Duel Hiu Putih Vs Paus Bungkuk Sampai Mati, Siapa yang Menang?

Unik | Kamis, 16 Juli 2020 17:46
Duel Hiu Putih Vs Paus Bungkuk Sampai Mati, Siapa yang Menang?

Reporter : Ulyaeni Maulida

Duel maut itu terekam kamera video.

Dream – Ahli Biologi Kelautan, Ryan Jhonson, mengatakan bahwa seekor predator puncak, seperti hiu putih, dapat menenggelamkan paus hanya dalam 50 menit.

Sebuah pertarungan antara hiu putih dan paus bungkuk berhasil tertangkap kamera. Kejadian langka itu terjadi pertama kali di lepas pantai Afrika Selatan.

Seekor predator puncak bernama Helen, berhasil menenggelamkan paus hanya dalam waktu 50 menit. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa paus tersebut awalnya mengalami sakit akibat terjebak dalam tali pancing yang dibuang.

2 dari 3 halaman

Hiu putih tersebut berhasil melumpuhkan paus bungkuk

 Hiu Putih© Foto: National Geographic

Rekaman yang berhasil diambil oleh drone di pantai Port Elizabeth pada bulan Februari lalu mengungkapkan bagaimana Helen berhasil membuka arteri utama paus tersebut. Lalu menenggelamkannya.

Serangan tersebut terjadi ketika paus bungkuk tersebut menyerang dan Helen menggigit sisi ekornya lalu membuka luka di bagian arteri.

Helen kemudian berdiam selama 30 menit sembari melihat laut yang berubah warna menjadi merah. Lalu Helen kembali menyerang kepala paus bungkuk tersebut. Hingga akhirnya paus itu pun mati dan tenggelam.

3 dari 3 halaman

Pembunuh Paus Berpengalaman

 

 Hiu Putih© Foto: National Geographic

Ryan Jhonson yang melihat rekaman tersebut mengatakan bahwa, dia mencurigai Helen sebagai ‘pembunuh paus yang berpengalaman’

“ Tidak ada keraguan. Seolah-olah dia tahu persis bagaimana cara melakukannya. Helen berusaha menggulingkannya, menariknya kebawah sebagai upaya untuk menenggelamkannya,” ungkap Jhonson.

Helen ditandai oleh Johnson dalam penelitian tahun 2013. Dan salah satu tempat perburuannya yang biasa adalah False Bay di Cape Town. Tetapi ia menghindarinya selama dua tahun terakhir.

(Sumber: dailystar.co.uk)

Join Dream.co.id