Rebus Batu Sampai Lempar Celana Dalam, Ini 4 Ritual Pernikahan yang Masih Hidup

Unik | Kamis, 4 Maret 2021 08:33
Rebus Batu Sampai Lempar Celana Dalam, Ini 4 Ritual Pernikahan yang Masih Hidup

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Berikut beberapa tradisi dalam upacara pernikahan yang masih sering dilaksanakan oleh sebagian masyarakat.

Dream - Pernikahan merupakan suatu upacara sakral bagi tiap pasangan. Ketika keduanya sudah mengucap janji suci, tidak ada jangka waktu kontrak masa kebersamaan. Menikah adalah menghabiskan waktu seumur hidup untuk membangun biduk rumah tangga hingga ajal memisahkan.

Dalam prosesi pernikahan ternyata banyak sekali prosesi yang harus dijalankan kedua mempelai. Terkadang, bagi sebagian orang ritual tersebut tidak masuk akal namun sudah dilakukan secara turun menurun.

Dirangkum Dream.co.id dari berbagai sumber, berikut beberapa tradisi dalam upacara pernikahan yang masih sering dilaksanakan oleh sebagian masyarakat.

2 dari 5 halaman

1. Merebus Batu di Dalam Kuali

 Ilustrasi
© Shutterstock

Ritual merebus batu ini masih sering dilakukan oleh sebagian masyarakat, prosesi ini dipercaya dapat menilak hujan.

Menurut mitos yang beredar, merebus batu didalam kuali dan tidak membiarkan air sebusannya sampai kering, akan dapat menangka hujan. Sehingga, acara yang digelar akan berjalan lancar sesusai rencana.

3 dari 5 halaman

2. Melempar Celana Dalam ke Atas Genting

Sama halnya dengan merebus batu di dalam kuali, prosesi ini juga berguna untuk menolak hujan.

Menurut kepercayaan masyarakat, ritual ini bisa dilakukan sehari sebelum prosesi pernikahan. Biasanya, sang pengantin wanita akan melepar celana dalam ke atas genting rumah pengantin itu sendiri.

Setelah acara pernikahan selesai, sang pengantin wanita juga harus mengambilnya sendiri.

 

4 dari 5 halaman

3. Pengantin Wanita Dilarang Bercermin

 Ilustrasi
© Shutterstock

Jika di kota-kota besar pengantin dirias menghadap kearah cermin agar mereka bisa melihat hasil riasan wajahnya, sebagian tata rias melarang hal tersebut. Menurut kepercayaan, apabila sang pengantin wanita melihat wajahnya saat acara pernikahannya, akan memengaruhi hasil make up atau memperburuk hasilnya.

Oleh sebab itu, sebagian pengantin yang mempercayai ritual ini, tidak pernah tahu seperti apa wajah mereka sesaat setelah mendapat riasan wajah.

5 dari 5 halaman

4. Ziarah ke Makam

Ziarah kubur untuk mengingat kematian bukan hal yang dilarang.

Seminggu menjelang prosesi pernikahan dilangsungkan, bagi sebagian masyarakat yang masih mempercayai ritual ini, kedua mempelai harus diajak berkunjung kemakam-makam keluarga. Ritual ini bertujuan untuk mengenalkan pasangan ke keluarga yang telah meninggal.

Menurut kepercayaan, apabila calon pengantin tidak mengenalkan pasangan ke keluarga yang telah tiada, arwah keluarga akan mengganggu sang pengantin tersebut, baik saat prosesi pernikahan maupun setelah prosesi pernikahan selesai.

Itulah beberapa ritual yang masih dipercaya sebagian masyarakat. Bagaimana Sahabat Dream, apakah kalian percaya hal-hal tersebut?

(Sah, Sumber: Youtube @trans7official/berbagai sumber)

Join Dream.co.id