Tiru Cara Masak Popcorn di Yotube, 1 Tewas, 1 Luka Parah

Unik | Senin, 16 September 2019 09:36
Tiru Cara Masak Popcorn di Yotube, 1 Tewas, 1 Luka Parah

Reporter : Idho Rahaldi

Adakalanya kamu juga harus mendapat bimbingan langsung oleh ahlinya....

Dream - Saat ini belajar bisa dimanapun, kapanpun, seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu contohnya adalah lewat berbagai media sosial yang biasa kamu gunakan.

Seperti halnya YouTube. Medsos berbasis video ini menyimpan banyak ilmu pengetahuan yang bisa kamu pelajari. Mulai dari tutorial, hingga mempelajari cara membuat sesuatu.

Meski begitu, jika kamu ingin mencoba segala sesuatu yang baru dari Youtube, sebaiknya jangan langsung ditelan mentah-mentah begitu saja.

Adakalanya kamu juga harus mendapat bimbingan langsung oleh ahlinya. Apalagi yang menerapkan video itu adalah anak-anak, tanpa sepengetahuan orangtua.

Bahkan lebih parahnya bisa berakibat kematian. Seperti halnya yang dialami oleh dua gadis asal China ini: 

2 dari 6 halaman

Ada yang Meninggal Dunia

Dilansir dari Sin Chew Daily, dua gadis remaja bernama Zhe Zhe dan Xiao Yu ini mencoba untuk memasak popcorn. Mereka menggunakan alat sederhana seperti dari kaleng minuman dan api dari alkohol.

Sebelumnya, mereka telah melihat tutorialnya di youtube. Namun saat mempraktikkannya, tanpa terduga terjadi sebuah kecelakaan.

Kompor kecil yang mereka buat menggunakan alkohol tiba-tiba meledak. Hal ini pun menyebabkan api membesar dan membakar keduanya.

Xiao Yu memiliki luka bakar parah dan dibawa ke rumah sakit, sampai saat ini pun keadaannya masih dipantau. Untuk Zhe Zhe menderita 96% luka bakar di tubuhnya yang mengakibatkan ia meninggal dunia.

3 dari 6 halaman

Salahkan Youtuber

Setelah insiden ini, banyak dari netizen Tiongkok yang menyalahkan seorang channel YouTube Ono Ms Yeah Official. Sebuah channel YouTuber yang memberikan konten memasak dengan alat-alat buatan sendiri, yang dilakukan di kantor.

Melihat reaksi netizen yang menyalahkan YouTuber itu, pemilik chanel bereaksi dan memberikan klarifikasi. Pada 10 September 2019, ia merilis sebuah pesan di media sosial Weibo yang turut prihatin atas insiden.

" Saya telah berdoa berkali-kali agar keajaiban terjadi pada Zhe Zhe, tetapi Tuhan tidak menunjukkan belas kasihan. Hati saya sedih." ungkapnya

Ia juga mengatakan, yang membuat konten tentang memasak menggunakan kaleng dan api dari alkohol bukan hanya miliknya saja.

Tetapi, klaim dia, tutorial yang dilakukannya justru lebih aman. Selain itu, dia yakin kedua gadis yang mempraktikkan membuat popcorn itutidak merujuk kepada video miliknya, namun dari orang lain.

Dalam keterangan di media sosial Weibonya, pemilik channel YouTube Ono Ms Yeah Official menjelaskan, telah memberikan sebuah peringatan pada awal video. Sementara itu ia pun akan berhenti membuat videonya.

4 dari 6 halaman

8 Cara Mudah Menyelamatkan Diri dari Bahaya

Dream - Sangat penting bagi kita mengetahui bagaimana sikap dan tindakan yang harus dilakukan saat menghadapi bahaya. Setiap orang harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan jika menghadapi keadaan darurat.

Masalahnya, sesuatu yang buruk dapat terjadi jika kita tidak siap menghadapi situasi yang mengancam keselamatan. Tetapi, dengan delapan cara mudah ini, kita akan selalu bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin saja menimpa di mana saja.

5 dari 6 halaman

Kunci, Uang dan Ponsel Terisi Penuh

1. Kunci, Uang dan Ponsel Terisi Penuh

 Cara Menyelamatkan Diri

Ketiga benda itu harus selalu ada pada kita saat bepergian. Mengapa? Karena kita bisa menghubungi seseorang untuk minta bantuan atau lari dengan kendaraan jika ada bahaya yang mengejar.

