Bacaan Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat Beserta Tata Cara yang Penting Diperhatikan

Your Story | Jumat, 8 April 2022 12:48

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Niat sholat tarawih 4 rakaat harus disesuaikan dengan posisinya, apakah sebagai imam, makmum, atau sholat sendiri.

Dream – Sholat tarawih adalah salah satu sholat sunah yang hanya dikerjakan saat bulan Ramadan saja. Sholat ini hanya dikerjakan pada malam hari dan tidak diperbolehkan dilakukan pada siang hari. Biasanya umat Islam akan berbondong-bondong menuju masjid untuk melakukan sholat isya dan dilanjutkan dengan sholat tarawih.

Meskipun sholat sunah ini bisa dilakukan secara sendiri, lebih dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah di masjid. Jumlah rakaat sholat tarawih  sendiri masih terdapat perbedaan di antara umat Islam. Sebagian masyarakat menjalankan sholat tarawih dan witir dengan 11 rakaat dan ada juga yang 23 rakaat. Yakni dengan 2 rakaat 1 salam dan 4 rakaat 1 salam.

Bagi sahabat Dream yang mengikuti sholat tarawih dengan 4 rakaat 1 salam, tentunya harus mengetahui bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat. Niat tersebut harus disesuaikan apakah posisinya sebagai imam, makmum, atau sholat sendiri. Karena kesemuanya memiliki niat yang berbeda.

Nah, berikut adalah bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat yang penting diketahui sebagaimana dirangkum Dream dari merdeka.com.

Bacaan Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat Beserta Tata Cara yang Penting Diperhatikan
Bacaan Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 4 halaman

Dalil tentang Sholat Tarawih 4 Rakaat

 Dalil tentang Sholat Tarawih 4 Rakaat© Shutterstock.com

Sebelum membahas tentang bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat, alangkah lebih jika sahabat Dream mengetahui tentang apa yang menjadi dasar dari sholat tarawih 4 rakaat ini. Ya, dasar tersebut adalah berasal dari hadis-hadis Nabi saw. Seperti halnya yang diucapkan oleh Aisyah ra berikut:

Nabi saw melaksanakan sholat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan sholat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya.”

Dari ucapan Aisyah ra di atas terdapat suatu kemungkinan, di mana Rasulullah saw melakukan sholat sebanyak 4 rakaat yang dikejakan secara sekaligus lalu dengan 1 salam. Atau bisa juga sholat sebanyak 4 rakaat yang dikerjakan sebanyak 2 rakaat dan dilakukan 2 kali.

Kemudian ada juga pendapat dari Imam Syafi’i yang mengatakan bahwa penafsiran pertama adalah umum. Namun Rasulullah saw sudah menyatakan secara langsung tentang sholat malam. Hal itu ada dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim:

Sholat malam adalah dua rakaat dua rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh karena sholat tarawih adalah suatu ibadah sholat malam yang kemudian diperkuat dengan adanya perkataan Nabi, maka bisa diambil penfasiran bahwa sholat tarawih 4 rakaat dikerjakan secara 2 rakaat 2 rakaat yang memiliki dasar hukum lebih kuat.

Meski begitu, jika memang ada umat Islam yang menganggap bahwa melakukan sholat tarawih 4 rakaat dengan 1 salam, hal tersebut tetaplah untuk dilakukan.

3 dari 4 halaman

Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat

Sebelum membaca niat sholat tarawih 4 rakaat, harus diketahui terlebih dahulu posisi sahabat Dream saat mengerjakannya. Apakah sebagai imam, makmum, atau sedang sholat tarawih sendiri. Karena masing-masing posisi tersebut memiliki bacaan niat yang berbeda.

Berikut adalah bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat untuk imam, makmum, dan sholat sendiri yang penting diketahui:

Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat Sendirian 

اُصَلِّىسُنَّةَالتَّرَاوِيْحَِارْبَعَرَكَعَاتٍمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًِللهِتَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawiihi arba'ata rakaatin mustaqbilal qiblati adaan lillahi ta'ala.

Artinya: “ Saya berniat salat sunah Tarawih empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT.”

Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat untuk Imam 

اُصَلِّىسُنَّةَالتَّرَاوِيْحَِارْبَعَرَكَعَاتٍمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًإِمَامًاِللهِتَعَالَى

Ushalli sunnatat Tarāwīhi arbaata rakaatin mustaqbilal qiblati adā’an imaman lillāhi ta‘ālā.

Artinya: “ Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

Niat Sholat Tarawih 4 Rakaat untuk Makmum 

اُصَلِّىسُنَّةَالتَّرَاوِيْحَِارْبَعَرَكَعَاتٍمُسْتَقْبِلَالْقِبْلَةِأَدَاءًمَأْمُوْمًاِللهِتَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawiihi arba'ata rakaatin mustaqbilal qiblati adaan makmuman lillahi ta'ala.

Artinya: “ Saya berniat salat sunah Tarawih empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

4 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih 4 Rakaat

 Tata Cara Sholat Tarawih 4 Rakaat© Shutterstock.com

Setelah mengetahui bacaan niat sholat tarawih 4 rakaat, selanjutnya sahabat Dream juga harus mengetahui tata caranya yang baik dan benar. Sehingga ketika kamu mengikuti sholat tarawih di masjid yang menggunakan 4 rakaat dengan 1 salam, kamu tidak mengalami kesalahan.

Berikut adalah tata caranya yang perlu kamu perhatikan dengan baik:

1. Membaca niat sholat tarawih 4 rakaat yang disesuaikan dengan posisinya. Apakah menjadi imam, makmum, atau sholat sendirian.

2. Membaca niat di dalam hati sebelum takbiratul ihram.

3. Membaca surat Al-Fatihah yang hukumnya adalah wajib. Lalu dilanjutkan dengan membaca salah satu surat pendek di dalam Al-Quran.

4. I’tidal.

5. Sujud yang pertama.

6. Duduk di antara dua sujud.

7. Sujud yang kedua.

8. Kembali berdiri untuk mengerjakan rakaat sholat yang kedua hingga rakaat keempat dengan gerakan yang sama.

9. Duduk tasyahud akhir.

10. Salam pada rakaat yang keempat.

Join Dream.co.id