70 Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist, Buat Hati Tentram

Your Story | Senin, 7 Juni 2021 08:52

Reporter : Ulyaeni Maulida

Setiap Nabi mempunyai doa yang digunakan untuk kebaikan umatnya. Sesungguhnya aku menyimpan doaku sebagai syafa’at bagi umatku pada hari kiamat. (HR. Muslim)

Dream – Hadist adalah pedoman hidup kedua setelah Al-quran. Hadist merupakan perwujudan dari perkataan dan perbuatan Rasulullah SAW. Di dalam Hadist juga terdapat banyak kata-kata mutiara berisi nasihat dan motivasi untuk setiap muslim.

Kata-kata mutiara ini dapat kamu jadikan penyemangat dalam menghadapi permasalahan hidup. Selain itu dengan mempelajari hadist, kamu dapat mengikuti sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut adalah kumpulan kata-kata mutiara yang diambil dari Hadist dan dilansir dari berbagai sumber.

70 Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist, Buat Hati Tentram
Ilustrasi (Foto: Pexels)
2 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist

 Membaca Hadist
© Pexels.com

1. “ Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. “ Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan.” (HR Tirmidzi)

3. “ Pupuslah keputusasaan karena apa yang ada pada diri orang lain.” (HR Ibnu Majah)

4. “ Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.” (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)

5. “ Tidaklah termasuk golongan kami, orang yang memukul-mukul pipinya dan mencabik-cabik bajunya ketika (tertimpa musibah), serta berseru dengan seruan jahiliyah.” (HR Bukhari dan Muslim)

6. “ Barangsiapa datang kepada tukang ramal kemudian menanyakan sesuatu dan dia mempercayainya, maka tidak diterima shalatnya selama empat puluh hari.” (HR Muslim)

7. “ Barangsiapa membaca alquran dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?” (HR Abu Daud)

8. “ Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” – (HR. Ahmad)

9. “ Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan akhirat melainkan hanya seperti salah satu dari kalian mencelupkan tangannya ke dalam lautan, maka silahkan dilihat apa yang dibawa oleh jarinya.” (HR. Muslim)

10. “ Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.” (HR. Ibnu Asakir)

 

3 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist

11. “ Sungguh kamu sekalian akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga walaupun mereka masuk ke dalam sarang biawak, niscaya kamu sekalian akan mengikuti mereka.” (HR. Muslim)

12. “ Seandainya anak cucu adam mempunyai harta sepuluh lembah, tentu dia masih ingin memiliki yang ketiga. Padahal yang mengisi perut anak cucu adam itu hanyalah tanah.” (HR. Muslim)

13. “ Wahai para pemuda, barangsiapa yang telah memiliki kemampuan hendaknya segera menikah, hal itu akan lebih menjaga pandanganmu dan kemaluanmu. Barangsiapa yang belum mampu, hendaknya dia melakukan puasa, sesungguhnya puasa adalah benteng diri.” (Al-Hadits)

14. “ Saad bin Abi Waqqash berkata, “ Aku bertanya kepada Rasulullah saw., ‘Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berat ujian dan cobaannya?’ Nabi saw. menjawab, ‘Para nabi, kemudian yang menyerupai mereka, dan yang menyerupai mereka. Seseorang diuji menurut kadar agamanya. Kalau agamanya tipis (lemah), dia diuji sesuai dengan itu (ringan); dan bila imannya kokoh, dia diuji sesuai itu (keras). Seorang diuji terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa’.” (HR. Bukhari)

15. “ Barangsiapa yang memegang kuasa tentang sesuatu urusan kaum muslimin, lalu dia memberikan suatu tugas kepada seseorang, sedangkan dia mengetahui bahwa ada orang yang lebih baik daripada orang itu, dia telah mengkhianati Allah, RasulNya dan kaum muslimin.” (HR. Al-Hakim)

16. “ Demi Allah, apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang karena ajaranmu, maka itu bagimu lebih baik daripada kekayaan ternak yang merah-merah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

17. “ Sesungguhnya syafa’atku diperuntukkan bagi umat-Ku yang sama sekali tidak berbuat syirik kepada Allah.” (HR. Ahmad)

18. “ Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya itu menghapusnya, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur.” (HR. Tirmidzi)

19. “ Siapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka dia akan mendapat pahala sebanyak yang didapat oleh yang mengerjakannya.” (HR. Muslim)

20. “ Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah.” (HR. Muslim).

