KPAI: Pernikahan Dini dan Putus Sekolah Naik Saat Pandemi

Video | Kamis, 18 Februari 2021 14:09

Reporter : Waliyadin

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat adanya kenaikan angka anak putus sekolah dan pernikahan dini imbas dampak pandemik Covid-19.

Dream- Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, melaporkan banyak siswa dari orang tua yang diberhentikan bekerja selama pandemik terpaksa berhenti sekolah, bekerja, atau memilih menikah karena beban yang cukup berat. Dari laporan masyarakat, KPAI menemukan banyak pengaduan orang tua di delapan provinsi yang mengaku kesulitan membayar uang sekolah imbas pandemik Covid-19. 

 
Selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini banyak orang tua yang mengaku menunggak SPP antara 3-10 bulan. Sementara terkait siswa yang terpaksa menikah, KPAI menemukan 119 peserta didik yang menikah, laki-laki maupun perempuan, kebanyakan usianya beriksar 15-18 tahun.
 
 
Dari 8 provinsi tersebut, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah pengaduan terbanyak diterima KPAI. Beruntung provinsi ini sudah memiliki program seperti Kartu Jakarta Pintar yang bisa mengatasi masalah tersebut. 

 

Terkait
Join Dream.co.id