33 Kata-Kata Mutiara Cinta Sastrawan Usman Arrumy, Penuh Arti dan Menyentuh Hati

Your Story | Selasa, 2 Juni 2020 08:48
33 Kata-Kata Mutiara Cinta Sastrawan Usman Arrumy, Penuh Arti dan Menyentuh Hati

Reporter : Arini Saadah

Semoga lockdown hanya tetap membatasi fisik, tidak sampai membatasi impian.

Dream – Cinta merupakan anugerah dari Tuhan yang dikaruniakan kepada seluruh makhluk yang bernapas di bumi ini. Cinta menjadi  sesuatu yang bisa dirasakan lebih nikmat apabila dituangkan dalam deretan frasa lewat kata-kata mutiara cinta.

Kata-kata mutiara cinta berupa puisi maupun jenis pengungkapan lain telah diciptakan oleh banyak penulis dan sastrawan, salah satunya adalah Usman Arrumy, seorang penulis muda Indonesia.

Pria asal Jawa Tengah itu menulis banyak puisi hingga terkumpul dalam sebuah buku antologi puisi karyanya. Kata-kata Mutiara cinta dalam karya puisi Usman Arrumy sangatlah sederhana dan ringan, mudah dipahami bagi orang awam, dan tentu saja menyentuh hati dan perasaan.

Merangkum dari berbagai sumber, Dream akan melampirkan kata-kata Mutiara cinta Usman Arrumy kepada Sahabat Dream, supaya kita bisa menikmati indahnya karya sastra bernuansa cinta darinya. Berikut ulasannya: 

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Mutiara Cinta Usman Arrumy Penuh Arti

 Ilustrasi© Dream

Apabila Sahabat Dream masih belum mengerti hakikat cinta, dengan membaca dan merenungkan puisi dari Usman Arrumy ini akan menemukan kamu pada hakikat cinta. Berikut kata-kata Mutiara cinta Usman Arrumy yang penuh arti.

“ Huruf demi huruf bergelora dan bergerilya berdenyut diujung pena lalu leleh jadi kata airmata kita pelihara dari masa ke sangkala agar manakala sudah tiada, tak cuma kita tapi semuanya bisa merasakan kesunyian yang sejauh ini kita bina.”

“ Kau tahu apa insomnia? Semacam cinta yang berjaga di malam yang buta.”

“ Bagaimana kau hendak menyampaikan arti dan maksud bila cinta yang kau pelihara tak bisa sepasrah biola.”

“ Kau tahu apa itu insomnia? Semacam kangen yang tabah berdoa agar kelopak mata senantiasa terbuka.”

“ Puisi adalah satu-satunya kendaraan, yang mau mengantarkan kesedihan mencapai kenangan menuju jauh ke dalam dirimu, berpaling dari masa depan.”

“ Ia memilihku menjadi sepi yang menjulur ke setiap inci abjadmu. Diperintahkan aku sebagai harapan yang memandu cita-citamu.”

“ Pundakmu adalah pelabuhan terakhir dari pelayaranku sebab seluruh yang kutemu bersumber dari mata airmu dan andai pada tiap kataku ini mampu kububuhkan ke dalam puisimu. Seumpamamu perahu berhulu; tanpa rentang ruang dan derap waktu.”

“ Aku sudah cinta sebelum huruf pertama dicipta ketika kau belum mengenali udara dan cahaya saat semua benda masih berwujud tanda tatkala kehidupan belum punya usia.”

“ Dalam sebuah perjalanan kadang aku ingin menjadi buku. Sebagai guru yang mampu mengencerkan benda beku. Sesekali seluruh indra tak mengenali aku, sadarkah kamu?”

“ Ia memilihku menjadi jarak yang membuka jalan rindumu. Dibebankan aku sebagai kenangan untuk memelihara dendammu.”

“ Ia memilihku menjadi hening yang teruntai di sela aksaramu. Ditugaskan aku sebagai mantra yang memanggul seluruh nasibmu.”

“ Ia memilihku menjadi jantung ruang tempat imanmu menggeliat. Diserahkan jiwamu kepadaku agar dapat kurawat sesuntuk hanyat.”

“ Ia memilihku menjadi sunyi yang berderet di celah hurufmu. Dititahkan aku sebagai doa yang melayang jauh membawa takdirmu.”

