7 Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Lengkap dengan Bacaannya

Your Story | Jumat, 20 Mei 2022 10:00

Reporter : Arini Saadah

Hadiah orang hidup kepada yang sudah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan.

Dream – Mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal sangat dianjurkan bagi orang yang masih hidup. Meskipun sudah meninggal, para arwah saudara seiman kita membutuhkan kucuran doa-doa agar mereka tenang di alam kubur.

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal juga sudah diajarkan oleh para ulama. Tergantung bagaimana sikap kita mau mengamalkan doa itu atau tidak. Sebab para arwah saudara kita tentu juga mengharapkan doa-doa dari kita.

Lantas bagaimana cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal? Dilansir berbagai sumber, berikut cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal lengkap dengan bacaannya.

7 Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Lengkap dengan Bacaannya
Ilustrasi Mengirimkan Doa Dan Memohon Ampun Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Dunia. (Foto: Unsplash.com)
2 dari 7 halaman

Doa dan Permohonan Ampun untuk Orang yang Sudah Meninggal

Dikutip dari NU Online, hadiah orang hidup kepada yang sudah meninggal dunia adalah doa dan permohonan ampunan (istighfar). Seperti yang dijelaskan oleh Syekh Nawawi Banten dalam kitab Nihayatuz Zain berikut yang artinya:

“ Hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang telah meninggal dunia adalah doa dan memintakan ampunan kepada Allah (istighfar) kepada mereka."

Sementara itu dalam riwayat yang lain seperti yang dikemukakan oleh Syekh Nawawi Al-Bantani dalam kitab yang sama, dikatakan bahwa di alam kubur, orang yang meninggal dunia seperti orang tenggelam yang meminta pertolongan berupa doa. Orang yang sudah meninggal itu menanti datangnya doa dari anaknya, saudara atau sahabatnya. Saat dirinya mendapatkannya, maka itu lebih ia sukai ketimbang dunia dengan seluruh isinya.

“ Diriwayatkan dari Nabi SAW, beliau bersabda, ‘Tidak ada mayit yang berada dalam kuburnya kecuali ia seperti orang tenggelam yang meminta pertolongan—kal ghariqil mughawwats dengan diharakati fathah pada huruf wawunya yang bertasdid, yaitu orang yang meminta pertolongan—ia menunggu setetes doa yang yang dikirimkan anaknya, saudara, atau temannya. Karenanya ketika ia mendapatkan doa, maka hal itu lebih ia sukai dibanding dunia dengan seluruh isinya.'"

 

3 dari 7 halaman

Sementara itu, Ibnu Qoyyum dalam kitab Ar-Ruh juga menyampaikan, hadiah yang paling utama diberikan kepada mayyit atau orang yang telah meninggal dunia adalah sedekah, bacaan istighfar dan doa, serta ibadah haji untuknya. Selain itu, menurut beliau, bacaan surat Al-Fatihah dan ayat-ayat Al-Qur’an yang dihadiahkan akan sampai pahalanya kepada orang yang sudah meninggal tersebut.

Berdasarkan keterangan di atas bisa dipahami bahwa sebenarnya orang yang sudah meninggal dunia itu sangat mengharapkan kiriman doa dan permohonan ampun dari orang-orang yang masih hidup. Kiriman doa dan permohonan ampun untuk orang yang sudah meninggal sangatlah bermakna bagi para arwah. Bahkan diyakini pahalanya pun akan sampai ke orang yang sudah meninggal.

4 dari 7 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

Agar doa yang kita kirim sampai ke orang yang sudah meninggal, ada beberapa cara mengirimkan doa yang bisa dilakukan. Berikut ini ada beberapa cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal.

1. Berdoa Ketika Mendengar Kabar Duka

Mendengar kabar duka dari orang-orang terdekat tentu membuat kita bersedih. Kehilangan orang-orang terdekat sangat berat dirasakan. Namun sebaiknya jangan hanya bersedih, namun berdoalah ketika mendengar kabar duka tersebut.

Saat mendegar kabar duka, segeralah menyebut nama Allah SWT. Kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan doa dengan mengucapkan innalillaahi wa inna ilaihi rojiuun.

Artinya: Sesungguhnya semua ini hanyalah milik Allah, dan hanya kepadanya kami kembali.

Dengan mengucap doa tersebut saat mendengar kabar duka, menunjukkan bahwa kita hanyalah manusia yang bisa pasrah dan menerima keputusan Allah tentang kematian.

2. Sebut Nama Orang yang Sudah Meninggal

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal selanjutnya adalah dengan menyebut nama almarhum atau almarhumah saat memanjatkan doa. Agar doa itu bisa sampai kepada orang yang sudah meninggal. Lebih baik sebutkanlah nama lengkapnya.

Hal ini seperti kata Ibnu Sholah, “ dan hendaklah ia memperjelas dengan doanya itu, kalau ia berdoa untuk si Fulan.”

5 dari 7 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

3. Bacakan Surat Al-Fatihah

Cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal selanjutnya adalah dengan membacakan surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah memiliki banyak keutamaan, sampai-sampai dinyatakan dalam sebuah riwayat bahwa pahala membaca surah Al-Fatihah adalah sebagaimana niat pembacanya.

