Tuas Gas Tak Sengaja Tertarik, Ayah dan Anak Nyebur ke Sungai

Unik | Rabu, 16 Januari 2019 17:45
Tuas Gas Tak Sengaja Tertarik, Ayah dan Anak Nyebur ke Sungai

Reporter : Ahmad Baiquni

Hati-hatilah sangat membonceng anak di depan.

Dream - Membonceng anak, terutama balita, di jok depan membutuhkan kehati-hatian ekstra tinggi. Terkadang anak berbuat hal tidak disadari yang dapat mengancam keselamatan.

Seperti yang dialami Edi Santoso, 36 tahun, dan anaknya berusia 3,5 tahun di Warugunung, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Motor yang mereka tumpangi meluncur tak terkendali hingga tercebur ke Kali Surabaya.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa, 15 Januari 2018. Saat itu, Edi mengajak anaknya berkeliling menggunakan sepeda motor jenis matik.

Edi berangkat dari rumahnya menyusuri jalanan. Sampai di Jembatan Karang Pilang, Edi memutar sehingga dia berada di seberang sungai.

 

2 dari 3 halaman

Sempat Tenggelam Bersama Motor

Saat ingin kembali ke rumahnya, Edi memilih menyeberang sungai menggunakan jasa perahu yang disebut masyarakat sekitar dengan tambangan. Tiba di tepi sungai, perahu masih berada di tengah sehingga Edi harus menunggu.

" Perahunya masih di tengah. Mereka nunggu pas di pinggir pijakan perahu. Motornya tiba-tiba jalan dan keduanya tercebur," ujar kakak Edi, Yuyun Junaedi, dikutip dari Fajar Online.

Berdasarkan pengakuan Edi, Yuyun mengatakan anak dari adiknya sempat memegang dan menarik tuas gas dalam kondisi mesin motor masih menyala. Seketika, Edi dan anaknya meluncur ke sungai.

Edi dan anaknya sempat tenggelam bersama motornya. Tidak lama setelah itu, Edi muncul ke permukaan air dengan menggendong anaknya.

3 dari 3 halaman

Diselamatkan Perahu Lain

Sebagian warga segera memberikan pertolongan menggunakan perahu kecil. Anak Edi diselamatkan lebih dulu, namun sang ayah sempat hanyut.

" Setelah anaknya dinaikkan ke perahu, adik saya sempat terseret arus," kata Yuyun.

Beruntung, Edi dibantu oleh pengelola jasa perahu penyeberangan lainnya. Pria itu pun bisa diselamatkan.

Dalam kondisi terguncang, Edi segera dilarikan ke Puskesmas Warugunung. Setelah diperiksa, Edi diizinkan pulang karena tidak mengalami luka apapun.

Sumber: Fajar Online.

Terkait
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting
Join Dream.co.id