Pocong Purworejo Viral di Media Korea: `Indonesia Takut Pocong Daripada Corona`

Unik | Kamis, 2 April 2020 09:55
Pocong Purworejo Viral di Media Korea: `Indonesia Takut Pocong Daripada Corona`

Reporter : Reni Novita Sari

Hantu Pocong Indonesia Viral di Media Korea Selatan mereka sebut "Pocong Anti Corona"

Dream- Berbagai eleman masyarakat menggunakan berbagai metode untuk memastikan masyarakat tak keluyuran saat imbauan jaga jarak (social distancing) wabah virus corona Covid-19. Salah satu cara paling nyeleneh adalah menggunakan pocong untuk menakuti warga yang masih keluar rumah. 

Metode pocong ini dibuat warga Kampung Tuk Songo, Kabupaten Purworejo. Dua orang berpakaian ala pocong akan berpatroli untuk mengingatkan masyarakat akan bahaya wabah corona. 

Tak disangka cara yang dilakukan masyarakat itu menjadi sorotan media di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Netizen di negara lain jug ramai-ramai mengunggah video tersebut. 

Salah satu negara yang menjadikan video pocong sebagai pemberitaannya adalah di Korea Selatan. Sejumlah saluran TV dan media online Korea Selatan seperti SBS, MBC dan juga JTBC, ikut memberitakan dengan menyebut " pocong anti corona" tersebut.

Artikel yang dirilis di media online SBS misalnya, mereka menggunakan judul " Pencegahan Covid-19, Desa di Indonesia Sampai Dijaga Hantu Pocong" .

2 dari 4 halaman

Dibahas di Situs Berita Korea

 viral hantu pocong© Ilustrasi : twitter @foldmay

Dalam artikel tersebut, dijelaskan apa itu pocong untuk memberikan gambaran kepada masyarakat Korea Selatan yang membacanya.

" Prosedur pemakaman Islam di Indonesia  adalah dengan membungkus tubuh dari atas sampai bawah dengan selembar kain dan mengikat enam tempat dari kepala hingga kaki. Tubuh yang diikat itu disebut pocong," kutipan artikel tersebut.

Mereka menambahkan, “ Sebelum dimakamkan, petugas pemakaman harus melepas talinya dulu. Jika tidak dilepas, maka jiwa orang yang meninggal itu tak ingin meninggalkan tubuhnya yang sudah dimakamkan dan menjadi gentayangan atau jadi hantu pocong.”

“ Pocong itu dianggap bisa teleportasi dan terbang. Orang Indonesia takut dengan pocong. Jadi tampaknya dengan adanya pocong itu, orang-orang jadi takut untuk keluar,” demikian tambahan kutipan artikel tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Ditayangkan di Media Televisi

Tak hanya di media online, berita pocong itu juga banyak diberitakan di saluran TV Korea Selatan, seperti MBC, dengan judul “ Kemunculan hantu Indonesia di masa covid-19”.

Dalam tayangannya, presenter menggambarkan ilustrasi tentang video yang sedang dilaporkannya. " Ada kejadian apa ya? Hantu Pocong. Ada anak-anak lewat gang gelap, tapi disebelahnya tiba-tiba muncul sesuatu putih-putih tak ada muka, anak-anak itu buru-buru kabur gara-gara lihat itu," ungkap presenter berita MBC.

“ Untuk mencegah penyebaran virus corona, Pocong berjaga. Di tengah corona di Indonesia hantu tradisional pocong berjaga di gerbang desa dan menghalangi anak-anak untuk keluar,” imbuh presenter MBC.

Kepada masyarakat Korea Selatan saluran TV itu juga menggambarkan arti pocong, “ Pocong adalah hantu Indonesia berbentuk jasad yang dibalut kain berdasarkan pemakaman secara islam. Alasan pocong berkeliaran untuk melindungi desa adalah karena orang-orang lebih takut ada pocong daripada corona”  tambah presenter itu.

Pemberitaan itu menjadi perbincangan warganet di laman twitter. Mengetahui pemberitaan itu, banyak warganet Indonesia di laman Twitter yang cukup kaget namun tergelitik karena pocong yang merupakan hantu lokal bisa debut di Korea Selatan.

Merekapun membagikannya di laman twitter mereka dengan berbagai caption unik, seperti “ terharu pocong Indonesia masuk tipi Korea, semoga Lee Min Ho diprank juga, tulis akun twitter @Foldmay.

4 dari 4 halaman

Lihat video berita pocong penjaga kota dari orang yang berkeliaran saat wabah corona.

Join Dream.co.id