5 Keutamaan Sholat Witir yang Harus Kamu Tahu

Your Story | Jumat, 11 Desember 2020 08:51
5 Keutamaan Sholat Witir yang Harus Kamu Tahu

Reporter : Ulyaeni Maulida

Sholat witir rakaatnya selalu ganjil.

Dream -  Sholat witir adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Biasanya dilaksanakan setelah sholat malam atau sholat tahajjud.

Selama bulan Ramadhan, sholat witir biasanya dilakukan setelah selesai sholat terawih. Sholat Witir hukumnya adalah sunnah muakkad artinya adalah sunnah yang sangat dianjurkan.

Rasulullah juga selalu melaksanakan sholat witir. Hal ini menjadi panduan bagi umatnya untuk senantiasa mengerjakan sholat witir.

Berikut adalah beberapa keutamaan tentang sholat witir:

2 dari 8 halaman

1. Sholat Witir Dicintai Allah SWT

Seperti yang diketahui bahwa sholat witir biasanya berjumlah tiga rakaat. Dan Allah SWT menyukai sesuatu yang ganjil. Sholat witir adalah salah satu ibadah yang Allah sukai. Dari Ali bin Abi Thalib, mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 Sholat witir
© Dream.co.id

“ Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli al-Qur-an.”

 

3 dari 8 halaman

2. Sholatnya Disaksikan Para Malaikat

Sholat witir biasanya dilakukan pada penghujung malam. Dan disaat itulah banyak para malaikat yang menyaksikan dan berdoa bagi orang-orang yang sedang beribadah. Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist:

 Sholat witir
© Dream.co.id

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Hafsh dan Abu Muawiyah dari Al Amasy dari Abu Sufyan dari Jabir  ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “ Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim).

4 dari 8 halaman

3. Sholat Witir Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah SAW

 Sholat witir
© Pexels.com

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat Witir. Apabila beliau meninggalkannya, maka beliau akan meng-qadhanya. Seperti yang dikatakan dalam sebuah hadist:

“ Kekasihku Rasulullah  memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan shalat Dhuha 2 raka’at dan shalat witir sebelum aku tidur” (HR. Bukhori)

5 dari 8 halaman

4. Sholat Witir Sebagai Penyempurna Sholat Malam

Sholat witir adalah sholat penutup dari sholat malam atau penutup dari sholat tarawih. Sholat witir menjadi penyempurna dari sholat malam.

 Sholat witir
© Dream.co.id

" Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir." [HR. Bukhori Muslim]

6 dari 8 halaman

5. Sholat Witir, Waktu yang Diijabah untuk Berdoa

 Sholat witir
© Pixabay.com

Sholat witir biasanya dilaksanakan pada penghujung malam. Dan di penghujung malam menjadi waktu yang sangat diijabah dalam berdoa.

 

7 dari 8 halaman

Tata Cara Sholat Witir

Selanjutnya adalah penting untuk mengetahui tentang tata cara sholat witir sebelum kamu ketahui tentang doa sholat witir. Dalam mengerjakan shalat witir 3 rakaat, boleh dikerjakan dua rakaat kemudian diakhiri dengan satu rakaat, dengan masing-masing satu tasyahud dan satu kali salam. Boleh pula keseluruhan 3 rakaat sekaligus dengan satu kali salam. Tata cara shalat witir 3 rakaat sendiri sebenarnya sama seperti tata cara sholat fardhu yang biasa kita lakukan, yang membedakan hanyalah pada niat dan jumlah rakaatnya.

