Begini Jika Telinga Manusia Dikencingi Setan

Your Story | Kamis, 12 Mei 2016 19:02
Begini Jika Telinga Manusia Dikencingi Setan

Reporter : Eko Huda S

Setan punya berbagai cara untuk menyeret manusia ke dalam kesesatan. Rasulullah telah menyampaikan berbagai godaan setan lewat sejumlah hadis.

Dream - Setan punya beragam cara untuk menyeret manusia ke dalam kesesatan. Rasulullah telah menyampaikan berbagai godaan setan lewat sejumlah hadis. Salah satunya diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.

Berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim itu disebutkan bahwa Nabi Muhammad mendapat cerita adanya seorang lelaki yang tidur semalaman, sampai pagi, sehingga kehilangan waktu Subuh. Lantas Nabi bersabda:

" Laki-laki itu telah dikencingi setan pada telinganya." (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Sebagian ulama berpendapat bahwa kata " dikencingi" dalam hadis itu adalah sebuah majas, yang diartikan bahwa setan merayakan keberhasilan karena telah melakukan tipu daya.

Meski demikian, ada pula ulama yang memaknai kata itu secara tekstual, yaitu setan benar-benar mengencingi telinga manusia sehingga tak bisa lagi mendengarkan perkataan baik.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

2 dari 4 halaman

Kecemburuan Aisyah pada Rasulullah dan Godaan Setan

Dream - Setan tak pandang bulu dalam menggoda manusia, tak terkecuali Rasulullah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim [Nomor 5035], Rasul bersabda bahwa setan menggoda semua manusia.

Menurut hadis itu, suatu malam Rasulullah keluar dari rumah Aisyah. Hal itu membuat timbulnya kecemburuan Aisyah, hingga dia membuntuti perjalanan Rasulullah.

Di tengah jalan, karena merasa ada yang membuntuti, Rasulullah menoleh ke belakang. Maka dilihat istrinya itu. “ Wahai istriku, Aisyah, kenapa kau membuntutiku?” tegur Rasulullah.

Aisyah diam, tak menjawab. Andaikan saat itu siang hari, maka akan terlihat wajah Aisyah yang memerah karena malu.

“ Cemburukah engkau, hingga melakukan ini semua?” tanya Rasulullah lagi .

“ Orang seperti aku ini bagaimana tidak akan mencemburui orang seperti engkau Rasulullah,” jawab Aisyah.

“ Apakah setan telah datang kepadamu?” tanya Rasul.

Mendengar pertanyaan Rasulullah, Aisyah menjadi terkejut dan balik bertanya, “ Apakah ada setan pada diriku, ya Rasulullah?”

“ Ya, ada,” jawab Rasulullah.

“ Apakah setan juga ada pada setiap manusia?” tanya Aisyah.

“ Ya, ada pada setiap manusia,” tegas Rasulullah.

“ Apakah juga ada pada diri engkau, ya Rasulullah?” tanya Aisyah lagi.

Na’am walikinnarabbi’azza wajalla a’ananii ‘alaihi hatta aslama." [Ya, ada tetapi Tuhanku yang Maha Gagah dan Maha Mulia telah menolong untuk mengalahkan setan, sehingga aku selamat,” jawab Rasulullah. 

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 

3 dari 4 halaman

Inilah Enam Orang yang Sholat Bersama Setan

Dream - Mencapai perasaan khusuk dalam sholat bukanlah perkara mudah. Ada saja tindakan atau pikiran yang pada akhirnya mengurangi kekhusukkan dalam sholat. Hal tersebut tidak terlepas dari ulah dan tipu daya setan.

Golongan yang tercipta dari api ini senantiasa menggoda manusia agar salatnya tidak sempurna. Itulah mengapa manusia harus selalu waspada, terutama saat melaksanakan ibadah wajib ini.

Enam orang ini bersama setan saat sedang menjalankan salatnya. Bukan mengikuti manusia melaksanakan sholat, namun setan tidak berhenti mengganggu hingga manusia tidak berdaya.  

Siapa saja enam orang tersebut?

1. Orang yang was-was dalam niat

Orang pertama yang bersama setan saat sholat adalah mereka yang merasa was-was dalam niat. Biasanya perasaan was-was ini akan berlangsung hingga saat sholat. Hal itu membuat orang ragu terkait rukun sholat yang seharunya dijalankannya. Misalnya saja lupa jumlah rakaat dan lupa bacaan.

Baca lima orang lainnya di tautan ini

4 dari 4 halaman

Cara Membedakan Bisikan Malaikat dan Setan

Dream - Setiap manusia memiliki dua pendamping, yaitu dari malaikat dan setan. Rasulullah telah menyatakan hal itu melalui sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad.

" Setiap kalian (manusia) ada Qarin (pendamping) dari bangsa jin, dan juga Qarin dari bangsa Malaikat…" [HR. Ahmad].

Menurut Umar Sulaiman al-Asyqar dalam kitab Alamu Malaikatil Abrar, yang dimaksud dengan qarin malaikat pada hadis ini bukanlah malaikat yang bertugas menjaga dan mencatat amal manusia.

Allah menugasi qarin malaikat ini untuk mengarahkannya kepada petunjuk kebaikan. Qarin manusia dari malaikat memotifasi dan mengarahkan kepada kebaikan, sedangkan qarin jin memprovokasi dan menggiringnya kepada keburukan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud, Rasulullah bersabda: " Sesungguhnya setan membisik-bisikkan kepada anak Adam, begitu pula malaikat. Adapun bisikan syetan adalah mangajak keburukan dan mendustakan kebenaran.. Adapun bisikan malaikat adalah mengajak kebaikan dan membenarkan yang haq."

Lantas, bagaimana cara membedakan bisikan itu datang dari malaikat dengan setan? Baca selengkapnya di sini.

(Ism)

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

 

Join Dream.co.id