Begini Cara Sholat Sebelum Peristiwa Isra Mi'raj

Your Story | Jumat, 5 Juli 2019 20:00
Begini Cara Sholat Sebelum Peristiwa Isra Mi'raj

Reporter : Ahmad Baiquni

Gerakan sholat sebelum Rasulullah mendapat perintah sangat berbeda dengan sekarang ini.

Dream - Sholat, ibadah inti yang menjadi kewajiban bagi setiap Muslim. Dalam sehari, seorang Muslim harus melaksanakan sholat sebanyak lima kali yang kita kenal dengan sholat fardlu lima waktu.

Seperti kita ketahui bersama, perintah sholat didapat Rasulullah Muhammad SAW dari Allah SWT saat Isra Mi'raj. Sebuah perjalanan religius yang hanya bisa diterima dengan iman.

Gerakan sholat yang dilakukan oleh umat Islam hingga saat ini dicontohkan langsung oleh Rasulullah. Benar-benar sama, tidak ada sedikitpun beda.

Muncul pertanyaan mengenai apakah Rasulullah SAW juga melaksanakan sholat sebelum diangkat sebagai Nabi? Pertanyaan ini muncul mengingat Rasulullah sejak dalam kandungan sudah dipersiapkan sebagai manusia terpilih.

Dikutip dari NU Online, sholat sebenarnya sudah ada sebelum Rasulullah diangkat sebagai Nabi. Tetapi, Rasulullah sudah sholat sebelum mendapat perintah dari Allah.

 

2 dari 6 halaman

Diajari Malaikat Jibril

Gerakan sholat yang dipraktikkan Rasulullah didapat dari Malaikat Jibril. Ketika menyampaikan wahyu pertama, Malaikat Jibril mengajari Rasulullah gerakan sholat yaitu berdiri, rukuk, lalu sujud dan duduk.

Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Imam Ahmad dan Daruquthni.

" Jibril datang kepada Rasul ketika menyampaikan wahyu pertama dan mengajarkan Rasul wudhu dan sholat."

 

3 dari 6 halaman

Sholat Sebelum Isra Mi'raj

Sebelum dapat perintah, Rasulullah sholat dua kali sehari yaitu dua rakaat pagi hari dan dua rakaat menjelang petang. Gerakan sholatnya jauh berbeda dengan yang dipraktikkan umat Islam hingga saat ini.

Kala itu, sholat Rasulullah tanpa rukuk sehingga hanya berdiri dan langsung sujud. Setelah diajari oleh Malaikat Jibril dan mendapat perintah, Rasulullah sholat dengan rukuk di antara berdiri dan sujud.

Gerakan ini sempat membuat sahabat Ali bin Abi Thalib RA keheranan. Sebab, gerakan sholat yang sudah sering dipraktikkan sebelum Isra Miraj tidaklah menggunakan rukuk.

Dalam satu riwayat, Ali RA kaget mendapati sholat Rasulullah dengan rukuk. Dia lalu bertanya gerakan apa itu dan dijawab Rasulullah, " beginilah yang diperintahkan kepadaku."

Sumber: NU Online. 

4 dari 6 halaman

Mengawali Sholat dengan Basmalah Termasuk Sunah?

Dream - Sholat memiliki tata cara tertentu dalam pelaksanaannya. Para ulama telah bersepakat, sholat diawali dengan takbiratul ihram diakhiri dengan salam.

Di sisi lain, terdapat anjuran bagi Muslim untuk mengucap basmalah setiap kali memulai sesuatu. Entah itu bekerja, belajar, maupun untuk hal-hal yang sifatnya rutin seperti makan, minum bepergian, dan lain sebagainya.

Kita mungkin pernah mengetahui ada Muslim yang membaca basmalah sebelum sholat. Secara tidak langsung, dia mengawali sholatnya dengan basmalah.

Lantas, apakah benar basmalah termasuk bagian dari kesunahan sholat?

5 dari 6 halaman

Ketetapan Syariat

Dikutip dari NU Online, syariat telah menetapkan sholat dimulai dengan takbiratul ihram dan berakhir dengan salam. Sehingga, segala amalan yang dilakukan baik sebelum dan sesudahnya tidak termasuk bagian dari sholat maupun kesunahan sholat, termasuk membaca basmalah.

Hal ini secara tegas disebutkan dalam kitab Fatawa Ismail Zain.

" Syariat telah menetapkan takbiratul ihram sebagai pembuka sholat, maka tidak disunahkan membaca bismillah sebelumnya."

Memang terdapat hadis Rasulullah yang menyatakan pekerjaan tidak diawali dengan membaca basmalah akan sia-sia. Demikian arti hadis tersebut.

" Setiap pekerjaan yang tidak diawali dengan menyebut nama Allah, maka sia-sialah pekerjaan tersebut."

6 dari 6 halaman

Apakah Dilarang?

Namun demikian, hadis ini tidak berlaku untuk sholat baik fardu maupun sunah. Sehingga tidak terdapat kesunahan pada bacaan basmalah sebelum sholat.

Meski begiut, bukan berarti membaca basmalah sebelum sholat adalah amalan yang dilarang. Sebab tidak ada dalil yang menyatakan amalan itu terlarang.

Sehingga, orang yang memulai sholat dengan basmalah hendaknya mengetahui membaca lafal tersebut tidak termasuk rukun sholat.

Sumber: NU Online.

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id