5 Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Ulama Muslim, Berkaitan dengan Ajal Keluarga?

Your Story | Selasa, 14 Juli 2020 10:45
5 Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Ulama Muslim, Berkaitan dengan Ajal Keluarga?

Reporter : Arini Saadah

Gigi manusia adalah simbol keluarga

Dream – Seringkali ketika tidur kita mengalami mimpi gigi copot. Beragam penafsiran muncul yang secara turun temurun diwariskan oleh masyarakat tentang arti mimpi gigi copot.

Arti mimpi gigi copot yang paling populer di masyarakat adalah sebuah simbol akan ada salah satu kerabat atau keluarga kita meninggal dunia. Benarkah penafsiran yang telah turun temurun tersebut untuk memaknai mimpi gigi copot?

Banyak pula orang yang menganggap mimpi hanyalah bunga tidur. Akan tetapi banyak orang juga yang meyakini bahwa mimpi adalah sebuah tanda dan peringatan bagi umat manusia. Lantas bagaimana penafsiran terhadap mimpi gigi copot menurut ulama muslim? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Berkaitan dengan Kematian

 Ilustrasi© freepik.com

Melansir dari Bincang Syariah, dari sekian banyak kitab ada satu kitab yang menjelaskan arti-arti mimpi yang dialami manusia ketika tidur. Persoalan mimpi gigi copot pun juga disebutkan dalam kitab tersebut.

Mengutip pendapat Abdul Ghani Al-Nabulsi dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam bahwa gigi dalam mimpi memiliki makna sebagai batas ajal dan umur yang ditetapkan.

“ Gigi di dalam mimpi menunjukkan ujung atau batas ajal dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”

Selain dari kitab tersebut, masih banyak keterangan dari kitab-kitab lain yang membahas persoalan mimpi gigi copot, seperti Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, Tafsir al-Ahlam, dan kitab lainnya.

Selain sebagai simbol keluarga, kerabat, pelayan dan anak perempuan, gigi juga diartikan sebagai harta simpanan, binatang ternak, raja, kehidupan, kematian, perpisahan dan pertemuan.

3 dari 5 halaman

Mimpi Gigi Copot Simbol Keluarga dan Kerabat

 Ilustrasi© freepik.com

Berdasarkan keterangan al-Nabulsi, gigi manusia adalah simbol keluarga. Gigi yang terletak di bagian atas diartikan sebagai simbol keluarga laki-laki dari pihak ayah. Sementara gigi bagian bawah diartikan sebagai simbol anggota keluarga perempuan dari pihak ibu.

Sedangkan gigi bawah bagian depan menunjukkan keluarga yang paling dekat dari sang pemilik mimpi. Adapun dua gigi seri bagian atas adalah simbol dari ayah dan paman dari pihak ayah, sebelah kanan adalah ayah dan sebelah kiri adalah paman.

Jika Sahabat Dream sudah tidak memiliki ayah dan paman, maka keduanya adalah simbol untuk saudara perempuan, anak atau sahabat karib. Jika di dalam mimpi kamu mendapati gigi copot dari salah satu keterangan di atas, berarti keluarga dari simbol gigi tersebut akan mendapati ajalnya.

Kemudian, gigi geraham manusia adalah simbol kakek dalam mimpi yang dialami, atau bisa jadi merupakan anak cucu yang mengalami mimpi. Gigi seri sebelah kanan adalah simbol dari ibu dan gigi seri bagian kiri adalah simbol dari bibi.

4 dari 5 halaman

Arti Mimpi Gigi Copot

 Ilustrasi© freepik.com

Apabila seseorang bermimpi giginya goyah atau bergerak maka artinya adalah pertanda bahwa salah satu keluarganya akan mengalami sakit, tergantung gigi sebelah mana yang goyah.

Kemudian, jika seseorang mimpi salah satu giginya copot maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu dari orang terdekatnya akan meninggal atau ia akan menghilang dan tidak kembali lagi.

Ketika seseorang bermimpi gigi copot namun ia masih menggenggamnya, maka ia akan menemukan ganti keluarga baru sebagaimana keluarga lama yang telah pergi.

Sebaliknya jika sang pemilik mimpi gigi copot lalu mengubur gigi tersebut, maka keluarga yang pergi tidak akan kembali, juga tidak akan menemukan ganti keluarga yang baru.

Jika seseorang melihat giginya di dalam mimpi penuh dengan karang gigi dan berwarna hitam, menurut keterangan al-Nabulsi keluarganya akan mendapatkan ujian berupa aib atau cacat yang ditimbulkan oleh perbuatan mereka sendiri.

5 dari 5 halaman

Tafsir Mimpi Tidaklah Mutlak

 Ilustrasi© freepik.com

Itulah beberapa penjelasan arti mimpi gigi copot menuru ulama Muslim. Sebenarnya penjelasan tentang mimpi sangatlah panjang. Namun penjelasan kali ini diharapkan bisa mewakili untuk menjawab kegelisahan Sahabat Dream yang mengalami mimpi gigi copot.

Manusia pasti memiliki banyak kekurangan, seperti halnya ulama al-Nabulsi, mungkin saja ada kesalahan dalam memberikan penafsiran terhadap sebuah mimpi.

Bisa juga penafsirannya berbeda dengan penafsiran ulama yang lain. Sebab arti mimpi bagi setiap orang juga tidak bia digeneralisir sedemikian rupa. Sehingga prediksi atas tafsir mimpi di atas tidak semuanya terjadi. Akan tetapi mimpi yang dialami manusia menjadi sebuah tanda dan peringatan atas hidupnya.

“ Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak, Yang Maha Besar Lagi Maha Tinggi.” (QS. Al-Ra’d ayat 9).

Join Dream.co.id