Selain itu, ponsel juga bisa menyelamatkan nyawa orang lain dengan memanggil ambulans atau polisi. Karena itu jaga agar ponsel yang kita pegang baterainya selalu terisi penuh.

2. Minta Maaf Jika Menyenggol Seseorang

 Cara Menyelamatkan Diri

Bahkan jika Anda yakin tidak bersalah karena seseorang kesenggol di jalan, tetap katakan 'maaf' dan langsung pergi berjalan.

Mengapa? Karena Anda tidak tahu siapa yang Anda senggol atau tersenggol itu. Mereka bisa saja membawa senjata, sedang mabuk, atau teler.

Orang-orang yang demikian itu mudah marah dan berbahaya. Karena itu sebuah permintaan maaf yang tulus mungkin akan menyelamatkan Anda.

3. Selalu Cari Setidaknya Tiga Pintu Keluar

 Cara Menyelamatkan Diri

Ke mana pun Anda pergi, baik itu ke konser, ke stasiun kereta api, atau bahkan ke sekolah, pastikan Anda melihat setidaknya tiga pintu keluar. Usaha tersebut kemungkinan mudah, tapi juga sulit.

Yang penting, telusuri ruang dengan mata Anda untuk mencari pintu keluar darurat, Meskipun hanya satu tidak mengapa, tapi usahkan Anda menemukan tiga pintu keluar darurat.

Mengapa? Jika terjadi hal-hal buruk, akan terlambat jika masih mencari pintu keluar. Karena itu, sebelumnya usahakan mencari pintu keluar darurat dan ingat-ingat dengan baik letaknya. Sehingga Anda bisa langsung menuju pintu keluar darurat jika ada bahaya mengancam.

4. 'Bermain' Mencari Orang Jahat

 Cara Menyelamatkan Diri

Saat berada di tempat yang ramai cobalah untuk 'bermain' mencari orang jahat. Perhatikan masing-masing orang di sekitar Anda. Siapa di antara mereka yang terlihat terlalu ketakutan, marah, atau tegang.

Mengapa ini penting? Intuisi kita jarang sekali salah. Jika Anda mengira seseorang terlihat berbahaya, kemungkinan dia memang berbahaya. Jadi cobalah untuk menjauh darinya.

5. Hitung Kursi Menuju Pintu Keluar Darurat di Pesawat

 Cara Menyelamatkan Diri

Saat duduk, hitung jumlah baris tempat duduk di pesawat hingga ke pintu keluar darurat. Ingat-ingat jumlahnya. Mengapa? Jika ada asap, lampu darurat menjadi terlalu redup untuk membimbing Anda menuju pintu keluar darurat.

Tapi jika Anda tahu pasti jumlah baris tempat duduk di antara kursi Anda dan pintu keluar, Anda bisa bergerak ke arahnya dengan menghitung sandaran kepala.

6 dari 6 halaman

Memperkuat Cengkeraman dan Pergelangan Tangan

6. Memperkuat Cengkeraman dan Pergelangan Tangan

 Cara Menyelamatkan Diri

Cobalah berlatih memperkuat cengkeraman dan pergelangan tangan Anda. Mengapa? Ada banyak situasi darurat di mana Anda mungkin perlu berpegangan pada balok besi atau kayu. Cengkeraman yang kuat dan otot pergelangan tangan yang terlatih memungkinkan Anda tetap aman.

7. Angkat Kepala dan Berjalan Pelan

 Cara Menyelamatkan Diri

Secara naluriah orang-orang cenderung menurunkan kepala dan meningkatkan kecepatan berjalan saat mereka merasakan bahaya di belakang. Tapi Anda harus melakukan yang sebaliknya: angkat kepala, dan melambatkan jalan Anda.

Mengapa? Jika Anda mengikuti naluri pertama, Anda akan menjadi korban. Jadi, siapa atau apa pun yang mengancam Anda, melambatlah dan angkat kepala Anda. Setelah kepala menengok ke samping untuk melirik bahaya di belakang.

8. Menyelamatkan Diri dari Mobil Tenggelam

 Cara Menyelamatkan Diri

Untuk keluar dari mobil yang tenggelam, pertama-tama Anda melepas sabuk pengaman. Alih-alih membuka pintu, turunkan jendela ke bawah.

Jika Anda tidak bisa membuka jendela, hancurkan dengan alat khusus atau benda berat (misalnya sandaran yang dapat dilepas).

Mengapa penting? Hanya ada waktu yang sedikit untuk melarikan diri. Anda akan banyak kehilangan waktu jika mencoba membuka pintu yang tidak mau bergerak karena tekanan air.

Terkait
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id