6 Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Tidak Sah Disembelih Saat Idul Adha

Your Story | Selasa, 28 Juli 2020 18:33
6 Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Tidak Sah Disembelih Saat Idul Adha

Reporter : Arini Saadah

Sudah selayaknya berkurban menggunakan hewan-hewan ternak pilihan yang terbaik tanpa kecacatan sedikitpun.

Dream - Semua ibadah di dalam agama islam bisa diterima oleh Allah SWT jika sudah memenuhi syarat-syarat, termasuk syarat-syarat hewan yang akan disembelih untuk berkurban.

Jika hewan kurban cacat maka tidak sah untuk disembelih saat kurban. Syarat sah hewan kurban adalah berupa hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, unta dan domba.

Selain itu hewan ternak yang akan dikurbankan haruslah mencapai usia minimal yang sudah diatur dalam syariat Islam.

Sementara itu pemilihan hewan kurban juga perlu diperhatikan. Sebab hewan ternak yang memiliki kondisi cacat tertentu menyebabkan tidak sah untuk berkurban.

Mengutip keterangan dari Islami.co, ada sejumlah ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih saat Idul Adha, berikut rinciannya:

2 dari 4 halaman

6 Ciri-ciri Hewan Kurban yang Tidak Sah Disembelih

Ilustrasi© Liputan6.com

Berkurban sama halnya dengan berbagi dengan sesama. Sehingga sudah selayaknya berkurban menggunakan hewan-hewan ternak pilihan yang terbaik tanpa kecacatan sedikitpun.

Jika hewan untuk kurban cacat dan tidak sehat, maka Allah SWT tidak akan menerima ibadah kurban tersebut. Selayaknya kita kembali kepada pelajaran sejarah putra Nabi Adam ‘alaihi salam, bahwa Allah tidak menerima kurban dari Qabil karena memberikan kurban kambing yang kurus dan cacat.

Para ulama Muslim merinci beberapa kriteria hewan kurban yang tidak sah dijadikan sebagai hewan kurban. Berikut ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih saat Idul Adha:

Pertama adalah hewan yang buta.

Kedua adalah hewan yang pincang.

Ketiga adalah hewan yang kurus karena penyakit.

Keempat adalah hewan yang hilang cairan otaknya.

Kelima adalah hewan yang terpotong telinganya.

Keenam adalah hewan yang terpotong ekornya.

3 dari 4 halaman

Jenis Cacat yang Disepakati Para Ulama

Ilustrasi© Liputan6.com

Mengutip dari Asy-Syariah, selain berbagai ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih saat Idul Adha di atas, juga dijelaskan beberapa cacat yang menyebabkan hewan kurban kehilangan keabsahannya.

Cacat tersebut dibagi menjadi dua yaitu cacat hewan kurban yang disepakati para ulama, dan cacat menurut pendapat yang rajih.

Ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih untuk berkurban yang disepakati oleh para ulama ada empat hal sesuai dengan hadis Nabi saw. berikut ini:

“ Empat hal yang tidak diperbolehkan pada hewan kurban: yang rusak matanya dan jelas kerusakannya, yang sakit dan jelas sakitnya, yang pincang dan jelas pincangnya, yang kurus dan tidak bersumsum.” (HR Abu Dawud nomor 2802, Tirmidzi Nomor 1502, Ibnu Majah nomor 3144 dengan sanad yang dinilai sahih oleh Imam Nawawi rahimahullah dalam Al-Majmu’).

4 dari 4 halaman

Ciri-ciri Kecacatan Hewan Kurban Menurut Pendapat yang Rajih

Ilustrasi© Liputan6.com

Sementara itu, kembali mengutip dari Asy-Syariah, disebutkan dalam kitab Asy-Syarhul Mumti’, ada lima ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih saat Idul Adha.

Menurut Imam Nawawi, ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih untuk berkurban adalah hewan yang sudah buta kedua matanya walaupun tidak jelas kebutaannya.

Ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih untuk berkurban adalah hewan yang jatuh dari atas lalu pingsan. Selama dalam kondisi pingsan, hewan ini tidak sah dijadikan sebagai hewan kurban, karena termasuk hewan yang jelas sakitnya.

Kemudian, hewan yang membesar perutnya karena kebanyakan makan kurma. Hewan ini tidak bisa buang angina dan tidak diketahui bisa selamat atau tidak. Kecuali apabila hewan tersebut akhirnya bisa buang angina dan buang air besar. Selama belum bisa buang air besar, hewan tersebut termasuk hewan yang cacat karena jelas sakitnya.

Keempat, adalah hewan yang terputus salah satu tangan atau kakinya atau bahkan seluruhnya. Karena kondisi hewan semacam ini bahkan lebih parah dari kondisi hewan yang sekedar pincang.

Ciri-ciri hewan kurban yang tidak sah disembelih untuk berkurban yang terakhir adalah hewan yang tidak bisa berjalan sama sekali.

Join Dream.co.id