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Cinta Usman Arrumy Yang Menyentuh Hati

 Ilustrasi© Dream

Cinta merupakan perasaan yang suci dan mulia. Jika kamu menjaganya, maka semakin subur ia tumbuh subur di dalam lubuk hati. Berikut kata-kata Mutiara cinta Usman Arrumy tentang kopi dan cinta yang menyentuh hati setiap insan manusia.

“ Jika cintaku kepada Sita dianggap terlarang, itu artinya kau merendahkan takdir Tuhan. Kau sendiri tahu, aku tak akan pernah mampu menentukan kepada siapa aku dilahirkan, maka sekarang aku juga tak akan pernah bisa memilih kepada siapa aku jatuh cinta. Jika Tuhan saja mencintai keindahan, apakah salah jika kemudian aku mencintai Sita?”

“ Sita, sejauh kau belum dengan tulus mencintaiku, sejauh itu pula aku tak akan pernah berani menyentuh tubuhmu”

“ Tuhan, ampuni kekhilafanku untuk telah terlambat menunaikan ibadah Ngopi, setelah ini aku berjanji untuk bertekad tidak melakukan perbuatan tak senonoh itu lagi.”

“ Kopi yang baik adalah kopi yang dengannya sanggup membangkitkan penyeduhnya untuk bisa mengingat Kekasihnya.”

“ Andai akulah lampu itu, akan kucahayai seluruh malammu, sebab, aku tahu, jika kau dikuasai gelap, tak sanggup aku memandangmu dengan lengkap.”

“ Barangsiapa Ngopi, kesepiannya akan lekas diampuni.”

“ Aku tak perlu memburu untuk merengkuhmu. Tak butuh cemburu demi membiktukan cintaku. Sebab tahu gerakku lantaran sentuhanmu dan diamku cuma untuk merindukanmu.”

“ Cintaku ke kamu lebih dekat dari kopi ke pahitnya.”

“ Jangan baca aku melalui kata-kata bila getarku sudah mewakili semuanya.”

“ Ia memilihku menjadi rahasia yang mendengung dalam cintamu. Diutuskan aku sebagai duta demi menyampaikan suara batinmu.”

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Mutiara Cinta Usman Arrumy Penuh Makna

 Ilustrasi© Dream

Cinta menjadi sesuatu yang mampu mencapai lapisan hati yang paling dasar. Cinta tak dapat dihapus dan dibersihkan selama jiwa masih hidup dan bernapas. Cinta bisa hadir dalam kehidupan sebagai kekuatan dan melahirkan banyak hal yang positif. Namun di sisi lain cinta juga bisa menjadi awal kehancuran jika hati tak mampu mengendalikan.  Berikut kata-kata Mutiara cinta Usman Arrumy yang penuh makna.

“ Dan cinta yang tulus, sekali lagi, tidak menunggu balasan, imbalan, dan sebagainya. Karena hanya dengan dirasakannya cinta itu, telah merupakan anugerah terindah pada hati manusia.”

“ Sementara kamu membebaskan dirimu dengan metafora-metafora Pikirkanlah selainmu Ada yang kehilangan hak berbicara.”

“ Sementara orang-orang lain yang jauh kamu pikirkan Pikirkanlah dirimu sendiri Katakanlah: andai aku jadi nyala lilin di kegelapan.”

“ Selamat Rindu Semoga sepasang matamu Tetap menjadi dua bait terbaik Bagi seluruh puisiku.”

“ Semoga segala duka Segera lebur Semoga segala cinta Semakin luber Semoga di ingatanku Kau tak pernah libur.”

“ Kau bertanya, kopi yang baik itu serperti apa? " Kopi yang baik adalah kopi yang begitu diseduh dapat mengingatkanku pada dirimu."

“ Mereka yang tidak pernah mengalami cinta, tampaknya selalu tak punya nyali untuk mengadakan kegilaan-kegilaan di atas panggung kehidupan.”

“ Jalan satu-satunya untuk meredam maraknya ujaran kebencian seperti saat ini adalah dengan jatuh cinta.”

“ Di luar kata, penantian berbicara Dengan bahasa kebisuan Di hadapan sepasang matamu Puisi menggigil oleh rindu Mencintaimu adalah rute Menuju puncak cita-cita.”

“ Sementara kamu tidur dan menghitung bintang-bintang Pikirkanlah selainmu Di sana ada orang-orang yang tak menemukan tempat tidur.”

Itulah kata-kata Mutiara cinta Usman Arrumy yang penuh arti dan menyentuh hati. Semoga bisa membantumu memahami hakikat dan makna cinta, dan menjalani hidup sehari-hari dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Join Dream.co.id