3 Cara Mudah Agar Istiqomah dalam Beribadah

Your Story | Kamis, 9 Juli 2020 16:12
3 Cara Mudah Agar Istiqomah dalam Beribadah

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Dalam islam, istiqomah dapat diartikan sebagai sebuah sikap atau tindakan yang secara konsisten melakukan segala perintah Allah SWT. Segala perintah yang dimaksud disini termasuk juga adalah ibadah.

Dream - Istiqomah dalam beribadah menjadi sebuah perkara yang kerap kali sulit dikerjakan. Naik turunnya iman seorang hamba terkadang menjadi salah satu alasan seseorang kembali dilanda rasa malas dan menunda.

Dalam Islam, istiqomah dapat diartikan sebagai sebuah sikap atau tindakan yang secara konsisten melakukan segala perintah Allah SWT. Segala perintah yang dimaksud disini termasuk juga adalah ibadah.

Allah SWT memerintahkan hambanya untuk istiqomah dalam beribadah agar tetap berada di jalan Allah, sesuai dengan firmanNya yang berbunyi :

 QS.Hud 112© Dream.co.id

" Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (Qs Hud : 112)

Lalu bagaimana agar kita bisa lebih mudah istiqomah dalam ibadah? Berikut ulasannya.

2 dari 4 halaman

Meluruskan Niat

Segala sesuatu yang dikerjakan hendaknya diawali dengan niat yang baik terlebih dahulu. Dengan niat yang ditujukan untuk mengharapkan ridho Allah semata. seseorang akan lebih ringan dan mudah menjalankan segala perintahNya. 

Penjelasan terkait niat juga disampaikan dalam sebuah hadis berikut:

Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh ‘Umar bin Al-Khattab radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 Hadis Tentang Niat© Dream.co.id

" Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan apa-apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 1 dan Muslim, no. 1907]

 

 

3 dari 4 halaman

Memahami Makna Syahadat

Sebagai seorang muslim, tentunya kita sudah bersaksi dengan 2 kalimat syahadat. Tak hanya melafalkannya, agar seseorang dapat terus istiqomah dalam ibadah, hendaknya ia juga memahami makna dari syahadat tersebut. 

Dalam syahadat dijelaskan bahwa kita bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad adalah Rasulullah. Kesaksian kita sebagai muslim menjadikan kita memiliki konsekuensi taat atas aturan dan larangan Allah SWT. Salah satunya dengan istiqomah dalam beribadah. 

4 dari 4 halaman

Sifat yang Harus Dijauhi Agar Istiqamah

Selain menanamkan niat dan keyakinan dalam hati, ada beberapa hal yang biasanya akan mendorong kita menjadi malas dalam beribah. Berikut beberapa perkara yang perlu dihindari agar bisa tetap istiqomah dalam beribadah:

1. Jangan Ghibah

Meski terkesan sepele dan sering dilakukan, ghibah (membicarakan orang lain) merupakan sebuah perbuatan yang sia-sia. 

Agar bisa istiqomah dalam beribadah, sebaiknya kita menggantinya dengan memperbanyak berdzikir dan bersholawat.

2. Jangan Tidur Berlebihan

Terkadang tidur yang berlebihan membuat kita menjadi malas dalam beribadah. Selain itu, tidur berlebihan juga tidak disarankan dalam beribadah.

(Dilansir dari berbagai sumber

 

Join Dream.co.id