Viral Penampakan Awan Erupsi Merapi Disebut Menyerupai Semar

Unik | Minggu, 29 Maret 2020 12:42
Viral Penampakan Awan Erupsi Merapi Disebut Menyerupai Semar

Reporter : Ahmad Baiquni

Kemunculan awan Semar diklaim sebagai pertanda bencana akibat virus corona segera berakhir.

Dream - Media sosial tengah heboh dengan foto yang menunjukkan erupsi Gunung Merapi. Foto itu viral lantaran disebut-sebut menyerupai Semar, tokoh pewayangan yang lekat dengan kebudayaan Jawa.

Foto tersebut muncul di beberapa akun media sosial. Salah satunya @_infocegatansolo.

Disebutkan kemunculan awan Semar merupakan pertanda pagebluk segera berakhir menurut kepercayaan Jawa-Mataram. Pagebluk merupakan istilah Jawa yang digunakan untuk menyebut bencana.

" Itu artinya ada pagebluk (bencana) dengan kemunculan awan panas Gunung Merapi (berapi) menyerupai wajah Eyang Semar menandakan bencana (Pagebluk) yang melanda Nusantara akan segera berakhir," demikian tulis admin.

 Awan Semar© Instagram

Diketahui, saat ini Indonesia sedang dilanda wabah virus corona yang menimbulkan Coronavirus Disease-19 (Covid-19). Sejumlah daerah di Indonesia memiliki kasus infeksi Covid-19 terkonfirmasi.

" Semoga Covid-19 akan segera berlalu dari bumi Nusantara.. Aamiin…," tulis admin.

Unggahan ini viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Tetapi, kebenaran mengenai keberadaan awan tersebut belum dapat dianpastikan.

Unggahan ini memicu banyak komentar dari netizen.

" Nek wabah pengene ya ndang berakhir...bakulan bubruk nek ngne terus.... (Kalau wabah inginnya segera berakhir, jualan hancur kalau seperti ini terus)," tulis netizen.

2 dari 6 halaman

Beredar Video Tumpukan Kantong Sampah Diklaim Masker Bekas Diangkut Truk

Dream - Sebuah video pendek truk pengangkut barang bekas tengah menjadi perbincangan di media sosial. Diunggah di akun Instagram @lambenyinyir_official, para pekerja diduga sedang mengangkut tumpukan masker bekas yang sudah disimpan di dalam beberapa karung.

Akun tersebut mengaku menerima video itu dari kiriman seorang netizen. Namun tak disebutkan lokasi maupun pihak pengelol truk tersebut. 

" Belum diketahui entah mau di buang atau mau dikirim... Tapi yang terpenting kalo sudah pake masker sabaiknya di rusak dulu atau di gunting biar gak Ter jadi hal-hal yang nggak di inginkan. Video: kirim DM. Lokasi : belum di ketahui," tulis admin akun tersebut, dikutip Sabtu 28 Maret 2020.

Dilihat dari video yang diunggah akun Instagram itu, seorang perekam diduga pria tampak dengan leluasa merekam video saat dua orang berpakaian kaos oblong mengangkut beberapa tumpuk kantong berwarna hitam ke dalam sebuah truk.

Si perekam tanpa memperlihatkan isi dari kanting itu menyebut jika barang yang dibawa adalah masker bekas pakai. Bahkan dia menyatakan jika kantong itu berisi jutaan masker bekas. 

 Sampah masker yang membuat warganet geram.© Akun Instagram @lambenyinyir_official

Sang pengirim video juga mengklaim masker-masker itu dihimpun dari para pemulung untuk didaur ulang. Bahkan dia menuding jika masker itu akan dijual kembali.

Pengelola akun tersebut juga tak bisa memastikan keakuratan informasi yang diterimanya. Namun dia berpesan agar para followernya menggunting kecil-kecil terlebih dahulu sebelum dibuang. " Dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh oknum untuk didaur ulang," pesan si pemilik akun tersebut.

3 dari 6 halaman

Warganet Geram

Meski belum bisa dipastikan kebenaran informasi tersebut, warganet sudah terburu informasi dengan keterangan si perekam video tersebut. Mereka membabi buta langsung melancarkan tuduhan terhadap video yang masih sumir itu

" Ada saja uang cari untung saat kesempatan ini," tulis @_sh.rtatii.

" Otaknya nggak ada, cuma ada duit, duit, duit," tulis @azhaar_kanaya.

" Anjirr yaa orang Indonesia begini banget kelakuannya. Duit sgalanya udh ngebuatain apapun, hati nurani aja udah pada nggak ada!!" tulis @windi_yoyoy.

