80 Kata Minta Maaf untuk Orang Terkasih, Menyentuh, Penuh Makna, Tulus dari Hati

Your Story | Selasa, 28 September 2021 09:13

Reporter : Arini Saadah

Kata-kata minta maaf diperlukan untuk mengungkapkan suatu penyesalan dari hati yang terdalam.

Dream - Kata-kata minta maaf yang diungkapkan dengan penuh ketulusan akan membuat orang lain menjadi luluh. Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Namun setiap orang juga berhak memperbaiki kesalahan yang telah dibuatnya.

Maka dari itu kata-kata minta maaf diperlukan untuk mengungkapkan suatu penyesalan dari hati yang terdalam. Jika sudah diberi maaf oleh orang yang bersangkutan, jangan sampai kamu mengulang kesalahan yang sama. Sebab akan sulit untuk memaafkan kesalahan yang dibuat kedua kalinya atau bahkan berulang-ulang.

Permintaan maaf bisa menunjukkan bahwa kamu menyesal telah melakukan sesuatu hal. Dengan minta maaf, kamu juga bisa mengingat perbuatan yang tak boleh lagi kamu lakukan. Jika perbuatanmu ternyata menyakiti orang lain, kamu pun harus segera meminta maaf agar hubunganmu tak sampai renggang. Baik dengan kekasih, keluarga, sahabat, maupun dengan rekan kerja atau teman sekolah.

Bagi kamu yang bingung merangkai kata-kata minta maaf, ada banyak referensi yang bisa kamu cari dan temukan dari laman internet. Kali ini Dream berhasil merangkum deretan kata minta maaf untuk orang terkasih, singkat, menyentuh dan tulus dari hati, dilansir dari berbagai sumber.

80 Kata Minta Maaf untuk Orang Terkasih, Menyentuh, Penuh Makna, Tulus dari Hati
Ilustrasi Kata-kata Minta Maaf Untuk Orang Terkasih Yang Penuh Makna Dan Menyentuh Hati (Foto: Freepik.com)
2 dari 6 halaman

Kata Minta Maaf untuk Orang Terkasih

 Ilustrasi© Pexels.com

Mengakui sebuah kesalahan dan minta maaf bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tak sedikit orang yang gengsi dan mempunyai ego tinggi untuk meminta maaf terlebih dulu.

Perlu dipahami ya Sahabat Dream, sangat penting untuk minta maaf dan memaafkan demi menjaga kerukunan dan kekompakan. Karena melalui kata minta maaf bisa sedikit mendeskripsikan tentang penyesalan atas kesalahan yang telah diperbuat.

  1. " Saya minta maaf atas apa yang telah kulakukan dan aku berjanji tidak akan pernah menyakiti hatimu. Mohon maafkan aku, Sayang."
  2. " Terkadang aku bertindak tidak dewasa dan mengucapkan kata-kata kasar kepadamu. Tapi, aku bersumpah tidak bermaksud sama sekali. Aku minta maaf."
  3. " Saya mencintaimu dan saya berjanji akan berusaha keras untuk membuat hubungan kita lebih kuat. Saya minta maaf."
  4. " Maaf atas argumen yang tidak perlu yang kubuat di antara kita. Aku berjanji tidak akan pernah melakukannya lagi. Mohon terima permintaan maafku, Sayang."
  5. " Saya minta maaf atas pertengkaran itu dan merasa sangat malu atas air mata yang jatuh dari mata Anda. Tolong maafkan saya."
  6. " Pengampunan darimu adalah satu-satunya media di mana saya dapat menemukan penghiburan untuk hati saya yang bersalah. Saya sangat menyesal."
  7. " Tolong jangan salah paham. Saya tidak bisa dengan sengaja menyakitimu dalam situasi apa pun. Maaf atas semua kesalahan yang terjadi di antara kita."
  8. " Hatiku berkata bahwa itu adalah tangisan untuk pengampunanmu. Mohon maafkan aku atas semua kesalahan."
  9. " Hubungan kita adalah perjalanan pasang surut dan aku seharusnya memegang erat dirimu di setiap tantangan yang kita hadapi. Maaf aku tidak melakukannya, tetapi itu tidak akan terjadi lagi."
  10. " Kurangi jarak dan tolong biarkan aku mendekatimu. Maaf telah menyakitimu."
  11. " Saya merasa tidak enak karena saya menyakitimu. Kamu adalah teman sejatiku. Saya berutang maaf kepadamu dan saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk mengatakannya. Saya sangat menyesal atas semua kebohongan. Maafkan saya."
  12. " Aku tidak menyesal karena tidak sempurna, tetapi aku minta maaf karena selalu salah. Maafkan aku."
  13. " Butuh waktu lama bagiku untuk menyadari apa maksudmu bagiku, tapi tidak butuh waktu lama untuk mengatakan bahwa aku minta maaf."
  14. " Maafkan aku bila aku telah banyak mengukir luka di hatimu. Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari matamu. "
  15. " Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, kawan."
3 dari 6 halaman

Kata Minta Maaf Penuh Makna

 Ilustrasi© Unsplash.com

Tidak semua orang bisa merangkai dengan baik kata-kata minta maaf yang penuh ketulusan dan menyentuh hati pembaca atau pendengarnya. Berikut deretan kata minta maaf yang penuh makna untuk referensi kamu dalam mengungkapkan kata maaf kepada orang lain.

