Asal Usul Istilah `Wanita Tercipta dari Tulang Rusuk Pria`

Your Story | Minggu, 26 Juni 2016 16:02
Asal Usul Istilah `Wanita Tercipta dari Tulang Rusuk Pria`

Reporter : Maulana Kautsar

Dalam kitab Qashash Al Anbiya karangan Ibnu Katsir, kisah itu tditegaskan pada Surat Al A'raf ayat 19 yang artinya, "Wahai Adam, bertempat tinggallah kamu dan istrimu di surga."

Dream - Peribahasa 'Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria' bukan tanpa sejarah. Berdasarkan kisah, Hawa muncul dari tulang rusuk Nabi Adam AS.

Dalam kitab Qashash Al Anbiya karangan Ibnu Katsir, kisah itu tditegaskan pada Surat Al A'raf ayat 19 yang artinya, " Wahai Adam, bertempat tinggallah kamu dan istrimu di surga."

Tetapi kisah yang ditafsir oleh Ishaq ibn Yasar dalam Tahdzib At Tahdzhib itu sedikit berbeda dengan apa yang dikemukakan As Sadi' yang didapat dari Abu Salih dan Abu Malik, dari Ibnu Abbas, dari Murrah, dari Ibnu Mas'ud dan sekelompok sahabat. Dari kisah itu digambarkan mengenai penciptaan Hawa.

" Iblis dikeluarkan dari surga dan Adam ditempatkan di surga. Beliau berjalan-jalan sendirian di dalam surga dan mengisi hari-harinya di sana tanpa ada istri yang mendampinginya. Beliau tertidur sejenak. Ketika terbangun tiba-tiba telah ada seorang wanita yang duduk di sisi kepalanya. Allah menciptakannya dari tulang rusuk Adam. Beliau bertanya: 'Siapa engkau?' Ia menjawab, 'Seorang wanita.' Beliau bertanya, 'Untuk apa engkau diciptakan?' Ia menjawab, 'Agar kau merasa tenang bersamaku'."

Para malaikat yang berada di sekeliling Adam pun bertanya, " Siapa namanya, wahai Adam?"

Adam yang telah mencapai kesempurnaan ilmu menjawab, " (Namanya) Hawa."

Malaikat yang masih penasaran pun kembali bertanya. Mereka mencari tahu mengapa Adam menamai sesosok perempuan itu dengan Hawa.

Adam pun menjawab, " Ia diciptakan dari sesuatu yang hidup."

Masih berdasarkan Ibnu Abbas, penciptaan Hawa diambil dari tulang rusuk sebelah kiri Adam yang paling pendek. Setelah diambil, tulang rusuk itu kembali tertutup daging.

Nabi Muhammad SAW juga pernah menyinggung perihal penciptaan Hawa. Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah berkata, " Berilah nasihat yang baik kepada wanita karena sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk. Tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas. Jika engkau berusaha keras untuk meluruskannya, ia akan menjadi patah. Jika engkau membiarkannya, ia akan tetap bengkok. Karena itu, berilah nasihat yang baik kepada wanita."

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id