Viral Video Curhat Bocah SD Jalani Sekolah Daring, Pemetik Gitar Bikin Salfok

Unik | Rabu, 20 Januari 2021 15:45
Viral Video Curhat Bocah SD Jalani Sekolah Daring, Pemetik Gitar Bikin Salfok

Reporter : Sugiono

"Pak presiden yang kami hormati, sampai kapan harus begini, belajar online ini," demikian salah satu lirik lagu bocah SD tersebut

Dream - Pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih melanda seluruh dunia menyebabkan berbagai penyesuaian kebiasaan masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya yang sangat dirasakan adalah para pelajar yang harus menjalani sekolah dari rumah.

Akibat pandemi Covid-19 yang tidak berkesudahan, anak-anak terpaksa menjalani proses belajar mengajar dari rumah dengan fasilitas Internet.

Sebagian besar menilai proses belajar mengajar melalui Internet atau daring ini tidak efisien dan efektif karena berbagai hal.

Keprihatinan tentang proses belajar mengajar secara online itu mendapat perhatian dua siswi dalam video yang viral berikut ini.

2 dari 5 halaman

Bocah SD Nyanyi 'Sampai Kapan', Netizen Malah Salfok ke Tangan Gitarisnya

Sebuah video yang dibagikan akun Instagram @manaberita memperlihatkan dua siswi Sekolah Dasar (SD) menyanyi untuk menyuarakan keprihatinan mereka.

Mereka menyanyikan lirik lagu yang berisi suara hati selama proses belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung hilang.

Dalam video, tampak dua siswi tersebut memakai seragam SD. Siswi di depan bernyanyi sementara yang di belakang memainkan gitar.

" Suara Hati Pelajar SD; 'Sampai Kapan..'," tulis pengunggah dalam keterangan video tersebut.

3 dari 5 halaman

Kritik Soal Belajar Daring Lewat Lagu

Melalui lirik lagu, siswi tersebut bertanya kepada Presiden Jokowi tentang sekolah online yang sampai saat ini terpaksa dijalani.

" Pak presiden yang kami hormati, sampai kapan harus begini, belajar online ini," ucap siswi menyanyikan lirik lagu tersebut.

Tidak itu saja, bocah berhijab itu juga menyinggung soal besarnya modal yang harus disediakan untuk mengikuti kelas daring.

" Handphone kami harus beli," lanjut siswi tersebut. Lirik lagu itu juga menyebut soal bantuan yang dijanjikan pemerintah.

4 dari 5 halaman

Berbagai Reaksi Netizen

Video berdurasi 3 menit 46 detik itu pun menjadi viral, dan mengundang berbagai reaksi dari netizen.

Kebanyakan netizen menganggap lirik lagu yang dinyanyikan bocah berhijab itu menyuarakan keluh kesah mereka selama ini.

Namun ada juga yang menyayangkan anak-anak ini menyanyikan lirik lagu yang cenderung menyalahkan pemerintah soal pandemi Covid-19. 

Padahal pemerintah sudah melakukan berbagai langkah agar penyebaran Covid-19 tidak meluas. Salah satunya meniadakan tatap muka di kelas.

5 dari 5 halaman

Malah Fokus pada Bocah yang Main Gitar

Ada juga yang malah salah fokus dengan siswi yang memainkan gitar. Menurut mereka, tangan gitaris cilik itu tidak sesuai dengan musik yang dimainkannya.

" Gitar nya ga sinkron kunci sama suara nya."

" Mewakili suara hati anak2 Indonesia."

" Presiden pun tak tau dek kpan berakhir..semua gk tau ...brdoa aja rajin belajar yah ..btw mukanya lucu bngett."

" Amazing buat gitaris nya bs ciptaiin chord sendiri."

" Kunci gitarnya 1 tapi suaranya banyak."

" Keren kunci gitarnya de.. yang penting mah tetep pede aja dulu, belajar belakangan."

(Sumber: Instagram @manaberita)

Join Dream.co.id