca dan membuat kekeliruan. Menghafal Alquran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tapi kalau cara membaca Alquran masih banyak yang keliru, bisa membuat pahala berkurang.

6. Menggunakan 2 Metode Menghafal Alquran

Metode atau cara menghafal Alquran sebenarnya banyak sekali. Namun ada dua cara utama menghafal Alquran dengan mudah cepat bagi pemula. Dua cara menghafal Alquran tersebut adalah:

  1. Menghafal per halaman

    Kita membaca satu halaman yang akan kita hafal sebanyak tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Kalau sudah lancar, kita menghafal halaman tersebut. Setelah hafal satu halaman, kita pindah ke halaman berikutnya. Metode ini lebih direkomendasikan menggunakan mushaf standar madinah.
  2. Menghafal per ayat

    Kita membaca satu ayat yang akan kita hafal tiga sampai sepuluh kali secara tartil. Kalau sudah lancar, kita menghafal ayat tersebut. Setelah hafal ayat pertama kita pindah ke ayat berikutnya dengan cara yang sama, begitu seterusnya sampai satu halaman. Namun, sebelum pindah ke halaman berikutnya, kita sebaiknya mengulangi halaman-halaman sebelumnya agar lebih kuat hafalannya.

4. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Alquran

Karena struktur dan tampilan halaman Alquran terkadang berbeda-beda tiap penerbit, pastikan menghafal dengan mushaf yang sama sampai selecek-leceknya. Analogi menghafal Alquran itu sebenarnya mirip dengan merekam gambar ke dalam memori. Sehingga bentuk mushaf itu akan memengaruhi struktur hafalan kita di memori otak.

5. Murojaah (Baca Berulang-ulang)

Semakin sering mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jadi, jangan sampai karena sudah merasa hafal beberapa halaman, kita tinggal hafalan tersebut tanpa mengulanginya dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan hilangnya hafalan tersebut.

6. Pasang Target Menghafal Alquran

Terkadang, di tengah menghafal Alquran, kita biasanya mengalami kendala seperti susah masuk atau hafalan yang sudah dihafal lupa lagi. Kalau sudah begitu, semangat kita  biasanya akan berkurang. Sehingga kita merasa bahwa Alquran susah untuk dihafalkan. Agar kita tidak patah semangat, kita harus pasang target dalam menghafal Alquran.

7. Memperdengarkan Hafalan

Untuk menghindari bacaan yang salah, ayat atau halaman yang sudah dihafal sebaiknya diperdengarkan kepada orang lain. Ini bertujuan agar orang tersebut bisa mengoreksi atau membenarkan jika bacaan kita salah.

8. Banyak Mendengar Murotal

Mendengarkan murotal sangat menunjang hafalan Alquran. Hanya dengan mendengar murotal, kita mungkin sudah hafal ayat atau surat Alquran. Untuk menghafal Alquran dengan mudah dan cepat, disarankan untuk mendengar murotal dengan irama yang lambat tapi indah, seperti bacaan As-Syaikh Musyari Al-afasy.

9. Waktu Khusus Menghafal Alquran

Usahakan untuk menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Alquran. Imam Al Khatib Al Baghdadi dalam Mukaddimah Majmu' Syarh Al Muhadzdzab menganjurkan waktu-waktu yang mendukung untuk menghafal Alquran.

Waktu pertama yaitu sepertiga malam terakhir. Waktu ini memiliki banyak faedah. Biasanya waktu ini digunakan untuk sholat malam atau waktu sahur saat bulan Ramadan.

Selanjutnya adalah saat pertengahan siang hari. Waktu ini biasanya digunakan untuk bekerja, namun tepat pula untuk menghafal.

Waktu lain yang tak kalah mujarab adalah di pagi hari. Banyak yang menganjurkan hafalan dilakukan di waktu ini karena kondisi pikiran manusia sedang dalam keadaan bersih dan belum banyak digunakan.

10. Istiqomah

Lakukan semua yang diterangkan di atas secara terus menerus. InsyaAllah Sahabat Dream akan bisa menghafal Alquran 30 juz dengan mudah dan cepat bagi pemula. Ingatlah! Kunci menghafal Alquran dengan mudah dan cepat adalah jangan pernah putus asa. Selain hal-hal di atas ada satu tips cara menghafal Alquran bagi pemula, yaitu berdoa.

11. Memperbanyak Doa

Senjata umat Islam ketika berusaha adalah memperbanyak doa. Jadi, Sahabat Dream perlu memperbanyak doa agar dimudahkan dalam menghafal Alquran dengan mudah dan cepat.

Dengan membaca doa ini akan membantu kamu mempermudah dalam menghafal Alquran 30 juz.

