Viral Foto Aksi Emak-Emak Berselfie Ria di Lokasi Kebakaran Hutan

Unik | Senin, 23 September 2019 16:12
Viral Foto Aksi Emak-Emak Berselfie Ria di Lokasi Kebakaran Hutan

Reporter : Idho Rahaldi

Apa motivasi mereka?

Dream - Media sosial kembali diramaikan dengan beredarnya sejumlah foto yang memperlihatkan emak-emak bergaya di lokasi kebakaran hutan.

Foto-foto itu viral usai dibagikan ke facebook oleh akun Yuni Rusmini, pada Sabtu 21 September 2019 lalu.

Memperlihatkan sejumlah emak-emak berjilbab berpose di hutan dengan pemandangan di sekitarnya yang ditutupi kabut asap.

Mereka juga kompak mengenakan pakaian bernuansa hitam putih. Beberapa di antaranya juga memakai masker untuk menutupi hidung dan mulut.

2 dari 6 halaman

Berselfie Ria

Dari setiap foto, emak-emak yang berjumlah 9 orang itu tampak memamerkan sejumlah gaya.

 Emak

Foto: Instagram.com/makassar_iinfo

Mulai dari berbaris rapi memadang sekitar, menggenggam tangan di belakang hingga menunjukkan sepatu mereka yang kotor.

 Emak

Foto: Instagram.com/makassar_iinfo

3 dari 6 halaman

Kontras

Hal itu kontras dengan aksi seorang relawan cantik yang berjuang memadamkan api di tengah kebakaran hutan.

Beberapa fotonya viral tersebar di media sosial, salah satunya diposting oleh akun instagram @makassar_iinfo.

Dari postingan itu diketahui relawan tersebut bernama Intan Syafrini Fazrianti.

 Relawan

" IIntan Syafrini Fazrianti berbaju merah. Dia berjibaku sebagai relawan memadamkan kebakaran hutan. Dari raut mukanya kita ikut merasakan perjuangannya. Menahan panasnya asap. Letih tapi dia tak menyerah.

Foto satunya sekelompok emak-emak yang khusus datang ke lokasi kebakaran Bukan untuk membantu mengatasi kebakaran hutan. Mereka datang hanya untuk berfoto foto dengan latar belakang kebakaran hutan," Tulis @makassar_iinfo pada caption fotonya.

 

4 dari 6 halaman

Sindir Jokowi?

Banyak netizen yang penasaran dengan motivasi sembilan wanita itu yang berfoto di tengah kebakaran hutan.

Seperti yang ditulis @santosops34, " Maksudnya apa si ini kok mlah pose di situ aduh jand... nanti kotor mak....."

@ciki_taro, " Bantuin pemadam jangan cuma selfi."

@ yhanthie_lovesok," yess...ini emak" ....#miris"

Ternyata sebagaian netizen lainnya menyadari maksud dari emak-emak tersebut berfoto dengan pose tersebut untuk menyindir Jokowi.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, Jokowi mengunjungi kahutla.

Menyadari tindakan emak-emak itu, sebagian besar netizen justru menghujat tindakan mereka.

@wishmeluckyday, " Gub nya ke singapore kalean diem, walikota ke kanada kalean diem presiden ke lokasi kalean nyinyir maunya apa seh kalean? maunya presiden bawa selang trus nyiramin gtu???"

@revamagdalena, " Nyindir pak de..... padahal pakde datang dan memikirkan solusi kemudian melakukan tindakan yg hrs dilakukan.... emak2 yg diliputi kebencian... ga sejahtera hidupnya.."

5 dari 6 halaman

Pengalaman Relawan Cantik Padamkan Kebakaran Hutan Kalimantan

Dream - Menjadi relawan di kondisi penuh kabut asap tak membuat dirinya gentar. Bahkan dengan menjadi relawan dirinya dapat banyak pengalaman. Itulah pengalaman yang dirasakan Intan Syafrini Fazrianti, nama yang tenar di sosial media karena fotonya sedang memadamkan kebakaran lahan. 