1. Tata Cara Sholat Witir 1 rakaat 1 kali salam

  1. Niat Sholat Witir 1 Rakaat
  2. Takbirotul Ihram
  3. Membaca Doa Iftitah
  4. Membaca Surah Al-Fatihah
  5. Membaca tiga surat sekaligus yakni Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas atau surah lainnya
  6. Ruku' dengan tuma'ninah
  7. I'tidal dengan tuma'ninah
  8. Sujud dengan tuma'ninah
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma'ninah
  11. Tasyahhud Akhir dengan tuma'ninah
  12. Salam
  13. Membaca dzikir dan Doa Sholat Witir

2. Tata Cara Sholat Witir 3 rakaat 1 kali salam

  1. Niat Shalat Witir 3 rakaat
  2. Takbirotul Ihram
  3. Membaca Doa Iftitah
  4. Membaca Surah Al-Fatihah
  5. Membaca surat pendek: Pada rakaat pertama disunahkan membaca surat Al A'la. Selanjutnya untuk rakaat kedua membaca surat Al-Kafiruun dan yang terakhir pada rakaat ketiga membaca tiga surat sekaligus yakni Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas.
  6. Ruku' dengan tuma'ninah
  7. I'tidal dengan tuma'ninah
  8. Sujud dengan tuma'ninah
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma'ninah
  11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua dan ketiga seperti urutan sebelumnya
  12. Tasyahhud Akhir dengan tuma'ninah
  13. Salam
  14. Membaca Doa Sholat Witir
8 dari 8 halaman

Doa Setelah Sholat Witir

 Ilustrasi
© Foto : Shutterstock

Ada dua macam doa yang bisa kamu amalkan setelah melaksanakan sholat witir yakni yang pertama doa yang biasanya diucapkan saat kita melaksanakan sholat ini sendiri atau secara munfarid dan yang kedua biasanya diucapkan bersama-sama saat kita melaksanakan sholat secara berjamaah di masjid. Doa tersebut ialah:

1. Doa Setelah Sholat Witir Sendiri

ALLAHUMMA INNAA NAS'ALUKA IIMAANAN DAAIMAAN, WAN'ASALUKA QALBAN KHAASYI'AN, WANAS'ALUKA 'ILMAN NAAFI'AN, WANAS'ALUKA YAQIINAN SHAADIQON, WANAS'ALUKA 'AMALAN SHAALIHAN, WANAS'ALUKA DIINAN QAYYIMAN, WANAS'ALUKA KHAIRAN KATSIRAN, WANAS'ALUKAL 'AFWA WAL'AAFIYATA, WANAS'ALUKA TAMAAMAL 'AAFIYATI, WANAS'ALUKASYUKRA 'ALAL 'AAFIYATI, ANAS'ALUKAL GHINAA'A'ANINNAASI.

ALLAHUMMA RABBANAA TAQABBAL MINNAA SHALAATANAA WASHIYAAMANAA WAQIYAAMANAA WATAKHUSY-SYU'ANAA WATADHORRU'ANAA WATA'ABBUDANAA WATAMMIM TAQSHIIRANAA YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIIN. WASHALLALLAAHU 'ALAA KHAIRI KHALQIHI MUHAMMADIN WA'ALAA AALIHI WASHAHBIHIAJMA'IINA,WALHAMDULILLAAHIRABBIL'AALAMIINA.

Artinya: " Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia."

" Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

2. Doa Setelah Sholat Witir Secara Berjamaah di Masjid

SUBHANAL MALIKIL QUDDUUS (3X), SUBBUHUN QUDDUSUN RABBUNAA WA RABBUL MALAA-IKATI WARRUUH, ALLAHUMMA INNI A'UDZU BI RIDHAOKA MIN SAKHOTIK WA BI MU'AFAATIKA MIN 'UQUBATIK, WA A'UDZU BIKA MINKA LAA UH-SHI TSANAA-AN 'ALAIK, ANTA KAMAA ATSNAITA 'ALA NAFSIK

Artinya: Maha Suci Engkau yang Maha Merajai lagi Maha Suci dari berbagai kekurangan, Maha suci lagi Quddus Tuhan kami, Tuhan para malaikat, dan malaikat Jibril, Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri.

Biasanya, doa sholat witir ini akan diucapkan bersama-sama seluruh jamaah yang dipandu oleh imam saat selesai melaksanakan sholat sunnah yang satu ini terutama pada bulan suci Ramadhan. Namun, kamu juga bisa lho membaca doa tersebut saat kamu menjalankan sholat witir sendiri di rumah.

Join Dream.co.id