Bacaan Doa Nabi Yusuf dan Manfaat yang Didapatkan jika Mengamalkannya

Your Story | Selasa, 18 Januari 2022 17:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Doa-doa inilah yang selalu dipanjatkan Nabi Yusuf dari setiap kondisi yang dihadapinya.

Dream – Nabi Yusuf adalah salah satu dari 25 nabi yang dijelaskan dalam Al-Quran. Nabi Yusuf adalah putra Nabi Ya’kub dan berasal dari kaum Bani Israel. Nabi Yusuf merupakan sosok yang cerdas, jujur, dan memiliki wajah yang sangat rupawan.

Namun penderitaan Nabi Yusuf sudah dialaminya sejak kecil. Ia dibuang oleh saudaranya ke sumur. Namun Allah SWT justru menyelamatkan Nabi Yusuf melalui seorang pedagang yang sedang berada di dekat sumur tersebut. Tak hanya itu saja, ada berbagai penderitaan lain yang dialami Nabi Yusuf semasa hidupnya.

Meskipun ada banyak ujian yang menimpanya, Nabi Yusuf tetaplah menjadi sosok yang sabar. Ia juga tidak pernah melupakan apa yang menjadi kewajibannya, salah satunya adalah berdoa kepada Allah SWT. Bahkan ada beberapa doa Nabi Yusuf yang masih dibaca oleh umat Islam hingga saat ini.

Misalnya saja doa ketika Nabi Yusuf diselamatkan Allah SWT dari godaan setan serta fitnah, doa Nabi Yusuf ketika sedang bercermin, dan doa Nabi Yusuf agar dicintai.

Untuk mengetahui bacaan doa Nabi Yusuf serta apa saja manfaatnya, berikut sebagaimana telah dirangkum dari umma.id dan Merdeka.com.

Bacaan Doa Nabi Yusuf dan Manfaat yang Didapatkan jika Mengamalkannya
Doa Nabi Yusuf (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Doa Nabi Yusuf

 Doa Nabi Yusuf© Shutterstock.com

Dikisahkan bahwa Nabi Yusuf adalah seorang putra yang sangat disayangi oleh Nabi Ya’kub. Namun kasih sayang yang diberikan sang ayah justru membuat saudara-saudarnya iri kepada Nabi Yusuf. Karena rasa iri tersebut, saudara-saudaranya pun tega membuang Nabi Yusuf ke sumur dengan membohongi sang ayah.

Namun kesabaran yang dimiliki oleh Nabi Yusuf sangatlah luar biasa. Ia tetap taat kepada Allah SWT dan selalu menjalankan apa yang diperintahkan-Nya, termasuk memanjatkan doa di setiap kondisi. Berikut adalah beberapa doa Nabi Yusuf yang bisa diamalkan sebagaimana dikutip melalui umma.id:

Doa Nabi Yusuf saat Ditimpa Ujian

Dikisahkan bahwa Nabi Yusuf pernah digoda oleh seorang perempuan. Hal ini tidak terlepas karena wajah rupawannya.

Namun Nabi Yusuf tidak mudah untuk dibujuk rayu. Dalam kondisi tersebut, Nabi Yusuf memanjatkan kepada Allah SWT agar diselamatkan dari godaan setan dan fitnah perempuan yang sudah menggodanya. Berikut adalah bacaan doa Nabi Yusuf:

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.

Artinya: “ Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Doa Nabi Yusuf saat Bercermin

Tidak hanya doa ketika ditimpa ujian saja, bahkan saat sedang bercermin, Nabi Yusuf juga tak lupa untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Hal ini agar ia memiliki aura wajah yang menawan. Berikut adalah bacaan doa Nabi Yusuf ketiksa sedang bercermin:

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.

Artinya: “ Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Doa Nabi Yusuf supaya Dicintai

Untuk bisa memancarkan aura wajah kita tidak hanya dengan memanjatkan doa Nabi Yusuf saat bercermin saja, tetapi ada juga doa Nabi Yusuf supaya dicintai berikut ini:

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.

Artinya: “ Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

3 dari 3 halaman

Manfaat Doa Nabi Yusuf

 Manfaat Doa Nabi Yusuf© Shutterstock.com

Dengan memanjatkan doa Nabi Yusuf, maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Berikut adalah manfaat doa Nabi Yusuf sebagaimana dikutip dari Merdeka.com:

Mendapat Kemudahan untuk Menghadapi Ujian

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti tidak akan luput dari adanya ujian. Hadirnya ujian bukan berarti Allah SWT tidak sayang kepada kita. Namun di momen ini keimanan kita tengah diuji. Akankah tetap mengingat Allah SWT atau tidak. Seperti halnya Nabi Yusuf ketika sedang mendapatkan ujian. Justru ia semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memanjatkan doa Nabi Yusuf, hal ini bisa memberikan mendapatkan kekuatan dari Allah SWT untuk menghadapi ujian. Dan sebaiknya juga disertai dengan ikhtiar.

Dihindarkan dari Musibah

Musibah bisa datang kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada dan juga tidak lupa berdoa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari musibah.

Sahabat Dream bisa mengamalkan doa Nabi Yusuf saat dalam kondisi apa pun. Nabi Yusuf pun juga berdoa ketika digoda oleh seorang perempuan agar dihindarkan dari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Bisa Membuat Hubungan Harmonis

Seperti diketahui bahwa Nabi Yusuf pernah digoda oleh seorang perempuan, dan ia adalah Zulaikha yang pada akhirnya menjadi istri dari Nabi Yusuf. Zulaikha pun bertaubat dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan membaca doa Nabi Yusuf agar dicintai, hal ini bisa membuat hubungan pasangan suami dan istri semakin harmonis.

Itulah beberapa bacaan doa Nabi Yusuf dan manfaat yang bisa didapatkan jika mengamalkan doa-doa tersebut. Semoga kita semua senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan selalu berada dalam lindungan-Nya.

Join Dream.co.id