Bacaan Sholawat Munjiyat dan Keistimewaannya, Bisa Membuat Hajat Cepat Dikabulkan

Your Story | Senin, 23 Mei 2022 20:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Islam memerintahkan agar banyak membaca sholawat, salah satunya sholawat munjiyat.

Dream – Kehidupan di dunia ini hanyalah sementara. Keberadaan manusia di dunia ibaratkan hanya menumpang minum dan nantinya manusia akan kembali lagi ke alam yang kekal, yakni alam akhirat. Oleh karena itu, tugas manusia di dunia adalah memperbanyak ibadah kepada Allah SWT agar bisa menjadi bekal ketika di akhirat kelak.

Penentu seseorang masuk ke dalam surga atau neraka adalah dari amalan yang dilakukan oleh manusia. Semakin banyak amalan yang dikumpulkan, maka surgalah tempatnya. Begitu juga sebaliknya, jika amalan kebaikan tidak mampu memperberat timbangan, maka nerakalah tempatnya.

Nah, salah satu amalan yang bisa dikerjakan oleh umat Islam dan sangat dianjurkan adalah membaca sholawat. Bacaan sholawat munjiyat bisa sahabat Dream amalkan dengan berbagai keutamaannya yang istimewa. Bahkan dengan banyak mengamalkan bacaan sholawat munjiyat, diyakini bisa memudahkan terkabulnya hajat seseorang.

Berikut adalah penjelasan tentang bacaan sholawat munjiyat serta keutamaannya yang dirangkum Dream melalui islam.nu.or.id dan brilio.net.

Bacaan Sholawat Munjiyat dan Keistimewaannya, Bisa Membuat Hajat Cepat Dikabulkan
Bacaan Sholawat Munjiyat Dan Keistimewaannya (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Bacaan Sholawat Munjiyat

 Bacaan Sholawat Munjiyat© Shutterstock.com

Islam sangat menganjurkan umatnya agar banyak membaca sholawat. Perintah ini pun telah dijelaskan dalam firman-Nya melalui surat Al-Ahzab ayat 56 yang bunyinya berikut ini:

اِنَّاللّٰهَوَمَلٰۤىِٕكَتَهٗيُصَلُّوْنَعَلَىالنَّبِيِّۗيٰٓاَيُّهَاالَّذِيْنَاٰمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِوَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Salah satu bacaan sholawat yang bisa sahabat Dream amalkan adalah sholawat munjiyat. Berikut adalah bacaan sholawat munjiyat yang bisa sahabat Dream amalkan:

اَللّٰهُمَّصَلِّعَلَىسَيِّدِنَامُحَمَّدٍصَلاَةًتُنْجِيْنَابِهَامِنْجَمِيْعِالْأَهْوَالِوَالْاٰفَاتِوَتَقْضِيْلَنَابِهَاجَمِيعَالْحَاجَاتِوَتُطَهِّرُنَابِهَامِنْجَمِيْعِالسَيِّئَاتِوَتَرْفَعُنَابِهَاعِنْدَكَأَعْلَىالدَّرَجَاتِوَتُبَلِّغُنَابِهَـــاأَقْصَىالْغَايَاتِمِنْجَمِيْعِالْخَيْرَاتِفِىالْحَيَاةِوَبَعْدَالْمَمَـــاتِ

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât.

Artinya: “ Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan shalawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami; dengan shalawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan; dengan shalawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi; dengan shalawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

3 dari 4 halaman

Kapan Sholawat Munjiyat Dibaca?

Membaca sholawat biasanya bisa dilakukan kapan saja, misalnya saja setelah sholat fardhu atau saat ada acara-acara. Lalu, kapan sebaiknya sholawat munjiyat ini dibaca?

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, sholawat munjiyat umumnya diamalkan ketika awalan bacaan doa-doa, terutama saat membaca doa tahlil. Di mana setiap doa yang diawali dengan membaca sholawat munjiyat terlebih dahulu, maka akan membuat doa cepat terkabul.

Tak hanya itu saja, bacaan sholawat munjiyat juga dianjurkan dibaca saat dzikir setelah mengerjakan sholat sunah hajat dengan harapan agar keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT. Selain itu, bacaan sholawat munjiyat juga sering diamalkan oleh santri-santri di pondok pesantren. Namun, akan lebih baik lagi jika dalam membaca sholawat munjiyat adalah dengan di bawah bimbingan seorang guru. Dengan begitu bisa diarahkan cara membacanya secara baik dan benar.

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Membaca Sholawat Munjiyat

 Keistimewaan Membaca Sholawat Munjiyat© Shutterstock.com

Setiap bacaan sholawat tentu memiliki keistimewaan masing-masing. Seperti halnya dengan sholawat munjiyat ini yang memiliki keistimewaan tersendiri jika membacanya. Berikut adalah beberapa keistimewaan membaca sholawat munjiyat seperti dikutip dari brilio.net:

Memudahkan Hajat Seseorang

Keistimewaan membaca sholawat munjiyat yang pertama adalah bisa memudahkan hajat seseorang. Hal ini diterangkan oleh Syeikh Al-Buni dan Imam Jazuli bahwa orang yang memiliki hajat, baik itu hajat di dunia maupun di akhirat, maka bacalah sholawat munjiyat sebanyak 1000 kali di malam hari. Dengan begitu atas izin Allah SWT hajatnya akan dikabulkan dengan segera.

Keinginan Bisa Cepat Dikabulkan

Keistimewaan bacaan sholawat munjiyat berikutnya adalah bisa membuat keinginan cepat terkabul. Hal ini bisa terjadi jika sholawat tersebut dibaca sebanyak 500 kali dalam sehari. Atas izin Allah SWT, maka hajat yang sahabat Dream miliki, terutama yang memohon kekayaan dan ingin cepat diberikan keturunan, insya Allah akan segera dikabulkan Allah SWT.

Membuka Pintu Rezeki

Keistimewaan membaca sholawat munjiyat yang terakhir adalah bisa membuka pintu rezeki. Hal ini seperti dikatakan oleh Imam As-Suyuty berikut ini:

Sesungguhnya hadis ini shohih dan banyak bersholawat atas Nabi Muhammad itu bisa mempermudah jalan rizki dan banyak barokah yang turun, dan bisa untuk menghilangkan kesedihan-kesedihan dan juga untuk memenuhi beberapa hajat.”

Join Dream.co.id