Angelina Jolie Suarakan Dukungan untuk Gaza

Your Story | Senin, 4 Agustus 2014 15:31
Angelina Jolie Suarakan Dukungan untuk Gaza

Reporter : Ervina

Saya tidak bisa membayangkan siapa yang tidak sedih saat melihat semua anak-anak merasakan sakit karena aksi invasi Israel.

Dream - Krisis yang tengah melanda rakyat Palestina mengundang rasa empati dari berbagai belahan dunia, tidak terkecuali kelangan pesohor. Angelina Jolie merupakan salah satu yang merasa iba dengan penderitaan yang tengah dialami warga Gaza saat ini.

Sebagai duta PBB urusan pengungsi, UNHCR, Jolie telah melakukan sejumlah misi kemanusiaan ke berbagai daerah dan kamp pengungsian di berbagai belahan dunia. Dalam misi sosialnya, istri Brad Pitt ini kerap memberikan dukungan moral dan material kepada sejumlah pengungsi. Menanggapi aksi brutal Israel yang membidik perempuan dan anak-anak, hati Jolie merasa tersentuh dan terluka.

" Saya tidak bisa membayangkan siapa yang tidak sedih saat melihat semua anak-anak merasakan sakit, dan sebagai seorang ibu saya hampir tidak bisa memaksakan diri menyaksikan program berita dan membaca koran dengan kondisi yang menyakitkan tersebut," ucapnya saat sesi wawancara dengan UKscreen.

Seraya menahan rasa sedih, pemeran Maleficent menyebut jika ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengakhiri konflik atau membantu gencata senjata maka ia dengan senang hati akan melakukannya dalam sekejap.

Sementara itu untuk memonitor situasi di Gaza, Jolie melalui UNHCR berupaya melakukan kontak dengan pihak pemerintah. Fokusnya kali ini mencari kesempatan untuk mencapai gencatan senjata dan mengirim bantuan secepat mungkin ke Gaza.

Dalam kesempatan terpisah beberapa tahun silam, Jolie juga sempat bercengkerama dengan keluarga pengungsi asal Palestina di Yordania. Jolie menyebut mayoritas anak-anak terinspirasi untuk menjadi seorang dokter, guru dan pengacara.

Seorang anak menyebut tertarik menjadi seorang pengacara demi menegakkan keadilan bagi banyak orang.

Sekitar 1,8 juta penduduk Gaza saat ini dipaksa meninggalkan rumah dan mengungsi dari serangan membabi buta yang dilakukan Israel. Dalam tiga minggu terakhir sekitar 400 ribu warga Palestina telah mengungsi.

Ironisnya hingga kini masih banyak negara yang memberikan kontribusi dan bantuan besar untuk Israel. Amerika merupakan salah satu negara yang mengumumkan telah menyumbang $ 45 juta untuk mendukung aksi Israel.

Jolie merasa semua pihak perlu melihat gambaran yang lebih besar tentang bagaimana berurusan dengan isu-isu dunia dan aturan hukum demi menegakkan supremasi hukum serta melihat keamanan manusia.

Join Dream.co.id