Viral Kisah Pria Sering Begadang & Merokok, Alami Kritis Hingga Koma

Unik | Selasa, 22 Juni 2021 12:36

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Kisah pilu pernah mengalami penyakit parah hingga koma akibat sering merokok dan begadang.

Dream - Merokok dan begadang merupakan dua kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pria  muda. Tak bisa disepelekan, keduanya tentu berdampak besar pada kesehatan dan bisa memicu penyakit parah.

Seseorang bisa mengalami kondisi koma hingga kritis akibat kebiasaan yang tak sehat itu. Seperti kisah seorang pria yang diketahui bernama Mohd Raihan Helmi.

Dilansir dari akun Instagram @Makassar_iinfo, pria tersebut membagikan kisah pilunya pernah mengalami penyakit parah hingga koma akibat sering merokok dan begadang.

Viral Kisah Pria Sering Begadang & Merokok, Alami Kritis Hingga Koma
Pria Alami Kritis Hingga Koma Akibat Rokok Dan Begadang (Foto: Instagram @Makassar_iinfo)
2 dari 6 halaman

Sempat Ngeyel

Dalam video tersebut, sang pria mengaku sempat mengalami kondisi kritis.

" Dulu saya perokok, bisa dikategorikan perokok berat. Dan juga suka begadang tak jelas keseluruhan malam dan pulang pagi," tulis keterangan video.

Mengaku sempat ngeyel, pria tersebut mengatakan orang tua memberi nasihat tetapi tidak pernah ia gubris. Akan tetapi, ia berubah setelah diberi ujian oleh Tuhan.

" Tak mau dengar nasihat ortu dan bila pulang pasti dimarahin, tapi tak ada arti bila dinasihati. Tapi terkadang apa yang dinasihati pasti ada benarnya. Dikarenakan saya bandel, Allah ngasih ujian berat seberat-beratnya di diri saya," tulisnya.

3 dari 6 halaman

Alami Masa Kritis

Pria itu menuturkan, ketika dirinya sakit ia tidak bisa berkata apa-apa dan merasakan nyeri hebat di dada. Hal itu membuatnya lemas dan harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah dirawat tak sampai sehari, ia menjalankan operasi.

" Tak sampai 1 hari, jam 12 tepat pada hari Jumat dokter memutuskan saya untuk operasi," ungkapnya.

Bukan tanpa alasan, dia terpaksa operasi karena paru-parunya sudah dipenuhi cairan. Tak berhenti di situ, setelah badan drop dan HB rendah, ia harus masuk ke ruang ICU.

" Saat itu saya dimasukkan selang untuk menyedot cairan pada paru-paru saya. Setelah saya operasi keesokan harinya, saya terjadi drop dan HB rendah, maka diputuskan ke ICU ditangani lebih serius,"  tulisnya.

Pria itu juga mengaku dirinya sempat koma dan kritis selama dua hari. Kondisi itu membuat keluarga cuma bisa pasrah dan berdoa.

" Saya koma dan kritis selama 2 hari. Keluarga hanya bisa pasrah dan berdoa sama Allah. Sampai Alat menentukan kalau nafas saya sudah 0,"  ungkapnya.

Meski begitu, dia mengaku beruntung karena kini masih diberi kesempatan untuk menjalani hidup. Pria itu mengatakan dirinya sudah sembuh dan bisa menjalani kegiatan seperti biasa.

" Allah ngasih kesempatan buat hidup dan Alhamdulillah saya sembuh. Cairan itu InsyaAllah tidak ada lagi di paru-paru, selepas itu saya menjalani seperti biasa," terang dia.

4 dari 6 halaman

Berpesan Pada Perokok Berat

Dari pengalaman pilunya itu, ia berpesan pada para perokok berat untuk berhenti demi kesehatan diri dan tidak merasakan penyakit yang menimpanya.

" Sakit itu gak enak tahu, apa lagi sakit berat kayak saya. Berhenti itu susah, tapi itu buat lo, buat diri lo juga. Sehat itu mahal. Dan yang suka begadang keluyuran kagak jelas mending begadang di rumah," sarannya.

Pasalnya, dia mengaku sakit yang diderita berasal dari perpaduan antara terkena udara malam dan rutin merokok.

" Faktor utama cairan itu dari embun malam dan disambut sesak dikarenakan rokok. Semoga termotivasi," pungkasnya.

 

5 dari 6 halaman

Ramai Jadi Perbincangan

Video kisah pengalaman Mohd Raihan Hilmi itu kemudian mendapat berbagai reaksi dari netizen. Beberapa mengaku tersadarkan akan kisahnya tersebut.

" Ngerokok sambil naik motor plus keluyuran malam, sampe rumah tidur diatas lantai, paru-paru berasa terisi cairan liquid," komentar warganet.

" Perokok aktif gak akan peduli melihat ini min, sebelum dia mengalami sendiri. Padahal dikotaknya jelas-jelas dibuat peringatan, tapi masih juga merokok," timpal lainnya.

" Paru-paru basah itu, sering begadang," balas akun lain.

" Semangat untuk bebas dari asap rokok yuk," sambung lainnya.

6 dari 6 halaman

Ini Videonya

Berikut video kisah seorang pria alami kritis akibat begadang dan merokok. (mut)

      View this post on Instagram      

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo)

 

Join Dream.co.id