Tulisan Resep Terlalu Bagus, Si Dokter Malah Dikira Gadungan

Unik | Senin, 11 November 2019 13:30
Tulisan Resep Terlalu Bagus, Si Dokter Malah Dikira Gadungan

Reporter : Idho Rahaldi

Memang agak aneh sih, bisanya kan tulisan dokter mirip cakar ayam...

Dream - Ketika berobat ke dokter, kamu pasti pernah menerima resep obat dengan tulisan yang tidak terbaca. Saking sulitnya dibaca, tulisan itu mendapat julukan 'cakar ayam'.

Sebagai orang awam yang tidak pernah belajar dunia kedokteran dan farmasi, kita pasti kesulitan membaca tulisan tersebut.

Tulisan tak terbaca para dokter memang hal yang lumrah. Dokter sengaja membuat tulisan itu agar hanya terbaca oleh para apoteker yang menguasai ilmu tentang obat-obatan.

Tetapi dokter satu ini ingin mendobrak anggapan tulisan resep dokter harus terlihat jelek dan tak terbaca. Dokter bernama Mark Tirao menulis resep dengan tulisan yang bagus dan rapi.

Bahkan boleh dikatakan, tulisannya mirip kaligrafi karena indahnya. 

2 dari 6 halaman

Ini Tulisan Kaligrafi Resep Si Dokter

Hal itu terlihat dari resep dokter miliknya, yang viral usai ia posting ke facebook melalui akun Dr. Mark Tirao.

 Dokter

Sontak postingan ini pun memancing atensi warganet. Banyak warganet yang bertanya-tanya apakah dia benar seorang dokter, atau hanya berpura-pura saja menjadi dokter.

Beberapa diantaranya bahkan memprediksi jika apoteker akan menyangka resep tersebut palsu.

3 dari 6 halaman

Tulisan Dokter Mulai Bagus

Melansir thesummitexpress.com, faktanya kini sudah banyak dokter yang mengubah paradigma tulisan dokter jelek menjadi lebih rapi dan bisa dengan mudah dibaca orang awam.

Bahkan kini sudha banyak dokter yang menggunakan metode print langsung lewat komputer saat menuliskan resep untuk pasiennya.

Nah, kalau sahabat dream pernah enggak menemukan resep yang ditulis dengan tulisan yang enak dibaca? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!

4 dari 6 halaman

Inilah Alasan Mengapa Tulisan Dokter Susah Dipahami

Dream - Seringkali, setiap kita berkunjung ke dokter dan memperoleh resep, tulisan yang tertera di resep tersebut sulit terbaca. Tulisan di resep itu lebih terlihat seperti coretan anak-anak yang sedang belajar menulis.

Tapi, ternyata ada kode rahasia pada setiap resep dokter. Dokter memang biasa menjaga kerahasiaan resep yang ditulisnya agar si pasien tidak dengan mudah menggunakan resep itu. Karena setiap resep obat yang diberikan dokter memerlukan diagnosis terhadap penyakit pasien terlebih dahulu.

Biasanya, dalam resep dokter ada singkatan-singkatan yang merujuk pada istilah ilmiah tertentu. Misalnya, a.c, b.d, dan b.i.n. Singkatan a.c merupakan kependekan dari ante coenam (sebelum makan); b.d berarti bis die (dua kali sehari); adapun b.i.n berarti bis in noctus (dua kali semalam), cap berarti capsula (kapsul), gtt artinya gutta (diteteskan) dan p.c. artinya post coenam (setelah makan) dan lain sebagainya.

Jeleknya tulisan dokter pada resep ternyata mengandung tujuan sangat penting bagi ilmu kedokteran.

Pertama, karena pasien tidak akan mudah memahami isi resep, jika resep obat yang ditulis dokter mudah dipahami pasien, maka dapat dimungkinkan bahwa pasien tersebut akan membeli obat yang sama di apotik jika mengalami gejala yang sama tanpa perlu periksa ke dokter. Padahal tindakan tersebut sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Kedua, Pasien dapat melakukan kesalahan persepsi jika memahami isi resep tersebut. Itulah alasan mengapa tulisan dokter pada resep obat sangat susah untuk dibaca dan inilah rahasia kode pada resep dokter yang bertujuan untuk melindungi kerahasiaan resep obat agar tidak disalahgunakan.

5 dari 6 halaman

Kocaknya Masyarakat +62 Saat `Ngetes` Tulisan Resep Dokter

Dream - Belakangan ini tengah viral tulisan resep obat dokter dari sebuah tangkapan layar percakapan di media sosial. Tak hanya di Indonesia, bahkan hingga mendunia.

Pada foto tangkapan layar itu, terlihat goresan pena seperti paraf dengan awalan P dan L.

Awalnya seseorang bertanya kepada rekan dokternya apa arti dari tulisan itu. Lantas rekan dokternya menyebut sebuah nama obat yakni Paracetamol.

Sejak foto itu viral di media sosial, tentu saja tulisan `ajaib dokter` itu membuat penasaran warganet.  Bagaimana bisa sebuah goresan pena terbaca Pparacetamol.

Alhasil banyak dari mereka yang kemudian ikut bertanya perihal tulisan itu kepada para dokter hingga apoteker. Ada juga yang iseng mengetes kemampuan temannya yang sempat kuliah di farmasi.

Penasaran seperti apa? Yuk intip di bawah ini:

6 dari 6 halaman

Diluar Nalar

1. Waduh berabe nih kalo anak farmasi salah baca, hehe

 Tulisan Dokter

2. Panadol, bener juga sih

 Tulisan Dokter

3. Jawaban diluar nalar

 Tulisan Dokter

4. Test

 Tulisan Dokter

5. Nah jadi kali pancing, mantap!

 Tulisan Dokter

6. Singkat padat tak menjawab

 Tulisan Dokter

7. Lupa itu wajar

 Tulisan Dokter

8. Ini mah tulisan anak 2 tahun

 Tulisan Dokter

9. Dokter yang up to date

 Tulisan Dokter

10. Jadi sodara semua, mungkin ini jawaban yang paling masuk akal

 Tulisan Dokter

Terkait
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie
Join Dream.co.id