Viral Penemuan Batu Ajaib di Jember, Bergerak Sendiri Saat Kena Cahaya

Unik | Selasa, 22 Juni 2021 14:12

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Batu sebesar kerikil itu diketahui ditemukan oleh pegawai dan guru di SMP 1 Mayang, Kabupaten Jember pada 17 Juni 2021 lalu.

Dream - Warga Jember, Jawa Timur, heboh dengan batu yang diklaim ajaib. Batu itu disebut-sebut bisa bergerak sendiri bila terkena cahaya.

Batu itu ditemukan oleh pegawai dan guru SMP 1 Mayang, Jember, pada Kamis 17 Juni 2021. Kabar yang sulit masuk akal itu beredar luas di kalangan masyarakat.

Dalam video yang diunggah kanal YouTube PARA Prajurit Pengendara, terlihat batu berukuran ibu jari orang dewasa itu bisa bergerak ketika terpapar cahaya. Selain itu, gerakan batu itu semakin kuat saat terpapar langsung cahaya matahari.

“ Ini ditemukan batu ajaib, batu bisa bergerak sendiri di halaman SMP 1 Mayang tanggal 17 Juni 2021. Ini adalah fenomena alam yang luar biasa,” demikian narasi yang terdengar dalam video yang diunggah kanal YouTube Ferry Alfino.

Viral Penemuan Batu Ajaib di Jember, Bergerak Sendiri Saat Kena Cahaya
Batu Bergerak Sendiri (Foto: YouTube PARA Prajurit Pengendara)
2 dari 7 halaman

Batu Bergerak Terkena Cahaya

Dalam video sang perekam mengatakan batu ajaib bergerak ketika disinari cahaya. Benar saja, saat flash smartphone dinyalakan, batu tersebut bergerak mengikuti cahaya lampu.

Perekam juga mengatakan jika gerakan batu akan semakin kuat apabila terpapar langsung cahaya matahari.

“ Dia akan bergerak terus, semakin cepat dia bergetar dia gerak di bawah sinar matahari,” ujarnya.

Kemudian, saat disimpan di lantai ruangan, batu itu tetap bergerak lantaran terkena cahaya. Akan tetapi jika dibawa ke ruangan tanpa cahaya, akan berhenti bergerak dan diam layaknya kerikil biasa.

“ Kalau kita bawa ke dalam, dia diam. Nah, dia sudah tidak bergerak lagi, dia tidak mau di dalam ruangan. Fenomena alam apakah ini? Kita tidak pernah tahu,” ujar perekam video tersebut.

3 dari 7 halaman

Videonya

Demi menghindari kehebohan di lingkungan sekitar, menurut Liputan6.com, polisi akhirnya mengamankan batu seukuran kelereng tersebut. Hingga berita ini dibuat, belum ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena langka ini.

4 dari 7 halaman

Banyak yang Beli Batu 'Ajaib' Bisa Nyala dalam Air, Ternyata Ini Rahasianya

Dream - Sadar atau tidak, ada segelintir orang yang mudah percaya kepada hal-hal mistik sehingga membuka peluang kepada mereka yang tidak bertanggungjawab untuk mengambil kesempatan dengan melakukan penipuan.

Salah satunya adalah batu warna-warni yang konon bisa mendeteksi dan menyembuhkan penyakit, yang saat ini banyak di jual di toko-toko online.

Untuk membuktikan 'keaslian' dan 'kesaktiannya', batu tersebut kemudian dicelupkan ke dalam air dan ternyata memang menyala.

5 dari 7 halaman

Orang-orang yang mudah terperdaya ini tentu saja rela menghabiskan uangnya asal bisa memiliki batu ajaib yang konon bisa menyembuhkan pelbagai penyakit tersebut.

Namun, batu warna-warni yang bisa menyala dalam air tersebut sebenarnya adalah bentuk penipuan yang dilakukan orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Kalau tidak percaya, seorang pengguna TikTok bernama Fakhrul membongkar penipuan tentang batu merah delima atau apalah namanya, yang dianggap ‘ajaib’ oleh sebagian orang karena menyala apabila diletakkan di dalam air.

 



6 dari 7 halaman

Bertujuan untuk menyadarkan banyak orang, Fakhrul memecahkan batu berwarna biru yang bisa menyala dalam air itu dengan menggunakan palu.

Awalnya dia mencoba memasukkan dua butir batu 'ajaib' warna biru ke dalam wadah yang sudah diberi air.

Benar saja, batu-batu tersebut memang menyala sesuai dengan warnanya ketika dicelupkan ke dalam air.

Namun Fakhrul mengingatkan agar tidak mudah percaya terhadap hal-hal itu hingga rela membayar mahal demi batu menyala itu.

Pasalnya, batu-batu tersebut sudah ditanam rangkaian listrik lengkap dengan baterainya untuk menyalakan lampu di dalamnya.

Begitu Fakhrul memecahkan batu tersebut, tampak rangkaian listrik dengan baterai yang akan menyala jika terkena air.

Fakhrul berharap setelah ini tidak ada lagi yang percaya dan tertipu dengan segala benda yang dikatakan 'ajaib' oleh orang-orang tak bertanggungjawab.

 

7 dari 7 halaman

Videonya

@fakhrulcapklimput

Batu Menyala dalam air , supaya ramai tidak terkena dgn penjual barang dan cerita mistik #fyp #dongengbomohmelayu

? original sound - Fakhrul Capklimput I

 

Join Dream.co.id