Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar dalam Pandangan Islam

Your Story | Sabtu, 23 Mei 2020 12:48
Arti Mimpi Bertemu Mantan Pacar dalam Pandangan Islam

Reporter : Reni Novita Sari

Pernahkah kalian bermimpi mantan kekasih? Atau justru sering?

Dream- Salah satu upaya setan untuk mengganggu manusia adalah mempermainkan mereka dalam mimpi. Karena itu, perlu kita yakini jika sumber mimpi tidak selamanya datang dari Allah. Bisa juga karena bawaan perasaan atau permainan setan.

Disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.”

Diantara mimpi yang datang dari setan adalah mimpi buruk. Penegasan Rasulullah itu diketahui dari hadist yang berbunyi, " Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, ada seorang Arab badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “ Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “ Jangan kau ceritakan kepada orang lain ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”.

Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “ Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi” (HR. Muslim 2268)

Demikian pula mimpi jorok, mimpi ini datang dari setan,

Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Mimpi baik itu dari Allah, dan mimpi buruk dan mimpi jorok itu dari setan. (HR. Bukhari 5747 dan Muslim 2261)

2 dari 5 halaman

Jangan Diceritakan!

 arti mimpi mantan© Ilustrasi foto : shutterstock

Bagian ini yang penting untuk diingat. Jangan sampai mimpi yang dialami sepasang suami istri menjadi sumber malapetaka keluarga. Bisa jadi, sang istri yang bermimpi dengan mantan pacarnya merasa berdosa dengan mimpinya, lalu dia ceritakan kepada suaminya. Sayangnya, suami pencemburu tidak paham hakekat mimpi menjadi naik pitam dan langsung mendzalimi istrinya. Sukses sudah apa yang menjadi tujuan setan terhadap mimpi itu.

Karena itu, apapun yang kamu alami dalam mimpi, sebaiknya dilupakan dan jangan sampai diceritakan. Tidak semua orang bisa memaklumi dan memahami dengan benar, mimpi yang anda alami. Karena itu, jangan membantu setan untuk mewujudkan cita-citanya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan,

”Janganlah kalian menjadi pembantu setan untuk menjerumuskan saudara kalian.” (HR. Ahmad 4168 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

3 dari 5 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar

 arti mimpi mantan© Ilustrasi foto : pixabay.com

Tak bisa dipungkiri bahwa mimpi mantan pacar terkadang membuat kita mengingat tentang masa lalu. Hal tersebut wajar bila dirasakan oleh sebagian orang karena kebersamaan yang telah dilalui pasti juga menyisakan cerita yang dikenang ataupun perasaan lain. Lepas dari itu semua, mimpi baik atau buruk tentang mantan anggap saja sebagai bunga tidur saja.

Namun untuk kamu yang penasaran dengan mimpi yang terjadi dan ingin mengetahui tafsir mimpinya, berikut Dream rangkum dari beberapa sumber mengenai penjelasannya.

Jangan menelan mentah-mentah bila yang dipaparkan adalah hal yang kurang baik. Karena kamu harus percaya semua yang terjadi di dunia dalam kendali Allah SWT. Maka jangan lupa berdoa agar dalam tidurmu tidak bermimpi yang buruk.

4 dari 5 halaman

  1. Hanya Bunga Tidur

Tidak semua mimpi memiliki arti tersendiri, mimpi bertemu mantan pacar bisa terjadi karena kenangan memori otak yang secara acak berada dalam alam bawah sadar. Mimpi bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan menjelang tidur. Misalnya, setelah membicarakannya, melihat Namanya melintas di sosial media, ataupun kebetulan lainnya.

Secara tidak sadar otakmu merekam kejadian itu dan memutarnya kembali di dalam mimpi. Hal inilah yang menjadi pemicu datangnya mimpi bertemu dengan mantan kekasih.

  1. Hubungan belum tuntas

Perasaan yang belum tuntas ini bisa berarti banyak hal. Mungkin saja, mantan kamu sempat menyakitimu dan kamu menginginkan permohonan maaf darinya. Atau mungkin, kamu belum sempat mengatakan seberapa berartinya dia untuk kamu. Perasaan-perasaan itu masih belum tersampaikan sehingga kamu akhirnya bermimpi tentangnya.

  1. Berarti Rindu

Mimpi bertemu dengan mantan pacar bisa berarti sebagai lambang rindu. Sadar atau tidak, mimpi sanggup disimpulkan sebagai pemenuhan kebutuhan seperti mendambakan bertemu atau menginginkan sesuatu. Oleh dikarenakan itu, mimpi ketemu mantan pacar sanggup menjadi lambang kerinduan.

5 dari 5 halaman

  1. Simbol Adanya Keinginan Terpendam

Selain artinya kerinduan, mimpi bertemu mantan pacar mungkin sebagai pertanda adanya keinginan terpendam dari diri kamu. Arti mimpi ini dapat dikaitkan sendiri dengan perasaanmu ke mantan pacar. Bisa jadi ini suatu pertanda kamu ingin bersatu lagi dengannya.

Mimpi ini cenderung menjadi gambaran tentang perasaanmu. Bila rasanya senang, khawatir, cemas dan lain sebagainya, mimpi tersebut merupakan cerminan dari apa yang kamu rasakan.

  1. Adanya Janji yang Tidak Terpenuhi

 arti mimpi mantan© Ilustrasi foto : pixabay.com

Di sisi lain, mimpi bertemu mantan pacar artinya adanya janji yang tidak terpenuhi. Adanya permohonan melakukan banyak hal dengan sang mantan tetapi belum sempat ditunaikan.

  1. Mengharap Dia Kembali

Lalu terakhir, ini yang paling umum. Kamu memimpikan mantan karena kamu mengharapkan dia kembali. Kamu masih ingin dia menjadi bagian dalam hidup kamu dan memulai hubungan lagi bersamanya.

Join Dream.co.id