Aksi Mendebarkan Bidan Bantu Ibu Melahirkan Darurat di Tengah Laut

Your Story | Kamis, 2 September 2021 09:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Saat itu cuaca sedang tidak memungkinkan ditambah ombak lagi ganas-ganasnya.

Dream – Butuh perjuangan berat bagi masyarakat terpencil untuk mengakses fasilitas kesehatan. Tak seperti kota yang punya fasilitas kesehatan di saban kelurahan, di wilayah-wilayah terpencil sangat susah ditemukan layanan dengan fasilitas memadai.

Orang-orang yang tinggal di wilayah terpencil mungkin hanya bisa menemukan fasilitas kesehatan yang memadai di ibukota kabupaten yang jaraknya bisa berkilo-kilo meter dari tempat tinggal mereka. Sudah begitu, jalur yang mereka tempuh tidaklah mudah.

Jika sudah demikian, nyawa taruhannya. Pasien dalam kondisi kritis bisa saja tak tertolong karena butuh berjam-jam untuk sampai ke rumah sakit yang punya peralatan memadai.

Simaklah video yang diunggah oleh akun Instagram @insta_julid berikut ini. Dalam video itu terlihat seorang wanita hamil terpaksa melahirkan di atas perahu saat hendak dibawa ke rumah sakit.

Berikut kisah lengkapnya:

Aksi Mendebarkan Bidan Bantu Ibu Melahirkan Darurat di Tengah Laut
Melahirkan Di Tengah Lautan (Foto: Instagram @insta_julid)
2 dari 5 halaman

Ibu Melahirkan Harus Melalui Lautan untuk ke Kabupaten

 Ibu Melahirkan Harus Melalui Lautan untuk ke Kabupaten© Instagram @insta_julid

Dalam video itu tampak seorang wanita hamil yang akan melahirkan tengah digotong warga menuju sebuah kapal. Karena suatu kondisi tertentu, sang ibu harus segera dibawa ke rumah sakit yang ada di kabupaten.

Ada seorang ibu hamil yang terpaksa harus di rujuk ke Rumah sakit yang berada Di kabupaten, karna ada satu hal dan lain hal Yang di Haruskan pasien di Rujuk untuk Keselamatan ibu dan bayi,” tulis keterangan di video tersebut.

Di atas perahu itu, ikut serta  bidan yang saat itu sedang bertugas di daerah terpencil tersebut, yakni Banggai Laut.

3 dari 5 halaman

Kondisi Cuaca dan Ombak Tak Memungkinkan

 Kondisi Cuaca dan Ombak Tak Memungkinkan© Instagram @insta_julid

Dari video juga diketahui bahwa saat itu kondisi cuaca dan ombak sedang tidak memungkinkan. Namun, demi menyelamatkan ibu dan bayinya, perjalanan laut itu harus mereka lakukan dengan risiko yang ada.

Melihat cuaca dan ombak yang lagi Musim di daerah kami, sebenarnya berat hati Untuk melakukan perjalanan laut dari Kecamatan menuju kabupaten,” tulis di video.

Tapi karna takut terjadi hal yang tidak di inginkan, terpaksa pasien memang harus di rujuk,” tambah di video itu.

Sebelum kapal kecil itu berangkat, mereka pun berdoa terlebih dahulu agar di tengah laut nanti tidak turun hujan dan ombak juga tidak terlalu kencang. Karena cuaca di hari itu dari pagi sampai sore hujan deras dan ombak pun sedang ganas-ganasnya. Mereka juga berharap agar sang ibu tidak melahirkan di tengah laut.

4 dari 5 halaman

Melahirkan di Tengah Laut

 Melahirkan di Tengah Laut© Instagram @insta_julid

Namun sepertinya Tuhan telah menakdirkan bahwa sang ibu harus melahirkan di tengah laut. Kurang lebih 40 menit perjalanan, sang ibu pun melahirkan di kapal kecil itu dalam kondisi ombak yang sedang tidak bersahabat.

Sekitar kurang lebih 40 menit perjalanan Kami di tengah laut apa yang di pikirkan kami berdua benar terjadi. Qodarullah Pasien melahirkan di tengah laut dengan Suasana ombak yang kurang bersahabat,” tulis di video.

Dengan peralatan medis seadanya dan beberapa lembar sarung yang dibawa, sang bidan pun membantu ibu itu melahirkan di kapal. Tampak di tangan kanan sang ibu terpasang tali infus. Sedangkan bidan sibuk melakukan penanganan dengan dibantu rekannya. Seorang bapak yang berada di belakang bidan itu pun membantu menutupi si ibu dengan kain.

5 dari 5 halaman

Beragam Komentar Warganet

 Salah Satu Komentar Warganet© Instagram @insta_julid

Setelah video tersebut dibagikan, hal itu langsung menyedot banyak perhatian warganet. Hingga saat ini diketahui sudah ada 2 ribu like dan 100 lebih komentar yang diberikan.

YaAllah hebat banget,” tulis @nofiaas4

sehat terus bu bidan y,,,ini pahlawan yg real,” tulis @wahyutirta068

Alhamdulillah semoga sehat dan selamat semuanya,” tulis @m.atiatularif

Wanita2 Hebat… Semoga Allah SWT memberikan nikmatnya selalu utk kalian..,” tulis @agnesybh

terharu…,” tulis @malasari.anthony

Nangiss,” tulis @marshellafrischila.

Join Dream.co.id