Seseorang yang membaca surah Al-Fatihah untuk orang yang meninggal biasanya mengajukan permohonan pengampunan dan ganjaran bagi orang yang didoakan.  Al-Qur’an memerintahkan manusia untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia dan bahkan mengajarkan teks doa itu dan mengajarkan bagaimana mengakhiri sebuah doa sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an.

Seperti kata Quraish Shihab, “ Anda benar bahwa surah Al-Fatihah dibutuhkan oleh orang yang hidup. Tetapi, mengakhiri doa sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya juga dibutuhkan oleh orang yang telah meningggal dunia.”

4. Doa Saat Mendengar Kabar Duka

Setelah mengetahui cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal, kamu juga bisa mengucapkan doa berikut saat mendengar kabar duka.

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummaktubhu 'indaka fil muhsinin, waj'al kitabahu fi 'illiyyiin, wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba'dahu.

Artinya:

" Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

6 dari 7 halaman

Cara Mengirimkan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

5. Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Selain doa itu, kamu juga bisa membaca doa ini saat ada orang laki-laki yang meninggal dunia:

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

" Ya Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

6. Doa Tahlil untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain bacaaan doa di atas, kamu juga boleh membaca doa tahlil untuk orang yang sudah meninggal. Doa-doa berikut ini juga termasuk cara mengirimkan doa untuk orang yang sudah meninggal.

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِىءُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ، سُبْحَانَكَ لَا نُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ، فَلَكَ الحَمْدُ قَبْلَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ بَعْدَ الرِّضَى وَلَكَ الحَمْدُ إِذَا رَضِيْتَ عَنَّا دَائِمًا أَبَدًا

Artinya:

“ Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu. Maha suci Engkau, kami tidak (dapat) menghitung pujian atas diri-Mu sebagaimana Kaupuji diri sendiri. Hanya bagi-Mu pujian sebelum ridha. Hanya bagi-Mu pujian setelah ridha. Hanya bagi-Mu pujian ketika Kau meridhai kami selamanya.”

7. Doa untuk Kelapangan Kubur

Berikut doa untuk kelapangan kubur:

اللَّهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ، وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ لـَـهُ، اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya:

“ Ya Allah, dia kembali kepada-Mu. Engkau adalah sebaik-baik tempat kembali. Ia membutuhkan rahmat-Mu. Sementara Engkau tidak perlu menyiksanya. Kami mendatangi-Mu seraya mengharap kepada-Mu agar dapat memberikan syafa’at baginya. Ya Allah, jika ia orang baik, maka tambahkanlah kebaikannya. Jika ia orang jahat, maka maafkanlah keburukannya. Pertemukan ia dan ridha-Mu berkat rahmat-Mu. Peliharalah ia dari fitnah dan azab kubur. Lapangkanlah kuburnya. Jauhkanlah dinding bumi dari kedua sisi badannya. Pertemukanlah ia dan keamanan berkat rahmat-Mu dari azab-Mu hingga Engkau membangkitkannya dalam keadaan aman menuju surga-Mu berkat rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih."

7 dari 7 halaman

Hukum Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal

 Hukum Mendoakan Orang yang Sudah Meninggal© Shutterstock.com

Sebagai Muslim, Islam menganjurkan agar selalu peduli dengan sesamanya. Termasuk pada saudara Muslim yang meninggal dunia. Bentuk kepedulian itu bisa ditunjukkan salah satunya dengan mendoakan orang yang meninggal tersebut. Bahkan hal ini sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Imam al-Nawawi dalam al-Adzkar pun juga mengatakan bahwa para ulama sudah bersepakat tentang doa yang dibacakan kepada orang yang sudah meninggal, di mana pahala dan manfaatnya bisa sampai kepada mereka.

Pendapat ini pun diperkuat dengan adanya dalil berikut:

Surat Al-Hasyr Ayat 10

Dalil yang pertama adalah berasal dari Al-Quran melalui surat Al-Hasyr ayat 10 berikut ini:

وَالَّذِيْنَجَاۤءُوْمِنْۢبَعْدِهِمْيَقُوْلُوْنَرَبَّنَااغْفِرْلَنَاوَلِاِخْوَانِنَاالَّذِيْنَسَبَقُوْنَابِالْاِيْمَانِوَلَاتَجْعَلْفِيْقُلُوْبِنَاغِلًّالِّلَّذِيْنَاٰمَنُوْارَبَّنَآاِنَّكَرَءُوْفٌرَّحِيْمٌࣖ

Artinya: Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, “ Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr: 10).

Hadis Nabi

Dalil yang kedua adalah berasal dari Nabi Muhammad saw yang ketika hidup pernah membacakan doa untuk seorang Muslim yang meninggal dunia. Berikut bacaannya:

اللهم اغفر لأهل البقيع الغرقد

Artinya: Ya Allah ampunilah dosa ahlul Baqi’ al-Gharqad.”

Melalui kedua dalil di atas, maka dapat disimpulkan bahwa mendoakan orang yang sudah meninggal dunia adalah bentuk perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Oleh karena itu, seringlah mendoakan orang yang sudah meninggal, baik itu anggota keluarga, maupun saudara sesama Muslim. Karena dengan begitu, insya Allah Allah SWT akan memberikan keringanan dosa dan akan memberikan tempat yang terbaik di akhirat.

Join Dream.co.id