Berziarah ke Makam Orangtua, Amalkan Doa Ini

Your Story | Rabu, 8 Desember 2021 06:01

Reporter : Ahmad Baiquni

Ziarah ke makam orangtua merupakan salah satu wujud bakti anak.

Dream - Berziarah ke makam orang adalah sunah dalam Islam. Artinya, amalan ini sangat dianjurkan.

Dengan ziarah, kita jadi ingat mati. Selain itu, mengenang kembali kebaikan dan manfaat yang diberikan oleh orang yang meninggal dunia.

Terlebih pada orangtua, kita sangat dianjurkan untuk menziarahi makamnya. Amalan ini tergolong bentuk bakti anak kepada orangtua.

Saat orangtua sudah tiada, kita hanya bisa mengenang bagaimana mereka mendidik anak-anaknya dengan begitu baik. Kita tak pernah bisa melupakan jasa mereka, apalagi membalasnya.

Karena, orangtua mendidik kita dengan sangat tulus dan tidak menginginkan imbalan. Keinginan mereka hanya agar anaknya bisa tumbuh jadi pribadi yang memberikan banyak manfaat kepada sesama.

Ketika sedang berziarah ke makam ayah ibu, jangan lupa amalkan doa ini untuk mereka.

 

Berziarah ke Makam Orangtua, Amalkan Doa Ini
Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 6 halaman

Doa Ziarah ke Makam Orangtua

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa 'afìhì wa'fu anhu, wa akrìm nuzulahu wawassì' madkholahu, waghsìlhu bìl ma'ì wats tsaljì walbaradì, wa naqqihi, mìnadz dzunubì wal khathaya kama yunaqqats tsaubul abyadlu mìnad danasì. Wabdìlhu daran khoìran min darihi wa zaujan khoiran min zaujihi. Wa adkhìlhul jannata wa aidzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabinnarì wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fìhi.

Artinya,

" Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya."

Sumber: Iqra.id

3 dari 6 halaman

Doa Saat Salaman dan Cium Tangan Orangtua

Dream - Dalam ajaran Islam, wajib hukumnya anak berbakti kepada orangtua. Sebab orangtua menjadi kunci seorang anak mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Jika orangtua ridha, maka Allah juga ridha. Sehingga patutlah kita memperhatikan betul petuah orangtua.

Menjadi kewajiban seorang anak pula untuk mendoakan orangtua. Doa dari anak shalih shalihah akan menjadi bekal orangtua di akhirat.

Sebagai bagian dari bakti, ada beberapa perbuatan yang bisa kita lakukan kepada ayah dan ibu. Salah satunya, mencium tangannya saat bersalaman.

Setelah itu, doakan mereka dengan doa ini.

 

4 dari 6 halaman

Doa Cium Tangan Orangtua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا اللَّهُمَّ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّار

Allahummaghfirli dzunubi waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghira. Allahumma rabbana atina fiddunya hhasanatan wa fil akhirati khasanatan wa qinaa 'azaban nar.

Artinya,

" Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka berdua merawatku ketika aku masih kecil. Ya Allah, berilah kami di dunia kebaikan, dan di akhirat kebaikan, serta lindungilah kami dari siksa neraka."

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Agar Mendapat Ridho Orangtua

Dream – Seorang anak memiliki keutamaan untuk berbakti kepada orangtua. Sudah banyak dipahami dan diajarkan Rasululllah jika ridho orangtua akan menjadi langkah terbaik dalam menjalani kehidupan.

Dari Abdullah bin 'Amru ra ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, " ridho Allah tergantung pada ridho orangtua dan murka Allah tergantung pada murka orangtua.”

Dalam hadist tersebut sangat jelas disebutkan tentang kewajiban seorang untuk mendapatkan ridho orangtua. Karena dalam ridho orangtua itulah ridho Allah akan menyertai.

Seorang anak sebaiknya tidak melakukan sesuatu yang dapat memancing kemarahan orangtua. Terlebih bila perbuatan tersebut dapat melukai hati mereka.

Bila nantinya antara anak dan orangtua memiliki perbedaan pendapat, sebaiknya diselesaikan dengan cara yang lembut. Tidak berkata buruk atau sampai berbuat kasar pada orangtua.

6 dari 6 halaman

Doa mendapat keridhoan orangtua

Hubungan orangtua dan anak tidak selalu berjalan mulus. Terkadang ada perbedaan pendapat yang membuat kondisi rumah menjadi tidak tenang.

Meskipun begitu, sebagai anak jangan sampai tidak menghormati orangtua. Sebagai langkah pertama ada baiknya memohon kepada Allah agar diberikan jalan terbaik sehingga hati orangtua dapat menjadi luluh.

Berikut adalah doa untuk mendapatkan ridho dari orangtua.

 doa© Dream.co.id

 

Robbi zidnii ilmma, wawassih liifii rizqii, wabariklii fiimaa rozaqtanii, waj'al ni mahbuunnaa fii qulubi ibaadika, wa'azizzaa fii uyuu nihim, waj'alnii wajihhaa fiddunyaa wallaa hiroti minal muqorrobiin, yaakasiironnawal, yaa hasanal fi'aal, yaa qoo immaa bilaa zawaal, yaa mubdian bila misaal, falakal hamdu, walminnat, wassarofu alakulli haal.

Artinya:

" Ya Allah berilah aku tambahan ilmu. Luaskanlah rizkiku. Dan berkahilah harta yang Engkau berikukan padaku. Jadikan aku disenangi di hati hamba-hambu-Mu. Dan mulia di mata mereka. Jadikan aku di dunia dan akhirat termasuk orang-orang yang dekat (kepada Allah)"

Pada kaliamat " waj'al ni mahbuunnaa fii qulubi ibaadika" tambahkan setelah kata " ibaadika" dengan " wa qalbi ummi" menjadi " fi qulubi ibadika wa qalbi ummi" yang artinya disenangi di hati hamba-hambamu dan di hati ibuku.

Terkait
Join Dream.co.id