Amalan Usai Nisfu Syaban Para Salafush Shalih

Your Story | Rabu, 24 April 2019 20:02
Amalan Usai Nisfu Syaban Para Salafush Shalih

Reporter : Ahmad Baiquni

Biasanya, para sahabat Rasulullah ini mengisi waktu-waktunya pada Syaban dengan baca Alquran dan memperbanyak sedekah.

Dream - Umat Islam yang hidup sezaman dengan Rasulullah Muhammad SAW atau para Salafush Shalih memiliki kebiasaan beramal sholeh jauh lebih banyak. Kebiasaan itu terbentuk karena langsung meniru Rasulullah SAW.

Sebagaimana Rasulullah, para salafush shalih juga memberikan perhatian istimewa kepada bulan Syaban. Mereka juga memperbanyak amalan shaleh untuk meraih keutamaan Syaban.

Dikutip dari NU Online, orang-orang sholeh zaman Rasulullah terbiasa untuk membaca Alquran. Amalan itu mereka tingkatkan ketika Syaban terutama usai pertengahan.

Bahkan, salah satu sahabat Rasulullah, Amr bin Qais Al Mala'i sampai berhenti berdagang untuk sementara waktu. Ini semata dilakukan Amr bin Qais punya waktu lebih banyak untuk membaca dan mengkhatamkan Alquran.

Tadarus Alquran menjadi amalan yang sangat dianjurkan untuk mengisi waktu, terutama hari-hari akhir Syaban. Sehingga, wajar kiranya jika Syaban juga disebut sebagai Bulannya Para Pembaca Alquran.

 

2 dari 2 halaman

Baca Quran dan Sedekah

Sayyid Muhammad bin Alawi bin Abbas Al Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Syaban memberikan penjelasan demikian.

" Ibnu Rajab Al Hanbali rahimahumullah mengatakan, 'Kami menerima riwayat dengan sanad dhaif dari Anas RA yang mengatakan bahwa ketika masuk bulan Syaban umat Islam tertunduk pada mushaf Alquran. Mereka menyibukkan diri dengan tadarus dan mengeluarkan harta mereka untuk membantu kelompok dhuafa dan orang-orang miskin dalam menyongsong bulan Ramadan'."

Penjelasan Sayyid Muhammad menyebutkan selain tadarus, amalan lain yang juga baik dilakukan di Syaban adalah bersedekah. Dua amalan ini mungkin bersifat umum namun tentu keutamaannya jauh lebih berlimpah jika dilakukan pada Syaban.

Dua amalan di atas sangat mulia. Keduanya merupakan ibadah yang mencakup dua aspek sekaligus, ritual serta sosial.

(ism, Sumber: NU Online)

Join Dream.co.id