Tolak Pindah, Rumah Wanita Ini Diapit Jembatan Jalan Raya Raksasa

Unik | Senin, 10 Agustus 2020 14:46
Tolak Pindah, Rumah Wanita Ini Diapit Jembatan Jalan Raya Raksasa

Reporter : Arini Saadah

Ada penampakan aneh di tengah jembatan ini.

Dream – Jalan raya di provinsi Guandong, Guangzhou, China, telah menjadi berita terhangat. Pasalnya, jembatan Haizhuyong, jalan besar yang baru dibangun itu terlihat sangat aneh.

Dikutip dari Oddity Central, di tengah jembatan tersebut tampak sebuah rumah kecil nan sederhana yang ternyata pemiliknya menolak untuk dipindah.

Dalam beberapa kasus, masyarakat China memang sering menolak kompensasi atas pembangunan proyek yang mengharuskannya pindah rumah. Penolakan semacam itu sering terjadi di kompleks perumahan baru.

Anehnya, kali ini rumah yang menolak dipindah tersebut berdiri tegak di tengah-tengah jembatan jalan raya besar empat jalur.

2 dari 6 halaman

Menolak Pindah Rumah Dekat Kamar Mayat

Ilustrasi penampakan Jembatan Baru di China© Foto: Oddity Central

Sebuah rekaman dirilis oleh media China yang menunjukkan sebuah rumah sederhana yang terjepit di antara jalur besar jalan raya di kota Guangzhou. Rumah itu tampak berada di lubang tengah jembatan empat jalur. Pemandangan itu tentu saja menjadi daya tarik masyarakat lokal.

Seorang wanita pemilik rumah bernama Liang itu mengatakan bahwa pemerintah telah gagal memberinya kompensasi berupa properti pengganti di lokasi yang ideal.

Ia mengatakan pemerintah justru menawarkan kepadanya sebuah flat yang terletak di dekat kamar mayat.

Penggantian properti itu tentu saja membuat Liang tidak terima. Hingga dia memutuskan untuk menolak dipindah karena kompensasi tidak sesuai.

3 dari 6 halaman

Tidak Peduli Pendapat Orang

Ilustrasi Liang, pemilik rumah yang menolak pindah rumah© Foto: YouTube South China Morning Post

Liang adalah satu-satunya orang dari total 47 warga pemilik rumah yang masih tinggal di sana. Sementara warga yang lain telah menerima tawaran pemerintah dan bersedia untuk pindah pada Bulan September lalu.

Liang mengatakan ia telah nyaman tinggal di tempat tinggalnya yang sekarang, dan tiak mau diusik untuk pindah karena alasan proyek pembangunan jembatan besar.

“ Orang pikir lingkungan ini buruk, padahal menurut saya lingkungan ini sangat tenang, membebaskan, nyaman dan menyenangkan,” ungkap Liang.

Ia menambahkan bahwa ia tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang sikap keras kepalanya itu.

4 dari 6 halaman

Ditawari Dua Flat dan Kompensasi Miliaran

Ilustrasi lubang aneh di tengah jembatan di kota Guangzhou, China© Foto: Oddity Central

Menurut laporan South China Morning Post, pemerintah sebenarnya mengajukan beberapa tawaran kepada Liang. Akan tetapi ia dikabarkan menolak semua tawaran tersebut.

Salah satu tawaran yang paling baik adalah pemerintah menawarkan dua flat serta kompensasi sebesar sebesar Rp2,7 Miliar.

Akan tetapi Liang meminta lebih, yaitu 4 flat dengan kompensasi sebesar Rp 4,2 Miliar. Setelah gagal mencapai kesepekatan dengan pemilik rumah, pemerintah China akhirnya tidak punya pilihan selain mengubah proyek aslinya. Proyek jembatan besar jalan raya itu akhirnya dibangun dengan melewati rumah Liang.

5 dari 6 halaman

Negosiasi Terus Berlanjut

 Ilustrasi rumah milik Liang di tengah-tengah jembatan besar© Foto: YouTube South China Morning Post

Juru bicara pemerintah akan terus melakukan upaya negosiasi dengan wanita tersebut hingga berhasil.

Selain itu, kasus aneh ini juga memicu perdebatan yang memanas di media sosial. Bahkan banyak warganet yang menyebut wanita tersebut serakah.

“ Pemilik lain telah pindah, yang menunjukkan bahwa kompensasi dapat diterima. Pemilik rumah itu pasti mengira dia bisa meminta kompensasi lebih dari pemerintah,” tulis salah satu orang.

“ Kasus ini menunjukan ia menjadi serakah dan tidak berakhir dengan apa-apa,” tulis warga yang lain.

6 dari 6 halaman

Join Dream.co.id