Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Serta Keutamaan Menjalankannya

Your Story | Rabu, 19 Mei 2021 07:06
Bacaan Niat Puasa Senin Kamis, Serta Keutamaan Menjalankannya

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Berikut niat puasa Senin kamis dan keutamaan dibalik puasa sunnah.

Dream - Dalam Islam, hari senin merupakan salah satu hari yang memiliki banyak keberkahan dan terjadinya banyak peristiwa penting. Salah satunya adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bahkan terbiasa berpuasa sunnah di hari Senin. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah menyebutkan bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari diangkatnya amalan. Oleh karena itu, pada hari Senin dan Kamis disunnahkan untuk melaksanakan puasa. 

" Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa," (HR. Tirmidzi)

Meski termasuk salah satu puasa sunah, tata cara dan pelaksanaan puasa sunah Senin Kamis tidak banyak berbeda dengan puasa Ramadan. 

Hal yang membedakannya adalah terkait niat puasa Senin Kamis. Berbeda dengan puasa Ramadan, niat puasa Senin Kamis boleh dilafalkan di waktu malam ataupun saat  fajar terbit. 

2 dari 9 halaman

Niat Puasa Senin

 Niat Puasa Senin
© dream.co.id

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal lillahi ta'ala

Artinya,

" Saya niat puasa pada hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala."

3 dari 9 halaman

Niat Puasa Kamis

 Niat Puasa Kamis
© dream.co.id

Nawaitu shouma yaumal khomisi sunnatal lillahi ta'ala.

Artinya,

" Saya niat puasa pada hari Kamis, sunah karena Allah Ta'ala."

4 dari 9 halaman

Keutamaan Puasa Senin-Kamis

Meski merupakan sebuah sunnah, puasa Senin-Kamis memiliki banyak keutamaan. Berikut keutamaan puasa Senin-Kamis:

 Ilustrasi Berdoa
© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

1. Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Anjuran melaksanakan puasa Senin-Kamis adalah pada hari Senin, Rasulullah SAW dilahirkan. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu 'anhu.

Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, beliau lantas menjawab:

" Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku."  (HR. Muslim)

2. Hari Diperiksa Amalan

Keutamaan dari puasa Senin-Kamis yaitu kedua hari tersebut adalah hari diperiksanya amalan oleh malaikat. Sesuai dengan hadis berikut:

Dari Abu Hurrairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa."  (HR. Tirmidzi)

 

5 dari 9 halaman

3. Pintu Surga Dibuka

Keutamaan yang tak kalah luar biasa adalah pada hari Senin dan Kamis, pintu-pintu surga dibuka. 

Dari Abu Harrairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam bersabda, " Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, 'Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai'."  (HR. Muslim)

 

4. Disediakan Surga bagi Orang yang Rajin Puasa

 Allah SWT menyediakan surga " Ar-Rayyan" yang dikhususkan bagi hambanya yang rajin berpuasa senin-kamis. 

" Sesungguhnya di Surga ada satu pintu yang namanya 'Ar-Rayyan' yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari Kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka. Jika mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi."  (HR. Bukhori dan Muslim)

 

5. Hari Rasulullah Sering Safar

Hari Kamis merupakan hari di mana Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam sering perjalanan (safar). Hal ini tercantum dalam hadis-hadis berikut ini.

Dari Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu pernah mengatakan, " Sangat jarang Rasulullah Sholallahu 'alaihi wasallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis."  (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga pernah mengatakan, " Bahwa Nabi Sholallahu 'alaihi wasallam keluar pada hari Kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari Kamis."  (HR. Al-Bukhari)

 

Sumber Dream

6 dari 9 halaman

Manfaat Puasa Senin Kamis

 Ilustrasi Berdoa
© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Dapat terhindar dari godaan setan

Berpuasa memberikan sebuah manfaat, dengan melakukan ibadah tersebut, jalan setan untuk memengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat.

Dengan begitu, akan dapat menurunkan risiko pengaruh-pengaruh jahat dari setan terhadap manusi, seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT.

Dapat meningkatkan amalan

Dengan melakukan ibadah puasa, kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan lainnya yang nantinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

Selain itu dengan berpuasa akan lebih membuat kamu bersimpati kepada orang yang memiliki keberuntungan di bawahmu dan mendorongmu untuk selalu membantu mereka.

7 dari 9 halaman

Menyehatkan tubuh

Melakukan ibadah puasa dapat menyehatkan tubuh, hal tersebut sering dibuktikan secara medis bahwa puasa dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Melakukan puasa juga dapat mengistirahatkan sistem pencernaan yang selalu melakukan tugas setiap harinya. Saat berpuasa, mereka akan istirahat dan memulihkan energi kembali.

Menjadi perisai dan penguat jiwa

Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib atau pun puasa-puasa sunnah, seperti puasa Senin-Kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Manfaat berpuasa juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, menguasai diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

8 dari 9 halaman

Menjadi Lebih Disiplin

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

Selain itu, dengan berpuasa kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

Latihan Melawan Hawa Nafsu

Manfaat puasa senin kamis lainnya adalah memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah ini, jalan setan untuk memperngaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Kalau sudah begitu, hal ini dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan begitu, kamu bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.

 

 

9 dari 9 halaman

Hukum Puasa Senin dan Kamis

Hukum melakukan puasa Senin-Kamis adalah sunnah. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu memasukkan puasa Senin Kamis dalam puasa sunnah yang disepakati para ulama.

Menurut Syaikh Wahbah Az Zuhaili, puasa-puasa sunnah yang disepakati para ulama antara lain puasa hari Senin dan Kamis.

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

" Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.(HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id