8 Cara Agar Rajin Sholat yang Patut Diikuti Umat Islam, Pahami Hakikat dan Manfaatnya

Your Story | Selasa, 3 Mei 2022 18:01

Reporter : Arini Saadah

Sholat merupakan ibadah yang dihisap pertama kali pada hari perhitungan (yaumul hisab).

Dream – Cara agar rajin sholat tak henti-hentinya dibahas dalam ceramah-ceramah keagamaan. Hal ini bertujuan agar umat Muslim tidak meninggalkan sholat fardhu sebagai salah satu kewajiban dalam Islam.

Sholat merupakan ibadah amalan yang dihisap pertama kali pada hari perhitungan (yaumul hisab). Sehingga ibadah sholat menjadi kunci baik tidaknya amal ibadah lainnya. Bahkan disebutkan bahwa ibadah sholatnya baik, maka amal yang lain akan mengikutinya.

Maka sudah seharusnya seorang Muslim wajib menunaikan sholat fardhu lima waktu setiap harinya. Meninggalkan ibadah sholat fardhu akan mendapatkan dosa besar dan siksa.

Namun tak jarang perasaan malas untuk ibadah sholat muncul. Maka dari itu Sahabat Dream perlu melakukan tips atau cara agar rajin sholat. Membiasakan diri rajin melaksanakan sholat tentu bukan hal yang mudah. Melainkan butuh proses panjang bahkan dimulai sejak dini.

Lantas bagaimana cara agar rajin sholat dan menghilangkan kemalasan dalam ibadah kepada Allah Swt? Berikut Dream mengutip dari berbagai sumber tentang cara agar rajin sholat yang patut diikuti umat Islam.

8 Cara Agar Rajin Sholat yang Patut Diikuti Umat Islam, Pahami Hakikat dan Manfaatnya
Ilustrasi Cara Agar Rajin Sholat. (Foto: Shutterstock.com)
2 dari 9 halaman

Cara Agar Rajin Sholat Bagi Umat Islam

1. Menjadikan Sholat Fardhu Sebagai Prioritas

Cara agar rajin sholat yang pertama adalah dengan menjadikan sholat fardhu sebagai prioritas. Jika Sahabat Dream menganggap sholat fardhu sebagai aktivitas yang paling penting, maka akan mensugesti pikiran dan tubuhmu untuk selalu menjalankannya.

Hal ini sebagaimana yang terjadi dengan aktivitas makan 3 kali sehari. Apabila tidak makan maka tubuh akan terasa lesu dan dengan sendirinya akan berusaha mendapatkan makanan.

Maka biasakna diri ketika sudah masuk waktu sholat, segeralah untuk menjalankannya. Apabila sudah terbiasa maka meninggalkan sholat akan membuat hati tidak tenang. Inilah mengapa cara agar rajin sholat adalah menanamkan pada diri sendiri bahwa sholat adalah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

3 dari 9 halaman

2. Memahai Kewajiban Sholat Fardhu

Cara agar rajin sholat yang kedua ialah dengan mengetahui serta memahami tentang mengapa umat Muslim diwajibkan untuk sholat. Hal ini penting direnungkan agar apapun kondisinya, kamu tetap berpegang teguh pada keyakinan bahwa sholat adalah perintah dari Allah yang harus dijalankan.

Selain itu, pahami juga bahwa sholat lima waktu adalah tiang agama dan penghapus dosa-dosa kecil. Bayangkan jika sebuah rumah tanpa tiang, pasti akan roboh. Begitupula dengan agama, dimana sholat merupakan pondasi dari keimanan seorang Muslim.

Sementara di antara kita mungkin masih banyak yang belum memahami manfaat sholat yang luar biasa tersebut. Sehingga bermalas-malasan untuk mengerjakan sholat. Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa sholat hanya membuang waktu saja.

Memahami manfaat sholat menjadi satu cara agar rajin sholat. Sebab dari sisi kesehatan, setiap gerakan dalam sholat bisa membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, dari sisi psikologis, sholat bermanfaat membuat hati lebih tentram dan terhindari dari pemikiran negatif serta kotor.

4 dari 9 halaman

3. Niat dengan Tulus dan Ikhlas

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Cara agar rajin sholat yang ketiga ialah harus didasari dengan niat yang tulus dan ikhlas. Kebanyakan orang yang malas mengerjakan sholat adalah orang yang tidak tulus dengan niatnya.

Ada orang mengerjakan sholat karena niatnya bukan untuk Allah, melainkan agar bisa disayang mertua, disayang atasan, atau agar ingin kelihatan taat.

Itulah contoh niat yang justru akan merusak hakikat sholat itu sendiri. Niat yang salah akan membuat orang menjadi sombong dan riya' dalam ibadahnya. Tentu saja hal ini juga akan menghilangkan pahala dari ibadah.