" Parah... Emang seharusnya pas kita mau buang harus disobek dulu agar terhindar dari oknum yang nggak tanggung jawab... Berbentuk apa pun itu,mau botol sampo,minyak wangi apa pun bentuknya yang bisa dijual oleh pemulung harap dirobek atau digunting," tulis @
yahya4768.

4 dari 6 halaman

Karyawan RSUD di Cianjur Curi 40 Dus Masker

Dream - Seorang aparatur sipil negara (ASN), berinisial, IS menjadi bagian dari komplotan pencurian masker di RSUD Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kapolres Cianjur, AKPB Juang Andi Priyanto menyebut, komplotan itu mencuri sebanyak 40 dus milik RSUD.

Karyawan IS merupakan karyawan RSUD Pagelaran. IS dibantu RE, pekerja honorer RSUD Pagelaran. RE bertugas mengambil dan menjual masker. 

Selain dua orang itu, polisi juga menangkap CE, seorang karyawan swasta yang membeli masker dari RE. Masker curian itu kemudian dijual lagi oleh CE ke orang lain dengan cara cash on delivery (COD).

 

 Karyawan RSUD di Cianjur Curi 40 Dus Masker© Dream



Hasil pemeriksaan membuktikan, terdapat sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan. Beberapa barang yang diamankan yaitu kartu ATM Bank Jabar, kartu ATM Bank BCA, satu unit mobil Nissan Terano perak bernomorpolisi B-8172-KMN, satu unit kendaraan roda dua, dan satu dus berisi empat boks masker merek Eskamed dan beberapa kota jarum suntik.

Andi mengatakan, IS dan RE smeminta masker tanpa prosedur yang benar dan mendapatkan dua karton atau 40 dus. 

5 dari 6 halaman

Ancaman Hukuman

" Kemudian pelaku IS memaksa karyawan pemegang kunci gudang farmasi untuk membuka farmasi tanpa seizin dari kepala gudang dan Direktur RSUD kemudian mengambil dua karton masker dan dijual oleh pelaku RE," papar Juang.

Adapun pelaku IS, RE, dan YO mengambil masker dari gudang farmasi RSUD pada malam hari dengan masuk melalui jendela yang tidak terkunci.

Sedangkan pelaku CE membeli atau menerima nasker dari pelaku RE. Sosok C kemudian menjualnya dengan cara diecer.

" Atas perbuatannya itu para tersangka melanggar Pasal 363 KUHP dan 480 KUHP, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," kata Andi.

Sumber: Liputan6.com/Huyogo Simbolon

6 dari 6 halaman

Masker dan Outfit Matching, Gaya Presiden Slovakia Curi Perhatian

Dream - Presiden Slovakia, Zuzana Caputova menjadi sorotan ketika menghadiri acara pengunduran Perdana Menteri Slovakia, Petra Pellegrini. Ia hadir memakai alat pelindung diri.

Zuzana tampak menerapkan upaya pencegahan virus corona dengan memakai masker dan sarung tangan. Menariknya, Zuzana memadukan benda tersebut dengan outfit stylish.

Ia sengaja menyamakan warna masker dengan busana yang dikenakan. Hasilnya pun terlihat matching. Ia tak lupa membagikan potretnya ke Instagram.

 Zuzana Caputova© Foto: Instagram @zuzana_caputova

Foto: Instagram @zuzana_caputova

Pada foto yang diunggah, Zuzana tampil chic memakai midi dress beraksen v-neck. Warna marun memberi kesan elegan pada wanita 46 tahun itu. Masker yang digunakan memiliki warna senada.

Tak hanya masker, Zuzana mengenakan sarung tangan dari bahan leather yang trendi. Ia juga menerapkan konsep serupa pada outfit berikutnya.

 Zuzana Caputova© Foto: Instagram @zuzana_caputova

Foto: Instagram @zuzana_caputova

Kali ini ia tampil lebih feminin dengan midi dress beraksen bahu lebar. Masker dan baju yang dikenakan sama-sama berwarna magenta. Ia juga memakai sarung tangan seperti sebelumnya.

Potret tersebut langsung menyita perhatian. Banyak netizen memuji cara Zuzana untuk tampil stylish sekaligus mencegah penularan virus.

" Maskernya sengaja disamakan dengan baju ya?"  kata @barnofischer

" Aku suka melihat dia menyamakan warna masker dengan baju yang dikenakan,"  ujar @mercurymatthews

" Omg outfitnya sangat indah!"  ucap @koki9_official

" Contoh yang bagus!"  puji @nh_novaes

(mut)

Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB
Join Dream.co.id