Kisah Pilu ODGJ Cantik, Terlantar Usai Ditinggal Orangtua dan Suami

Unik | Senin, 18 Oktober 2021 08:36

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Wanita itu mengalami gangguan jiwa setelah kedua orang tuanya meninggal dunia dan ditinggal oleh sang suami.

Dream - Kisah pilu datang dari ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) cantik yang tinggal sendirian di rumahnya. Keberadaannya terungkap melalui unggahan kanal YouTube Pratiwi Noviyanthi.

Dalam video tersebut, sang pemilik akun mengunjungi kediaman wanita ODGJ yang bernama Warningsih di Indramayu, Jawa Barat. Disebutkan jika wanita itu mengalami gangguan jiwa setelah kedua orang tuanya meninggal dunia dan ditinggal oleh sang suami.

" Jadi katanya mba ini depresi karena orang tuanya meninggal dan ditinggal suaminya ya," kata Pratiwi, sang pemilik video.

Kisah Pilu ODGJ Cantik, Terlantar Usai Ditinggal Orangtua dan Suami
Warningsih (Foto: YouTube)
2 dari 5 halaman

Masih Memiliki Keluarga

 ODGJ© YouTube

Saat mengunjungi kediamannya, terlihat kondisi rumah Warningsih begitu berantakan dan dipenuhi sampah serta barang tak terpakai. Mirisnya, rumahnya itu ternyata tak memiliki saluran listrik dan air.

" Aku bingung orang-orang seperti ini (ODGJ) sebenernya punya keluarga, tapi aku gatau kenapa keluarganya tidak turut serta dan tidak peduli ya," ungkap Pratiwi.

 

3 dari 5 halaman

Bantu Bersihkan Diri

 Bersihkan diri© YouTube

Lantaran sudah lama hidup sendiri, Pratiwi pun berusaha membujuk Warningsih agar mau dibantu membersihkan diri.

" Ini harus kita botakin karena udah enggak bisa disisir, gimbalnya udah sampai akar. Kalau tadi bisa diselamatkan pasti aku selamatkan," kata Pratiwi.

Usai memotong rambut, Pratiwi pun membawa Warningsih ke masjid terdekat untuk menyuruhnya mandi dan berganti pakaian yang layak.

" Ini ibunya masih bisa mandi sendiri, karena dia sebenernya cuma depresi tapi bukan akut," kata Pratiwi.

4 dari 5 halaman

Rumah Tinggal Sudah Dijual

Ketika Pratiwi berkeliling, ia menemui seorang warga yang bercerita tentang kehidupang Warningsih. Dulunya, wanita cantik itu sempat akan dibawah kakaknya untuk pindah namun dirinya menolak.

" Tadinya mau dipindah dibawa sama kakaknya, tapi dia (Warningsih) enggak mau," ungkap tetangga.

Tak hanya itu, ternyata rumah yang ditempati Warningsing ternyata sudah dijual oleh kakaknya. Semenjak itu, sang kakak dan adiknya tak pernah lagi mengunjunginya.

Pemilik video akhirnya membawa Warningsih untuk berobat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di daerah Bogor, Jawa Barat.

" Ini kita berobatin ke rumah sakit jiwa, kita minta nomor telepon kakaknya. Biar kita tahu habis dari rumah sakit jiwa mau dikemanain. Soalnya itu (rumah) nya kan gak layak ya kasian," kata Pratiwi.

 

5 dari 5 halaman

Berikut Videonya

Join Dream.co.id