Monyet di Bali Bisa Bedakan Barang Mahal Saat Mencuri dari Turis, Disorot Dunia

Unik | Senin, 25 Januari 2021 07:45

Reporter : Sugiono

Pencurian disertai aksi minta tebusan ini sebenarnya perilaku kognitif yang unik dan hanya ada pada kera Uluwatu.

Dream - Selain destinasi wisata alam dan budayanya, Bali juga punya keunikan lainnya, yakni monyet yang dibiarkan bebas berkeliaran di dalam kuil.

Namun monyet-monyet yang ada di beberapa tempat wisata di Bali ini juga terkenal suka mencuri barang-barang milik turis lokal maupun asing.

Mereka akan mencuri kacamata, topi, tas, kamera hingga ponsel dari para turis yang lengah dan terpesona oleh tingkah lucu monyet-monyet ini.

Barang-barang tersebut akan dikembalikan jika para turis memberikan apa yang diinginkan oleh monyet-monyet itu, sebagai bentuk tebusan.

Monyet di Bali Bisa Bedakan Barang Mahal Saat Mencuri dari Turis, Disorot Dunia
Aksi Monyet Di Bali Bersama Turis Asing. (Foto: Twitter/@giewahyudi)
2 dari 5 halaman

Tingkah Monyet Bali Menarik Perhatian Ilmuwan Mancanegara

Rupanya, tingkah laku para monyet di Bali yang suka mencuri barang milik turis tersebut menarik perhatian para ilmuwan dari mancanegara.

Baru-baru ini para peneliti dari University of Lethbridge, Kanada, mengungkapkan hasil penelitian mereka tentang tingkah laku monyet di Bali.

Bekerja sama dengan Universitas Udayana, mereka mempelajari kebiasaan para monyet yang berkeliaran di Pura Uluwatu yang terletak di Badung.

3 dari 5 halaman

Lakukan Pengamatan Selama 273 Hari

Dilansir DailyStar, para peneliti menghabiskan waktu selama 273 hari demi mengamati tingkah laku monyet-monyet di Pura Uluwatu.

Selama melakukan pengamatan, tim yang dipimpin Dr Jean-Baptiste Leca dari University of Lethbridge itu telah merekam lebih dari 2.000 interaksi yang terjadi antara para turis dan monyet.

Hasilnya ternyata cukup mencengangkan. Pencurian disertai aksi minta tebusan ini sebenarnya perilaku kognitif yang unik yang hanya ada pada kera Uluwatu.

4 dari 5 halaman

Waktu Paling Lama Monyet Uluwat Kembalikan Barang

" Itu adalah proses pengambilan keputusan secara ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini mungkin budaya ekonomi yang terjaga pada hewan liar yang tinggal dalam lingkungan spesifik," ujar Jean-Baptiste Leca.

Tingkah laku tersebut dipelajari oleh monyet Bali selama masa kanak-kanak hingga berusia empat tahun, menurut para peneliti.

Menurut pengamatan, waktu terlama monyet Uluwatu mengembalikan barang yang dicuri adalah 25 menit.

Itu sudah termasuk sesi negosiasi untuk membujuk monyet jenis makaka itu mengembalikan barang, yang memakan waktu 17 menit.

5 dari 5 halaman

Ini Barang Turis yang Jadi Favorit Monyet di Bali

Menariknya, untuk barang-barang bernilai rendah, monyet Uluwatu lebih cepat mengembalikannya dengan menerima imbalan yang juga bernilai rendah.

Ponsel, dompet, dan kacamata hitam adalah di antara barang bernilai tinggi yang sering dicuri oleh monyet di Uluwatu.

" Monyet-monyet ini sudah ahli dalam mengambil barang milik turis yang lengah karena tidak mendengarkan rekomendasi petugas kuil untuk menyimpan semua barang berharga di dalam tas tertutup rapat yang diikat dengan kuat pada pundak atau pinggang mereka," tambah Leca.

Join Dream.co.id