 

 

4 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist

 Ilustrasi
© Freepik

21. “ Manusia itu mengikut agama kawannya. Maka hendaklah diperhatikan siapa yang hendak dijadikan sebagai kawannya.” (HR Tirmidzi)

22. ”Tidak beriman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai Saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim).

23. “ Hijrah adalah meninggalkan hal yang buruk.” (HR. Ahmad)

24. “ Semua amal anak adam dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki.” (HR. Muslim)

25. “ Sebaik-baik manusia ialah orang yang senantiasa mengingat Allah, dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang suka mengadu domba, suka memecah belah antara orang-orang yang saling mengasihi, suka berbuat zalim, suka mencerai-beraikan manusia, dan selalu menimbulkan kesusahan.” (HR. Ahmad)

26. “ Tangan yang di atas itu lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah tangan yang memberi infak, sedang tangan yang di bawah adalah tangan yang meminta.” (HR. Bukhari)

27. “ Sesungguhnya puasa itu tidak lain adalah perisai. Apabila salah seorang di antara kamu sedang berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan pula bertindak bodoh. Dan jika ada seorang yang menyerangnya atau mencacinya maka hendaklah dia mengatakan “ Sesungguhnya aku berpuasa, sesungguhnya aku berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim)

28. “ Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tidak mendapatkan dari puasanya itu kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Nasa’i)

29. “ Puasa adalah amanah, maka hendaklah salah seorang di antara kamu menjaga amanahnya.” (HR. Al-Khara’ithi)

30. “ Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung yang membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kasturi.” (HR. Muttafaq Alaih)

5 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist

31. " Sesungguhnya syafa'atku diperuntukkan bagi umat-Ku yang sama sekali tidak berbuat syirik kepada Allah." - HR. Ahmad

32. " Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." (Buya Hamka)

33. " Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu." (Imam An Nawawi)

34. " Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." (HR. Ibnu Majah)

35. " Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

36. " Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu kitabullah (Al-Qur'an) dan sunnah Rasulullah SAW." - HR. Muslim

37. " Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai Allah dari bani adam ketika hari raya Iduladha selain menyembelih hewan kurban." - HR. Tirmidzi

38. " Semua amal anak adam dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki." - HR. Muslim

39. " Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka dia berjuang fi sabilillah hingga dia kembali." - HR. Tirmidzi

40. " Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." - HR Tirmidzi

 

6 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam dari Hadist

41. " Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

42. " Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." - Ali bin Abi Thalib

43. " Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)." - Imam al-Ghazali

44. " Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya." - Ibnu Qayyim

45. " Sungguh kamu sekalian akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga walau mereka masuk ke sarang biawak, niscaya kamu sekalian akan mengikuti mereka." - HR. Muslim

46. " Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

47. " Aku berlindung dengan rida-Mu dari murka-Mu, aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari jauh dengan-Mu." - HR. Muslim

48. " Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." (Ali bin Husein)

49. " Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." (HR Tirmidzi)

50. " Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi." (Imam Syafi'i)

7 dari 7 halaman

Kata-Kata Mutiara Islam

 Ilustrasi
© Foto : Instagram/Katabijakislam

51. " Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi dia melihat hati dan amal kalian." -Nabi Muhammad SAW

52. " Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya." -Umar bin Khattab

53. " Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu." -Ali bin Abi Thalib

54. " Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati." -Ali bin Husein

55. " Memangnya kenapa kalau hidup kita tak sempurna? Toh ini bukanlah surga." -Nourman Ali Khan

56. " Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." -Abu Hamid Al Ghazali

57. " Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik." -Ali bin Abi Thalib

58. " Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." -Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

59. " Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." -Jalaludin Rumi

60. " Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu." -Ali bin Abi Thalib

61. " Dosaku sangat membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, ampunan-Mu lebih besar." -Imam Syafii

62. " Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." -Habib Ali Zainal Abidin

63. " Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup." -Aa Gym

64. " Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok."

65. " Manfaatkanlah lima hal sebelum datang lima hal: masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu."

66. " Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah." -Buya Hamka

67. " Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah." -Umar bin Khattab

68. " Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah." -Abu Bakar Sibli

69. " Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." -Nabi Muhammad SAW

70. " Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat." -Umar bin Khattab

 

Join Dream.co.id