"Fafahhamnaahaa sulaimaana wa kullan atainaa hukman wa 'ilman wa sakh kharnaa ma'a dawuudal jibaala yusabbihna wath thaira wa kunnaa faa'iliin. yaa hayyu yaa qayyuumu yaa rabba musaa wa haaruuna wa rabba ibraahima wa yaa rabba muhammaadin shallallahu alaihi wa sallama wa 'alaihim ajma'iina. Urzuqnil fahma warzuqnil 'ilma walhikmata wal 'aqla birahmatika yaa arhamarraahimiina."

Artinya:

"Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing meraka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bestasbih bersama Daud, dan Kamilah yang melakukannya. Wahai Dzat Yang Maha Hidup, Wahai Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri, Wahai Tuhan Musa dan Harun, Wahai Tuhan Ibrahim, dan Wahai Tuhan Muhammad SAW, dan Tuhan mereka semua, berikanlah aku rezeki kepahaman dan berilah aku rezeki ilmu, hikmah, dan akal, melalui rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Doa di atas disarikan dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz H Amrin Ali Al Kasyaf.

Dirangkum dari berbagai sumber.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pendek dan Mudah Dihafal, Inilah Manfaat Surat Al-Ikhlas jika Rutin Membacanya, Mendapat Limpahan Berkah dari Allah SWT

Pendek dan Mudah Dihafal, Inilah Manfaat Surat Al-Ikhlas jika Rutin Membacanya, Mendapat Limpahan Berkah dari Allah SWT

Membaca surat Al-Ikhlas satu kali setara dengan sepertiga dari Al-Qur'an.

Baca Selengkapnya
Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah 5 Keistimewaan Membaca Al-Quran saat Malam Nuzulul Quran, Salah Satunya Jadi Syafaat di Hari Kiamat

Jangan Sampai Terlewatkan! Inilah 5 Keistimewaan Membaca Al-Quran saat Malam Nuzulul Quran, Salah Satunya Jadi Syafaat di Hari Kiamat

Tidak hanya mendapatkan petunjuk, tetapi juga dengan membaca Al-Quran ada limpahan pahala yang akan diberikan Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Ingin Dimudahkan dalam Menghafal Al-Quran? Amalkanlah Doa-Doa Ini, Insya Allah Diberikan Ketenangan dan Pikiran yang Fokus

Ingin Dimudahkan dalam Menghafal Al-Quran? Amalkanlah Doa-Doa Ini, Insya Allah Diberikan Ketenangan dan Pikiran yang Fokus

Seseorang yang menghafalkan Al-Quran akan dimuliakan kehidupannya oleh Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud dan Tips agar Terbiasa Menunaikannya

Doa Setelah Sholat Sunnah Tahajud dan Tips agar Terbiasa Menunaikannya

Sholat tahajud termasuk sebagai ibadah tambahan yang bermanfaat bagi Muslim.

Baca Selengkapnya
Anjuran Membaca Surat Al-Mulk sebelum Tidur, Ini Dia 5 Manfaat Istimewanya, Bisa Dapat 70 Kebaikan

Anjuran Membaca Surat Al-Mulk sebelum Tidur, Ini Dia 5 Manfaat Istimewanya, Bisa Dapat 70 Kebaikan

Surat Al-Mulk mengandung pesan-pesan tentang kekuasaan Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Malam Nisfu Syaban Sebentar Lagi, Bacalah Amalan Ini agar Mendapatkan Limpahan Berkah

Malam Nisfu Syaban Sebentar Lagi, Bacalah Amalan Ini agar Mendapatkan Limpahan Berkah

Malam Nisfu Syaban 1445 Hijriyah nantinya akan jatuh pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Baca Selengkapnya
Ramadan Telah Berlalu, Ini Dia 10 Tips Menjaga Ibadah Tetap Istiqomah

Ramadan Telah Berlalu, Ini Dia 10 Tips Menjaga Ibadah Tetap Istiqomah

Keistiqomahan ibadah setelah Ramadan menunjukkan keberhasilannya dalam melalui bulan suci yang penuh berkah itu.

Baca Selengkapnya
Memperingati Turunnya Al-Quran, Inilah 4 Hikmah Nuzulul Quran yang Penting Diketahui Umat Islam

Memperingati Turunnya Al-Quran, Inilah 4 Hikmah Nuzulul Quran yang Penting Diketahui Umat Islam

Malam Nuzulul Quran menjadi kesempatan bagi umat Islam untuk lebih mendekatkan diri kapada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Manfaatnya Istimewa, Begini Cara Mengirim Al-Fatihah untuk Diri Sendiri, Insya Allah Selalu Terlindungi dan Dirahmati Allah SWT

Manfaatnya Istimewa, Begini Cara Mengirim Al-Fatihah untuk Diri Sendiri, Insya Allah Selalu Terlindungi dan Dirahmati Allah SWT

Surat Al-Fatihah disebut sebagai Ummu Al Kitab dan Ummu Al-Quran yang artinya merangkum setiap pesan dalam seluruh surat di Al-Quran.

Baca Selengkapnya