Maka dari itu, biasakan diri untuk niat sholat dengan tulus dan ikhlas tanpa ingin dipuji atau niat lainnya. Alangkah baiknya niatkan sholatmu hanya untuk Allah SWT semata.

5 dari 9 halaman

4. Memahami Sholat sebagai Bentuk Syukur

Sholat juga bisa menjadi wujud dari rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT. Dia secara gratis memberikan oksigen kepada manusia untuk bernapas, memberikan kesehatan, mencukupi kebutuhan hidup, memberikan kebahagiaan, memberikan kemudahan di setiap kesulitan dan lain-lain.

Semua itu perlu dipahami dan ditanamkan dalam pikiran bahwa Allah SWT telah memberikan segalanya untuk kemaslahatan umat manusia. Maka sudah sepantasnya sebagai hamba kita perlu bersyukur dengan cara menjalankan perintah-Nya.

Sholat fardhu termasuk perintah Allah SWT yang tidak boleh ditinggalkan. Bersyukur tidak hanya diucapkan oleh lisan, tetapi juga dibuktikan dengan ketaatan dalam beribadah kepada-Nya. Memahami hal seperti itu akan membuatmu semakin rajin sholat dan tidak ada lagi alasan buat meninggalkannya.

6 dari 9 halaman

5. Setop Menunda Waktu Sholat!

Cara agar rajin sholat yang selanjutnya dilakukan dengan menyegerakan sholat ketika sudah masuk waktunya. Menunda-nunda waktu sholat akan membuat kita malas.

Setan akan selalu menggoda dan aktif membisikkan umat Muhammad untuk senantiasa ingkar, sehingga ia lalai dalam melaksanakan kewajibannya. Menunda waktu sholat sama saja kalah dengan godaan setan yang terkutuk.

Cara untuk mengantisipasi penundaan sholat adalah dengan menunda aktivitas lain yang menghalangi sholat tepat waktu, seperti menunda bepergian sesaat jika sedang tiba waktu sholat.

Selain itu, atur pertemuan dengan siapapun agar tidak bertabrakan dengan waktu sholat. Dengan begitu, kamu telah melaksanakan kiat atau cara agar rajin sholat limat waktu.

7 dari 9 halaman

6. Berteman dengan Orang Shalih

 Ilustrasi© Shutterstock.com

Lingkungan pertemanan kita akan menentukan sifat dan kebiasaan. Jika kamu berteman dengan orang-orang yang malas beribadah termasuk sholat, maka jika tidak kuat iman kamu juga akan turut serta dengan keburukan tersebut. Sebab pepatah menyebutkan keburukan lebih mudah menular daripada kebaikan.

Cara agar rajin sholat yang penting diperhatikan ialah dengan berteman dengan orang-orang yang shalih dan rajin sholat.

Keberadaan mereka akan sangat berpengaruh dalam membantu kita agar rajin sholat fardhu. Sehingga berteman dengan orang-orang shalih akan membuat kita juga semakin dekat dengan Sang Pencipta.

8 dari 9 halaman

7. Selalu Ingat Kematian

Kematian adalah hal yang mutlak dialami oleh manusia. Siapapun yang hidup pasti akan mati. Salah satu cara agar rajin sholat adalah selalu mengingat kematian.

Hidup ini akan dimintai pertanggungjawaban nanti di akhirat, termasuk dalam menjalankan kewajiban. Sementara sholat adalah ibadah yang akan dihisab pertama kali pada hari perhitungan.

Sholatlah kamu sekalian seakan kamu akan mati setelahnya. Dengan begitu tidak ada alasan lagi untuk menunda apalagi meninggalkan sholat.

Sebab tidak ada siapapun di dunia ini yang bisa menjamin usiamu. Kematian bisa datang kapan saja tanpa memandang waktu dan usia.

9 dari 9 halaman

8. Meyakini Adanya Surga dan Neraka

Pedihnya siksa neraka telah banyak disampaikan dalam Al Quran. Termasuk golongan yang akan masuk ke dalamnya. Inilah mengapa penting bagi umat Muslim untuk meyakini adanya siksaan neraka untuk orang-orang yang meninggalkan sholat.

Banyak orang meninggalkan sholat karena tergoda dengan gemerlapnya dunia. Padahal telah disampaikan bahwa dunia hanyalah tipuan belaka.

Lebih baik menjalankan sholat sekarang juga, daripada menyesal pada akhirnya. Meyakini keberadaan surga dan neraka adalah salah satu cara agar kamu semakin rajin sholat.

Selain itu, ditambah dengan mengetahui manfaat dan keistimewaan sholat serta balasan bagi orang-orang yang meninggalkan perintah Allah SWT.

(hud)

Join Dream.co.id