  1. " Saya tidak pernah berpikir untuk menyakitimu dengan sengaja, apa pun yang saya lakukan kepadamu tidak sengaja. Tolong maafkan aku, aku mencintaimu."
  2. " Saya tidak sempurna dan melakukan kesalahan seperti orang biasa. Saya harap kamu dapat menerima permintaan maaf saya dan menyingkirkan rasa bersalah saya. Maaf, Sayang."
  3. " Jika kata-kata kasar membuatmu menjauh, aku harap permintaan maaf aku akan membawamu kembali lebih dekat denganku. Aku sangat menyesal telah menyakitimu. Tolong maafkan aku."
  4. " Saya harap kamu dapat memaafkan saya atas perilaku saya yang tidak dewasa sebelumnya dan saya berjanji itu tidak akan terulang. Saya mohon maaf."
  5. " Maaf adalah kata yang kecil, tetapi memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membangun hubungan yang indah. Semoga kamu menerima permintaan maafku dan biarkan diriku membangun hubungan baik denganmu lagi.
  6. " Mohon terima permintaan maaf saya yang tulus dan beri saya kesempatan lagi. Saya berjanji akan memperbaiki semua momen yang telah saya hancurkan sebelumnya."
  7. " Saya minta maaf karena hubungan ini penting bagi saya. Tidak masalah lagi bagi saya siapa yang benar dan siapa yang salah."
  8. " Saya minta maaf atas semua kesalahan yang saya lakukan. Kau adalah ayah terbaik di dunia ini. Mohon maafkan. Aku mencintaimu, Ayah."
  9. " Saya tidak akan membiarkan ego saya dan kesalahan bodoh datang di antara persahabatan indah kita. Saya minta maaf. Mohon maafkan saya."
  10. " Perkelahian lucu yang kita lakukan adalah untuk membuat cinta kita lebih kuat. Tolong maafkan saya karena nakal. Aku cinta kamu."
  11. " Kata-kata tidak cukup untuk membuatmu merasa lebih baik. Permintaan maaf sederhana tidak akan pernah cukup untuk menghapus rasa sakit yang aku sebabkan. Tetap saja, dari lubuk hatiku, aku sangat menyesal. Aku berharap aku bisa menebusnya untukmu."
  12. " Aku telah dibutakan oleh amarah, aku menjadi kekanak-kanakan karena ketidakdewasaan. Aku minta maaf telah menyakitimu."
  13. " Jika saya dapat memiliki kesempatan lagi, saya akan menarik kembali kata-kata yang telah saya katakan, saya minta maaf karena telah membuat perasaanmu sakit."
  14. " Sahabat, maafkan aku karena membutakan mata. Maafkan aku karena telah membisukan kata-kata. Maafkan aku karena tiada berdaya."
  15. " Aku masih kekanak-kanakan, aku belum dewasa, akibatnya, aku menyakitimu. Aku minta maaf."
4 dari 6 halaman

Kata Minta Maaf Menyentuh Hati

Meminta maaf menjadikan kamu manusia yang bijaksana dan bertanggung jawab. Permintaan maaf yang diutarakan pun harus tulus sepenuh hati. Jika tak mampu merangkai kata, ada beberapa contoh kata-kata minta maaf yang bisa kamu gunakan. Kata-kata minta maaf ini juga bisa ditujukan untuk orangtua, sahabat, hingga orang kekasih.

