Riuh Tweet Bentuk Kerucut Tumpeng, Kaesang Ikutan Nyeletuk Lho

Unik | Senin, 30 November 2020 18:44
Riuh Tweet Bentuk Kerucut Tumpeng, Kaesang Ikutan Nyeletuk Lho

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Apa yang diucapkan Kaesang?

Dream - Peselancar Twitter dihebohkan dengan hastag tumpeng yang mendadak menjadi trending topic. Hidangan tradisional yang biasanya berupa nasi kuning dengan beberapa menu makanan itu lain jadi pembicaraan setelah beredar potongan video ceramah Ustadz Abdul Aziz.

Dalam ceramahnya, tumpeng yang dihidangkan dalam bentuk kerudut sebagai bentuk ibadah agama tertentu. 

Sambil menunjukkan sebuah gambar tumpeng berbentuk kerucut, Ustad Abdul Aziz menjelaskan bentuk tersebut sebagai wujdu manifestasi dari konsep trimurti Hindu. 

Dari informasi yang diperolehnya,  dalam kitab ditemuka kasta terendah dalam sistem sosial di  masyarakat, sudra, cukup membikin tumpeng sebagai bentuk ibadahnya kepada para dewa..

 

Namun yang menjadi perdebatan adalah pernyatan ustad Abdul Aziz yang menyatakan jemaah yang membuat tumpeng berarti sudah berpindah keyakinan.

" Barang siapa yang sudah membikin tumpeng berarti dia sudah beragam Hindu," ujar Ustadz Abdul Aziz pada potongan video tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Ajak Hidangkan Tumpeng dengan Bentuk Lain

Didasarkan keyakinannya itu, ustaz Abdul Aziz mengajak jemaahnya untuk meninggalkan tradisi membuat tumpeng berbentuk kerucut. Meski tak melarang membuat tumpeng, namun dia menyarankan agar menghidangkannya dengan bentuk lain.

" Tidak usah bikin tumpeng, tapi Anda ratakan saja. Bisa Anda taruh di piring, bisa Anda letakkan di kotak makan," ujarnya.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Timbulkan Pro Kontra

Pernyataan yang dilontarkan Ustaz Abdul Aziz terkait orang berpindah keyakinan karena membuat tumpeng dalam bentuk kerucut menuai perdebatan netizen. Banyak tweep yang mempertanyakan pendapat ustad tersebut.

Seperti seorang netizen bernama Hafidz Alattas, dalam Twitter-nya @HafidzAlattas menuliskan keterangan, " Ini serius, Ustaz? Aduhh, saya, ibu saya, istri saya dan berapa juta orang Islam sudah jadi Hindu ini!? Islam yang mudah, dipersulit olehnya."

Cuitan ini pun viral di Twitter dan membuat banyak netizen memberikan tanggapan soal tumpeng tersebut. Banyak yang mempertanyakan soal tumpeng dengan bentuk lain seperti ketika dicetak bentuk hati hingga tokoh kartun.

4 dari 5 halaman

Keasang Ikut Komentar

Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo yang kini aktif berbisnis juga ikut menanggapi soal tumpeng. Kaesang mengunggah foto tumpeng berbentuk Hello Kitty, karakter kucing kartun yang imut.

" Kalo tumpengnya helo kiti gimana?" tanyanya pada cuitan di Twitter @kaesangp.

 

 

5 dari 5 halaman

Netizen Ikut Nimbrung

Cuitan Kaesang Pangarep ini akhirnya viral. Banyak yang menanggapinya dengan tumpeng berbentuk Barbie, Minion, Sponge Bob, hingga tumpeng dari mie goreng.

" Ini aja (tumpeng Barbie), biar setelah makan bisa main," tulis netizen.

 

" Kalo bentuknya minion sama anak pitek juga gimana?" sahut netizen lain.

" Gimana kalo ini (tumpeng dari mie goreng)?" komentar lainnya.

Join Dream.co.id