" Aku awalnya dijadikan untuk mendokumentasikan kebakaran hutan di sana. Tapi, masak iya cuma mendokumentasikan. Jadi aku belajar juga memadamkan kebakaran hutan," kata Intan saat berbincang dengan Dream.

Intan lantas ikut dalam berbagai aktivitas yang dilakukan Sekolah Relawan. Bahkan, dari berbagai kegiatan yang dia ikuti dirinya jadi mengenal alam dan penduduk lokal di sana.

" Ini menjadi kali pertama aku nginjekin kaki di Kalimantan. Meski begitu, aku kenal jadi kenal alamnya, kenal penduduk asli sana yang baik," ujar mahasiswi 

Bahkan, Intan mengaku mendapat pelajaran berharga dari Bang Gaw (pendiri Sekolah Relawan Bayu Gawtama).

" Kalau ingin jadi relawan yang baik jadilah relawan yang cerdas dan membumi," kata gadis berambut panjang ini. 

Dengan menjadi relawan itu, menurutnya, dapat menjadi upaya untuk menumbuhkan kesadaran sosial.

" Masak iya, kita masih bisa kongkow-kongkow melihat saudara kita di Kalimantan dalam kesusahan karena kebakaran hutan dan musibah kabut asap. Itu egois namanya," jelasnya.

Melihat sering terjadinya kebakaran hutan di beberapa wilayah di Indonesia, Intan siap untuk diterjunkan kapan saja. Tapi, yang terpenting baginya ialah keadaan aman.

" Kalau aku ada kesempatan diterjunkan aku siap. Tapi, aku lebih berharap gak ada lagi kejadian kebakaran," harap mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta ini.

6 dari 6 halaman

Intan di Tengah Kabut Asap

Gadis bernama Intan Syafrini Fazrianti menjadi pembicaraan di sosial media. Gadis berparas manis ini secara mengejutkan muncul di tengah-tengah hutan untuk membantu memadamkan kebakaran hutan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

Kepada Dream.co.id, Intan bercerita mengenai niatnya menjadi relawan ke Palangkaraya. Niat awalnya menjadi relawan itu, tak lain ingin membuktikan kebenaran berita musibah kabut asap dan kebakaran hutan di Riau dan Palangkaraya.

" Saya selalu ikuti perkembangan berita kabut asap. Sampai akhirnya, tersiar kabar hanya tersisa lima persen lagi udara di sana yang bersih. Saya pun membulatkan tekad untuk berangkat. Saya enggak mau hanya ramai di media sosial," kata Intan saat berbincang denganDream.co.id, Jumat 6 November 2015. 

Intan mengaku awalnya ingin berangkat dengan biaya mandiri. Namun, sebuah lembaga bernama Sekolah Relawan menawarinya berangkat.

" Aku dikasih kesempatan sama Sekolah Relawan dan dibayai semua akomodasi pulang pergi dan semua keperluan disana," ungkap mahasiswi Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta ini.

Meski pada akhirnya dibiayai, persiapan serba mendadak harus diterimanya. " Aku diberi kabar berangkat itu pada tanggal 27 Oktober sore. Nah, tanggal 28 Oktobernya harus berangkat," jelasnya. 

Meski tanpa peralatan kemah yang dimilikinya dirinya tetap nekad berangkat. Gadis kelahiran Bogor, 17 Maret 1996 itu bahkan tak sempat memberitahu orang tuanya mengenai niatannya menjadi relawan.

" Awalnya orangtua gak tahu kalau aku kabur (jadi relawan) tapi lama-kelamaan mereka tahu. Tapi akhirnya, mereka ngerti kalau aku berangkat untuk niat yang tulus," ujarnya.

Terkait
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-
Join Dream.co.id