  1. " Saya meminta maaf kepada orang yang mengajari saya cara meminta maaf dan saya mencari pengampunan dari orang yang mengajari saya cara memaafkan. Maaf, Bu."
  2. " Kebohongan saya mungkin adalah awan gelap, tapi pengampunan Anda akan menjadi lapisan perak. Saya menyesal."
  3. " Dengan hati yang terluka dan ego yang mengempis, dengan jiwa yang sedih dan kepala tertunduk, aku minta maaf kepadamu tanpa syarat. Sayang, aku sangat menyesal. Aku cinta kamu."
  4. " Menyakitimu adalah hal terakhir yang aku lakukan, aku tidak bermaksud begitu. Aku mohon maaf. Aku membutuhkanmu kembali dalam hidupku. Tolong temukan dalam hatimu untuk memaafkanku."
  5. " Penyesalan, patah hati, dan kesedihan telah mencuri kebahagiaan hidupku. Aku minta maaf karena mengecewakanmu, tapi aku berjanji untuk menghapus air matamu."
  6. " Aku sangat merindukanmu. Itu adalah kesalahan saya untuk menyakitimu seperti itu dan aku sangat menyesal. Maafkan aku, Cinta, dan aku akan menunjukkan betapa aku peduli."
  7. " Dari lubuk hati yang paling dalam saya minta maaf karena membuat Anda kehilangan kesabaran."
  8. " Saat ini, aku merasa tidak enak karena aku membuatmu sangat sedih. Air mata kesedihan melintas di wajahku saat aku berharap bisa menggantikanmu. Maafkan aku, Cintaku.
  9. " Maaf jika aku banyak mengecewakanmu, dan maaf aku terlalu memaksamu. Maaf juga karena aku belum bisa membahagiakanmu."
  10. " Terkadang aku meminta maaf pada seseorang bukan karena aku salah, tapi karena aku tak ingin menyakiti orang-orang yang aku sayang."
  11. " Aku tahu kata maaf ini tidak akan mampu menembus kesalahanku kemarin. Namun, aku tak akan putus asa untuk meminta maaf kepadamu sampai kau memaafkanku.."
  12. " Gunakan waktumu. Jangan khawatir. Aku akan menunggu selamanya jika itu yang kau perlukan untuk memaafkanku. Aku cinta kamu."
  13. " Aku tahu aku salah. Aku harap kamu bisa memaafkanku. Mari beri cinta kita kesempatan lagi dan aku akan menjadi pria yang tepat untukmu."
  14. " Hatiku telah bocor dan berdarah sejak hari aku menyakitimu. Tolong tutup lubangnya dengan pengampunanmu. Aku menyesal."
  15. " Marah itu jelek, pengampunan adalah keseksian. Tolong maafkan saya."
  16. " Jika ucapan membuat lara jika tindakan menjadikan luka. Wahai Ayah dan Ibu mohon maaf sebesar-besarnya."
  17. " Maafkan aku bila aku telah banyak mengukir luka di hatimu ayah dan ibu.  Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari mata ayah dan ibu. Sungguh aku minta maaf, aku akan berusaha menjadi anak yang mampu kalian banggakan."
  18. " Tajamnya lidah ini mungkin membuat luka, angkuhnya sikap membuat kalian tersakiti. Buruknya perilaku dan sikap ini sering membuat gelisah.  Ibu ayah maafkan aku."
  19. " Tiada kata paling indah bila belum memohon maaf langsung kepada orang yang telah berjasa kepadaku dari lahir. Ibu Ayah maafkan diriku bila banyak dosa kepadamu."
  20. " Tidak ada kemenangan tanpa di iringi dzikrullah. Tidak ada amal tanpa keikhlasan. Tak ada ampunan tanpa saling memaafkan antar sesama. Ayah dan ibu, anakmu mohon maaf lahir dan batin."
5 dari 6 halaman

Kata Minta Maaf Tulus dari Hati untuk Sahabat

 Ilustrasi© Freepik.com

Berikut kata-kata minta maaf yang tulus dari hati untuk sahabat:

