5 Amalan Dunia Untuk Dapatkan Rumah di Surga

Your Story | Jumat, 3 Juli 2020 17:36
5 Amalan Dunia Untuk Dapatkan Rumah di Surga

Reporter : Ulyaeni Maulida

Amalkan dengan penuh keikhlasan.

Dream – Memiliki rumah di surga adalah impian setiap muslim. Tujuan akhir yang penuh dengan kebahagiaan. Sebagai ganjaran segala amalan semasa hidup di dunia.

Setiap orang beriman menginginkan kehidupan kekalnya kelas setelah meninggal adalah sebuah rumah di surga. Meskipun begitu, tujuan utama kehidupan seorang mukmin adalah untuk mendapatkan ridho Allah SWT. Dengan tetap menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan selama hidup di dunia, agar segala harapan dapat terwujud.

2 dari 6 halaman

Membangun Masjid

 Masjid© Pexels.com

Membangun masjid dengan ikhlas untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT dapat menjadi amalan terbaik agar kelak dibangunkan rumah di surga.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda,

 Masjid© Dream.co.id

“ Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah)

Keutamaan membangun masjid juga disampaikan oleh salah satu Khulafaur Rasyidin, Utsman bin Affan. Beliau mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3 dari 6 halaman

Membaca Surat Al-Ikhlas Sepuluh Kali

 Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Dari Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 Al Ikhlas© Dream.co.id

“ Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad)

4 dari 6 halaman

Mengerjakan Sholat Dhuha

 Sholat© Shutterstock

Istiqomah mengerjakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat juga akan mendapat ganjaran rumah di surga.

Dari Abu Musa, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

 Dhuha© Dream.co.id

“ Siapa yang shalat Dhuha empat raka’at dan shalat sebelum Zhuhur empat raka’at, maka dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ath-Thabrani)

5 dari 6 halaman

Merapatkan Shaf Saat Sholat Berjamaah

Dari Aisyah, Rasulullah SAW bersabda,

 Merapatan shaff© Dream.co.id

“ Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.” (HR. Al-Muhamili)

6 dari 6 halaman

Mengucapkan Kalimat ‘Innalillahi wa inna ilaihi rojiun’

Kalimat ini apabila diucapkan saat meninggalnya seorang anak, maka kelak di surga ia akan dibangunkan rumah.

Dari Abu Musa Al-Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “ Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, Allah berfirman kepada malaikat-Nya, “ Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?” Mereka berkata, “ Benar.” Allah berfirman, “ Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?” Mereka menjawab, “ Benar.” Allah berfirman, “ Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku saat itu?” Mereka berkata, “ Ia memujimu dan mengucapkan istirja’ (innaa lilaahi wa innaa ilaihi raaji’uun).” Allah berfirman, “ Bangunkan untuk hamba-Ku di surga, dan namai ia dengan nama baitul hamdi (rumah pujian).” (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Waallahualam

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id