Bacaan Doa Nurbuat, Lengkap Latin dan Artinya Serta Hukumnya Menurut Ulama

Your Story | Sabtu, 21 Mei 2022 18:00

Reporter : Arini Saadah

Dengan membaca doa nurbuat, diharapkan Allah memberikan perlindungan kepada kita dari segala jenis gangguan.

Dream - Dalam Agama Islam, berdoa dilakukan setiap lima kali dalam sehari ketika mengerjakan sholat fardhu. Di luar itu, umat Islam bebas berdoa kapan pun kepada Allah SWT. Kebiasaan berdoa ini juga dilakukan setiap kali hendak memulai suatu pekerjaan hingga menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk selalu mengingat Allah dan memohon perlindungan-Nya di setiap waktu.

Terdapat banyak doa yang bisa dipanjatkan sesuai dengan hajat atau keinginannya. Salah satunya adalah doa untuk memohon perlindungan atau disebut dengan doa nurbuat. Doa nurbuat adalah amalan yang dikhususkan untuk mendapatkan perlindungan dari Allah, terhindar dari berbagai gangguan jin atau sihir, hingga doa agar dapat disayangi oleh musuh.

Dalam bahasa Arab, doa nurbuat berasal dari kata nurun nubuwwah yang artinya cahaya nabi. Doa nurbuat dipercaya memiliki beragam manfaat kebaikan jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan membaca doa nurbuat, diharapkan Allah memberikan perlindungan kepada kita dari segala jenis gangguan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut bacaan doa nurbuat yang penting untuk kita ketahui.

Bacaan Doa Nurbuat, Lengkap Latin dan Artinya Serta Hukumnya Menurut Ulama
Wanita Berdoa (Shutterstock.com)
2 dari 5 halaman

Pendapat Ulama Mengenai Hukum Membaca Doa Nurbuat

Terdapat perbedaan pendapat mengenai hukum membaca doa nurbuat. Berikut adalah beberapa hukum dari membaca doa nurbuat yang perlu diketahui:

Pertama yaitu pendapat yang menyebutkan bahwa doa yang berasal dari Al-Quran dan hadis, maka hukumnya adalah boleh untuk dibaca oleh umat Islam dengan berdasar kepada kesepakatan ulama. Kecuali Nakha’i dan Thawus yang ada dalam madzhab Hanafi. Di mana ada sebagian yang memperbolehkan untuk membaca doa yang asalnya hanya dari Al-Quran.

Kedua adalah pendapat yang menyatakan bahwa doa yang berasal dari para sahabat dan dari kalangan salaf as-shalih, maka hukum membacanya adalah boleh. Kecuali oleh pendapat Nakha’i dan Thawus.

Ketiga yaitu pendapat yang menyebutkan bahwa doa yang serupa dengan doa ma’tsur, ada perbedaan pendapat di antara para ulama. Di mana ada yang memperbolehkan dan ada juga yang tidak.

Melalui penjelasan tentang hukum doa nurbuat tersebut, maka doa ini boleh dibaca oleh umat Islam dalam sholat lima waktu yang bukan dari Al-Quran dan juga hadis. Namun dengan syarat, bahwa doa tersebut bertujuan hanya untuk kebaikan di dunia dan juga di akhirat.

3 dari 5 halaman

Bacaan Doa Nurbuat

Setelah mengetahui pengertian dan hukum membacanya, berikutnya kamu perlu menyimak bacaan doa nurbuat yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Allahumma dzis-shulthanil 'adziim. Wa dzil mannil qadim wa dzil wajhil kariim wa waliyyil kalimaatit-tammaati wad da’awaati mustajaabati ‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wannaazhiriina wa ‘ainil insi wal jinni.

Wa in yakaadul ladziina kafaruu la yuzliquunaka bi-abshaarihim lamma sami’udz dzikra wa yaquuluuna innahu lamajnuun wa maa huwa illa dzikrul lil ‘aalamiin wa mustajaabu luqmanil hakiimi wa waritsa sulaimaanu daawuda ‘alaihis salaamu al waduudu dzul ‘arsyil majiid.

