Bacaan Doa di Pagi Hari yang Diajarkan Rasulullah untuk Meraih Berkah dan Perlindungan

Your Story | Selasa, 25 Januari 2022 20:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Sebelum beraktivitas di pagi hari, hendaknya kita membaca doa ini terlebih dahulu.

Dream – Berdoa menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan oleh setiap umat beragama, tidak terkecuali oleh umat Islam sendiri. Berdoa adalah media saat manusia berkomunikasi secara intim dengan Sang Penciptanya, Allah SWT. Sahabat Dream bisa bercerita tentang keluh kesah yang sedang dirasakan dan memohon keinginan yang selama ini belum bisa dicapai.

Dengan sifat Allah SWT yang memiliki kuasa atas segalanya kita berharap semua permohonan tersebut dapat terkabul. Sudah sewajarnya jika sebagai manusia untuk selalu bersimpuh, memohon ampun, memuji nama-Nya, dan berharap kepada-Nya juga.

Dalam Islam ada beberapa waktu terbaik untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT, salah satunya doa di pagi hari.

Dilakukan saat matahari baru terbit, doa di pagi hari ini diharapkan akan membuka keberkahan serta pintu rezeki ketika manusia akan memulai aktivitas sehari-hari. Pelajar yang hendak bersekolah atau orang tua yang mau bekerja hendaknya membiasakan diri memanjatkan doa di pagi hari.

Perintah untuk membaca doa di pagi hari sudah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Al-Ahzab ayat 42 hingga 43 berikut ini:

وَّسَبِّحُوْهُبُكْرَةًوَّاَصِيْلًا هُوَالَّذِيْيُصَلِّيْعَلَيْكُمْوَمَلٰۤىِٕكَتُهٗلِيُخْرِجَكُمْمِّنَالظُّلُمٰتِاِلَىالنُّوْرِۗوَكَانَبِالْمُؤْمِنِيْنَرَحِيْمًا

Artinya: dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Ahzab: 42 - 43).

Berikut adalah bacaan doa di pagi hari yang bisa kamu amalkan sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Merdeka.com.

Bacaan Doa di Pagi Hari yang Diajarkan Rasulullah untuk Meraih Berkah dan Perlindungan
Doa Di Pagi Hari (Foto Ilustrasi: Shutterstock.com)
2 dari 3 halaman

Doa di Pagi Hari yang Diajarkan Rasulullah

 Doa di Pagi Hari yang Diajarkan Rasulullah© Shutterstock.com

Segala sesuatu yang dilakukan oleh Rasulullah saw adalah yang terbaik. Sebagai umatnya, tentu saja perbuatan yang dilakukan Rasulullah saw patut untuk dicontoh. Seperti halnya ketika Nabi saw memanjatkan doa di pagi hari. Berikut adalah bacaan doa di pagi hari yang diajarkan oleh Rasulullah saw:

Doa ini berasal dari kitab Al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi yang bunyinya sebagai berikut:

وَعَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، أَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ إِذَا أَصْبَحَ : (( اللَّهُمَّ بِكَ أصْبَحْنَا ، وَبِكَ أمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ ، وَإلَيْكَ النُّشُورُ )) . وَإِذَا أَمْسَى قَالَ : (( اللَّهُمَّ بِكَ أمْسَيْنَا ، وبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ . وَإلْيَكَ النُّشُورُ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي ، وَقَالَ : (( حَدِيْثٌ حَسَنٌ))

Artinya: “ Dari Abu Hurairah ra, dari Nabi saw beliau berkata ketika pagi hari mengucapkan, ‘Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur’ (Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali).”

Selain itu, ada lagi doa di pagi hari yang dibaca oleh Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud dalam shahih Muslim berikut ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahna wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘azabi fin nari wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: “ Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan keburukan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

3 dari 3 halaman

Doa di Pagi Hari untuk Memohon Perlindungan

 Doa di Pagi Hari untuk Memohon Perlindungan© Shutterstock.com

Ketika akan memulai aktivitas di pagi hari, hendaknya sahabat Dream tidak lupa untuk memanjatkan doa di pagi hari terlebih dahulu. Hal ini adalah untuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Baik itu dari kejahatan manusia, setan, maupun keburukan yang bisa saja datang secara tidak terduga. Berikut adalah bacaan doa di pagi hari untuk memohon perlindungan yang bisa kamu amalkan:

Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Makhluk

Berikut adalah bacaan doa di pagi hari agar selalu dilindungai dari kejahatan manusia:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bi kalimatillahit tammati min syarri ma khalaq.

Artinya: “ Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya," (HR Muslim dan Ibnu Sina).

Doa Mohon Perlindungan dari Gangguan Setan

Berikut adalah bacaan doa di pagi hari agar selalu terlindungi dari gangguan setan:

 اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Allahumma fathiras samawati wal ardhi, ‘alimul ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, ashadu an la ilaha illa anta. A‘udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih.

Artinya:Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya," (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Doa Mohon Perlindungan dari Keburukan

Berikut adalah doa di pagi hari agar selalu mendapat perlindungan dari keburukan: 

 بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ

Bismillahil ladzi la yadhurru ma‘as mihi syai’un fil ardhi wa la fis sama’i wa huas sami’ul ‘alim.

Artinya: Dengan nama Allah, Zat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia maha mendengar dan maha tahu,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

 

Join Dream.co.id