8 Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya

Your Story | Selasa, 30 November 2021 16:01

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Tak hanya berikhtiar, orang yang sakit juga perlu didoakan agar segera diangkat penyakitnya oleh Allah SWT.

Dream – Orang yang sedang mendapat ujian berupa sakit tentu saja membawa kesedihan bagi orang-orang terdekatnya seperti keluarga atau saudara. Begitu juga dengan teman atau rekan kerja akan merasakan hal yang sama. Selain berikhtiar dengan memeriksakan diri ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan, hal yang tak boleh dilupakan adalah berdoa agar diberi kesembuhan.

Doa untuk orang sakit dan memohon kesembuhannya menjadi pengharapan agar Yang Maha Kuasa bisa mengembalikan kesehatan seperti sedia kala. Penyakit sendiri datangnya dari Allah SWT dan bisa sembuh atas kuasa-Nya. Sehingga tak ada zat selain Allah SWT sebagai tempat memohon kesembuhan agar penyakit tersebut segera diangkat.

Bagi sahabat Dream yang sedang menjenguk orang sakit bisa sejenak mendoakan orang tersebut secara sendiri maupun bersama-sama. Semakin banyak orang yang mendoakan, harapan agar ada kesembuhan menjadi semakin terbuka.

Berikut adalah beberapa doa untuk orang sakit yang sudah dirangkum oleh Dream melalui Brilio.net untuk kamu.

8 Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh, Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya
Doa Untuk Orang Sakit (Foto Ilustrasi: Freepik.com)
2 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Sakit

 Doa untuk Orang Sakit© Freepik.com

Doa agar Penyakit Segera Diangkat

Penyakit datang dari Allah SWT dan bisa sembuh juga karena Allah SWT. Oleh karena itu, jika ada orang yang sakit, sahabat Dream bisa membaca doa untuk orang sakit berikut agar penyakitnya segera diangkat.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: “ Ya Allah, hilangkanlah penyakit, berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Doa agar Cepat Sembuh

Setiap orang yang sakit tentunya ingin segera sembuh dan beraktivitas normal kembali. Oleh karena itu, bagi yang sehat alangkah baiknya untuk membantu dengan doa untuk orang sakit agar segera sembuh. Do aini bahkan juga dibaca oleh Rasulullah saw sebanyak 7 kali yang bunyinya sebagai berikut:

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

 As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

Artinya: “ Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Doa Mohon Ampun dan Kesembuhan

Selain itu, ada lagi doa untuk orang yang sakit yang bisa sahabat Dream baca. Selain memohon kesembuhan, dalam doa ini juga memohon agar diampuni dari segala kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat. Berikut adalah doa beserta artinya:

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

 Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa 'āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.

Artinya: “ Wahai (menyebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391H], halaman 115).

3 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Sakit

Doa yang Dibaca saat Ruqyah agar Orang Sakit Cepat Sembuh

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan orang sakit. Salah satunya adalah dengan jalan ruqyah. Di mana dalam hal ini adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT agar orang yang sakit segera diberikan kesembuhan. Doa inilah yang dibaca oleh Rasulullah saw ketika sedang meruqyah. Berikut adalah doa untuk orang sakit yang dibaca saat ruqyah:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

 Imsahil ba'sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā'u. Lā kāsyifa lahū illā anta.

Artinya: “ Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa Mohon Kesembuhan Secara Spesifik dengan Menyebutkan Nama

Doa untuk orang sakit ini adalah dengan menyebutkan nama dari orang tersebut. Dengan berdoa secara spesifik menyembutkan nama, harapan besar agar penyakit yang diderita bisa segera disembuhkan oleh Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa beserta artinya yang bisa sahabat Dream amalkan:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

 " Allhummasyfi (sebut nama). Allhummasyfi (sebut nama). Allhummasyfi (sebut nama)."

Artinya: “ Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit). Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit). Tuhanku, sembuhkan (nama orang yang sakit).”

 

4 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Sakit

Doa saat Menjenguk Orang Sakit

Ketika menjenguk orang yang sedang sakit, maka usahakanlah untuk mendoakannya juga. Kehadiran kita selain bisa menghibur orang yang sakit, juga bisa membantunya dalam bentuk doa. Berikut adalah doa untuk orang sakit yang bisa sahabat Dream baca saat menjenguknya:

لاَ بَأْسَ، طَهُورٌ إِنْ شَاءَ الله

Laa ba'sa thahur insyaa Allah.

Artinya: “ (Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah.”

Doa untuk Orang Sakit dalam Surat Al-Anbiya Ayat 83

Dalam Al-Quran sendiri juga ada doa untuk orang sakit yang bisa sahabat Dream panjatkan. Doa tersebut terdapat dalam surat Al-Anbiya ayat 83 berikut ini:

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: “ Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Surat Al-Fatihah

Surat pembuka dalam kitab suci Al-Quran dan juga dibaca setiap sholat, yakni surat Al-Fatihah turut menjadi doa untuk orang sakit yang bisa sahabat Dream baca. Surat ini memiliki banyak mukjizat yang salah satunya bisa menyembuhkan orang sakit.

   بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ

Bismillahirrahmaanirrahiim, alhamdulillahi rabbil aalamiin, arrahmaanirrahiim, maaliki yaumiddiin, iyyaakana’budu wa iyyaaka nasta,iin, ihdinash shiraathal mustaqim, shiraathal ladziina an’amta alaihim, ghairil maaghdhuubi alaihim wa ladh dhaalliin. Amin.

Artinya:" Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkai beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."

Join Dream.co.id