  1. " Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat?" (Alvi Syahrin, Little Snow in Zurich)
  2. " Aku minta maaf untuk hal-hal seperti ini. Kuharap aku tahu kata-kata yang perlu diungkapkan. Tapi aku dan kamu sepertinya tak pernah melihat dari mata ke mata. Tapi aku yakin kita bisa akur." (Save Ferris, Sorry My Friend)
  3. " Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, kawan."
  4. " Sahabat, maafkan aku karena membutakan mata. Maafkan aku karena telah membisu kan kata-kata. Maafkan aku karena tiada berdaya."
  5. " Aku bertengkar denganmu, berteriak padamu, berlaku mengesalkan, menyakitimu, tapi aku tak bisa hidup tanpamu. Maafkan aku, sahabat."
  6. " Aku hanya ingin kamu ingat kalau aku menyayangimu dan kamu adalah bagian dari hidupku. Tolong abaikan perubahan suasana hatiku, peluk aku ketika terlihat kesal, beritahukan kalau segalanya akan baik-baik saja ketika aku sedih, dan jangan menganggap serius semua ucapan kasarku. Jika aku pernah menyakitimu, maafkan aku."
  7. " Aku merasa bersalah karena sudah menyakitimu. Kau adalah sahabat sejatiku. Aku berhutang maaf padamu dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengucapkannya. Maafkan aku atas segala kesalahanku, sahabat."
  8. " Aku merasa malu atas apa yang telah kulakukan. Aku tidak memiliki alasan. Aku telah melakukan kesalahan dan aku bertanggung jawab penuh atas tindakan itu. Aku tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahanku. Maafkan aku telah menyakitimu." (Louie Anderson)
  9. " Aku sudah memahami kalau terkadang kata maaf saja tidak akan cukup. Terkadang aku harus benar-benar berubah." (Claire London)
  10. " Aku tahu mengucapkan maaf tak akan cukup untuk segala hal yang sudah menyakitimu, tapi aku akan terus mengucapkannya jutaan kali hingga kamu memaafkanku. Maafkan aku."
  11. " Aku tak akan membiarkan apa pun di dunia ini bisa menghancurkan persahabatan kita, tak juga kesalahan yang telah kulakukan. Maafkan aku atas apa yang sudah kulakukan."
  12. " Aku tidak yakin berapa banyak orang yang bisa mentoleransi perubahan suasana hatiku, tapi aku yakin hanya kamu yang bisa. Maafkan aku karena sudah menyebalkan padamu."
  13. " Jika aku sudah mengucapkan kebohongan, jika aku sudah membuatmu menangis, maafkan aku dari lubuk hatiku yang terdalam." (Bobby Vinton, I Apologize0
  14. " Jika aku tahu tindakanku akan menyakitimu, aku akan berpikir ribuan kali sebelum melakukannya. Kau jauh lebih berharga dari yang kau kira. Maafkan aku, sahabat."
  15. " Kesalahan terbesar dalam hidup adalah ketika aku menghancurkan hati teman dekatku. Aku tak akan bisa menjelaskan apa yang kurasakan. Aku benar-benar menyesali segalanya."
6 dari 6 halaman

Kata Minta Maaf Menyentuh Hati Terbaru

 ilustrasi© Foto : Unsplash

  1. " Saya tidak pernah berpikir untuk menyakitimu dengan sengaja, apa pun yang saya lakukan kepadamu tidak sengaja. Tolong maafkan aku, aku mencintaimu."
  2. " Saya tidak sempurna dan melakukan kesalahan seperti orang biasa. Saya harap kamu dapat menerima permintaan maaf saya dan menyingkirkan rasa bersalah saya. Maaf, Sayang."
  3. " Jika kata-kata kasar membuatmu menjauh, aku harap permintaan maaf aku akan membawamu kembali lebih dekat denganku. Aku sangat menyesal telah menyakitimu. Tolong maafkan aku."
  4. " Saya harap kamu dapat memaafkan saya atas perilaku saya yang tidak dewasa sebelumnya dan saya berjanji itu tidak akan terulang. Saya mohon maaf."
  5. " Maaf adalah kata yang kecil, tetapi memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membangun hubungan yang indah. Semoga kamu menerima permintaan maafku dan biarkan diriku membangun hubungan baik denganmu lagi.
  6. " Mohon terima permintaan maaf saya yang tulus dan beri saya kesempatan lagi. Saya berjanji akan memperbaiki semua momen yang telah saya hancurkan sebelumnya."
  7. " Saya minta maaf karena hubungan ini penting bagi saya. Tidak masalah lagi bagi saya siapa yang benar dan siapa yang salah."
  8. " Saya minta maaf atas semua kesalahan yang saya lakukan. Kau adalah ayah terbaik di dunia ini. Mohon maafkan. Aku mencintaimu, Ayah."
  9. " Saya tidak akan membiarkan ego saya dan kesalahan bodoh datang di antara persahabatan indah kita. Saya minta maaf. Mohon maafkan saya."
  10. " Perkelahian lucu yang kita lakukan adalah untuk membuat cinta kita lebih kuat. Tolong maafkan saya karena nakal. Aku cinta kamu."
  11. " Saya minta maaf atas apa yang telah kulakukan dan aku berjanji tidak akan pernah menyakiti hatimu. Mohon maafkan aku, Sayang."
  12. " Terkadang aku bertindak tidak dewasa dan mengucapkan kata-kata kasar kepadamu. Tapi, aku bersumpah tidak bermaksud sama sekali. Aku minta maaf."
  13. " Saya mencintaimu dan saya berjanji akan berusaha keras untuk membuat hubungan kita lebih kuat. Saya minta maaf."
  14. " Maaf atas argumen yang tidak perlu yang kubuat di antara kita. Aku berjanji tidak akan pernah melakukannya lagi. Mohon terima permintaan maafku, Sayang."
  15. " Saya minta maaf atas pertengkaran itu dan merasa sangat malu atas air mata yang jatuh dari mata Anda. Tolong maafkan saya."
Join Dream.co.id