11 Manfaat Berkurban dalam Agama Islam, Insya Allah Jadi Penebus Dosa dan Bekal di Hari Akhir

Your Story | Jumat, 28 Januari 2022 18:12

Reporter : Arini Saadah

Manfaat berkurban salah satunya untuk menyucikan jiwa dan harta agar terhindari dari penyakit hati seperti dengki, iri, tamak dan pelit.

Dream - Selain Lebaran, momen Hari Raya Idul Adha juga selalu dinantikan mat Muslim. Pada perayaan yang juga sering disebut Lebaran Haji itu, semua umat Muslim bersuka cita dengan saling berbagi daging kurban.

Idul Adha adalah Hari Raya umat Islam yang jadi momen untuk bersedekah dengan menyembelih hewan kurban seperti kambing, sapi, domba, dan unta. Pelaksanaan kurban bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintah-Nya seperti pernah diajarkan Nabi Ibrahim AS.

Berkuban dilakukan bagi umat muslim yang sudah mampu membeli hewan ternak. Beberapa orang bahkan sengaja menabung untuk bisa berkurban di hari raya Idul Adha.

Tidak sekadar menyembelih hewan di hari raya Idul Adha, momen kurban memberikan pelajaran dan manfaat yang luar biasa bagi umat Islam. Berkurban adalah bentuk ibadah yang menunjukan kepatuhan dari seorang hamba kepada Penciptanya. 

Manfaat berkurban salah satunya adalah menyucikan jiwa dan harta agar terhindari dari penyakit hati seperti dengki, iri, tamak dan pelit. Selain itu masih banyak manfaat berkurban lainnya yang bisa Sahabat Dream dapatkan. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini tentang manfaat berkurban dalam agama Islam.

11 Manfaat Berkurban dalam Agama Islam, Insya Allah Jadi Penebus Dosa dan Bekal di Hari Akhir
Ilustrasi Manfaat Berkurban Dalam Agama Islam Untuk Menyucikan Harta Dan Jiwa. (Foto: Merdeka.com)
2 dari 6 halaman

Manfaat Berkurban dalam Agama Islam yang Menakjubkan

1. Menyucikan Jiwa dan Harta

Manfaat berkurban yang pertama adalah menyucikan jiwa dari penyakit hati seperti pelit dan dengki. Berkurban adalah ibadah yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bagi umat Muslim yang mampu, berkurban adalah momen untuk berbagi kepada sesama. Tak hanya menyucikan jiwa, manfaat berkurban juga menyucikan harta dari hal-hal yang kotor. Sehingga harta yang dimiliki menjadi lebih berkah dan bersih.

2. Mencontoh Nabi Ibrahim AS

Manfaat berkurban yang kedua adalah sebagai upaya meneladani Nabi Ibrahim AS. Perintah berkurban ini pada mulanya diturunkan kepada Nabi Ibrahim AS. Kisah Nabi Ibrahim membuktikan bahwa puncak rasa cinta tertinggi adalah cinta kepada Allah SWT dengan mematuhi semua perintahnya.

Hal ini membuktikan bahwa semua yang kita miliki di dunia hanyalah titipan dari Allah SWT yang sewaktu-waktu bisa hilang. Maka dari itu selama masih memiliki apapun itu, sudah sepantasnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah SWT.

3. Menambah Rasa Syukur

Rasa syukur sangat diperlukan untuk membuat hati tentram dalam menghadapi kehidupan. Bersyukur dengan apa yang dimiliki juga menghindarkan diri dari sifat tamak terhadap harta. Manfaat berkurban salah satunya adalah bisa menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT atas harta yang diberikan. Berkurban juga merupakan bentuk cinta seorang hamba kepada Tuhan-Nya.

3 dari 6 halaman

4. Sebagai Penebusan Dosa-dosa

 Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat berkurban yang tak kalah penting adalah mendapat ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Setiap orang pasti melakukan dosa baik besar maupun kecil. Dengan berkurban maka seorang hamba akan mendapat ampunan dari Allah. Hal ini seperti sebuah hadis berikut:

" Hai Fatimah, berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu." (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

5. Ciri Orang Muslim

Kewajiban berkurban adalah salah satu ajaran yang diperintahkan dalam Islam. Manfaat berkurban salah satunya menunjukkan keislaman seseorang. Beberapa penganut agama lain bahkan kagum dengan perintah berkurban dalam Islam yang mencerminkan agama yang suka berbagi.

4 dari 6 halaman

6. Memupuk Kepedulian Terhadap Sesama

Manfaat berkurban juga bisa memupuk rasa kepedulian terhadap sesama. Berkurban adalah bentuk lain dari kepekaan sosial dimana banyak orang yang tidak mampu membeli daging untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Kegiatan berkurban ini tentu sangat membantu bagi mereka untuk menikmati lezatnya makan daging kurban.

7. Perkuat Silaturahmi

Menjalin dan menjaga silaturahmi sangat dianjurkan dalam agama Islam. Bahkan menjalin silaturahmi disebut bisa memperpanjang usia seseorang. Manfaat berkurban yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah bisa memperkuat silaturahmi dengan sesama.

Berkurban bisa memperkuat tali silaturahmi antara saudara, tetangga dan kerabat yang mungkin jarang bertemu karena kesibukan masing-masing. Hubungan antara orang yang berkurban dengan penerima kurban akan semakin baik dan erat.

Begitu pula dengan seluruh orang atau masyarakat yang saling berkumpul di tempat penyembelihan hewan kurban. Bahkan sebagian dari mereka juga menyantap daging kurban secara bersama-sama.

5 dari 6 halaman

8. Sebagai Bekal di Hari Akhir

 Ilustrasi© Liputan6.com

Manfaat berkurban juga disebut sebagai bekal di hari akhir. Orang yang berkurban mendapat pahala yang besar karena mau menjalankan ibadah sekaligus berbagi dengan sesama.

Orang yang diberi daging kurban tentu juga akan mendoakan yang terbaik untuk sang pemberi daging kurban. Hanya bagi mereka yang ikhlas berkurban karena Allah SWT, yang akan mendapat pertolongan di hari akhir atas kurban yang dilakukannya.

9. Pertolongan di Hari Akhir

Hewan kurban yang disembelih untuk berkurban di hari raya Idul Adha dan hari tasyrik akan menjadi sarana pertolongan Allah kepada hamba yang berkurban. Orang yang ikhlas berkurban, maka hewan yang dijadikan kurban akan membawanya masuk ke surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“ Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu." (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

6 dari 6 halaman

10. Mendapat Keberkahan Hidup

Manfaat berkurban yang menentramkan adalah mendapat keberkahan hidup di dunia. Saat menyaksikan hewan diembelih, akan ada perasaan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

Dengan bersyukur, hidup pun akan menjadi lebih berkah dan jiwa terhindar dari penyakit hati. Jika hati dan jiwa tenang, maka ketika menjalani hidup akan terasa lebih mudah karena percaya bahwa pertolongan akan selalu datang dari Allah SWT.

11. Memberdayakan Usaha Ternak Lokal

Manfaat berkurban dari segi ekonomi adalah bisa membantu memberdayakan usaha peternak lokal. Di sekitar kita terdapat banyak pengusaha ternak yang akan sangat terbantu dengan momen Idul Adha.

Membeli hewan kurban dari pengusaha ternak lokal akan membantu perekonomian mereka. Secara langsung kamu turut membantu pemberdayaan peternak agar mereka bisa berkembang dan sejahtera.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id