Thawwil ‘umrii wa shahhih ajsadii waqdli haajatii waktsir amwaalii wa aulaadii wa habbib linnaasi ajma’in. Watabaa ‘adil ‘adaa wata kullahaa min banii aadama ‘alaihis salaamu man kaana hayya wa yahiqqal baathilu innal baathila kaana zahuuqaa. Wa nunazzilu minal qur’aani maa huwa syifaa-uw wa rahmatul lil mu’miniina. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammmaa yashifuuna wa salaamun ‘alal murshaliina wal hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin.

4 dari 5 halaman

Artinya:

“ Ya Allah robb yang memiliki kekuatan yang agung, yang memiliki kemauan yang abadi dan yang memiliki wajah yang mulia dan sebagai pelindung kalimat-kalimat-nya serta pengabul doa-doa, kecerdasan hasan dan husein dari jiwa yang benar, pelindung indra mereka yang melihat serta indra jin dan manusia.

Dan ketika orang-orang kafir akan menggelincirkan kamu dengan penglihatan sihir mereka tatkala mereka mendengar peringatan lalu mereka berkata-kata, sesungguhnya ia adalah gila. Tiadalah itu semua melainkan sebagai peringatan bagi seluruh alam. Allah yang mengabulkan doa luqmanul hakim dan mewariskan sulaiman bin daud a.s. Ya allah robb yang maha penuh kasih, ya allah, ya allah, ya allah robb yang memiliki singgasana yang agung, yang dapat berbuat apa yang diinginkan.

Maka panjangkanlah umurku dan sehatkanlah tubuhku, perkenankanlah hajatku, limpahkanlah hartaku dan anak-anakku, dan berikanlah rasa cinta semua manusia kepadaku, jauhkanlah permusuhan dan pertentangan dari diriku dari semua anak cucu adam a.s. Allah yang hidup dan perkataan itu benar atas orang-orang kafir. Dan katakanlah telah datang yang haq dan telah sirnalah yang bathil karena sesungguhnya yang bathil itu pasti akan sirna. Dan kami telah menurunkan alquran itu sebagai penyembuh dan rahmat untuk orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang dhalim itu tidaklah mendapat sesuatu di dunia ini melainkan kerugian.”

5 dari 5 halaman

Manfaat Membaca Doa Nurbuat

Membaca doa nurbuat tentu saja memiliki manfaat jika diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Keinginan akan dikabulkan jika rutin dibaca sesudah sholat wajib.
  2. Bisa menyembuhkan hewan yang sakit jika dibacakan kepada hewan yang dimaksud.
  3. Dosa-dosa diampuni jika dibaca saat matahari terbenam.
  4. Dapat disayangi musuh ketika dibaca hendak keluar rumah.
  5. Mendapatkan perlindungan dari Allah atas gangguan jin, sihir, dan bahaya lainnya.
  6. Bisa menghindari serangan hama jika ditulis dan diletakkan di skeitar tanaman.
  7. Amalan untuk mengusir jin dari tempat-tempat angker jika ditulis dan diletakkan di tempat tersebut.
  8. Mendapatkan kesejahteraan dunia akhirat jika dibaca setiap hari secara rutin.
  9. Dibaca 100 kali sebelum tidur dapat mengantarkan seseorang bertemu dengan Nabi Muhammad SAW.
  10. Dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit jika dibaca pada minyak kelapa lalu dioleskan pada bagian yang sakit.
  11. Dapat memudahkan kelahiran jika dibacakan pada segelas air lalu diminum pada ibu yang hendak melahirkan.
  12. Dapat menyembuhkan sakit mata jika dibaca lalu ditiupkan pad mata yang sakit.
  13. Dapat menghilangkan permusuhan jika dibaca sebanyak-banyaknya.

Itulah bacaan doa nurbuat lengkap latin dan artinya serta

Join Dream.co.id