Terungkap Alasan Joker Masuk ke Dalam Kulkas dan Mengunci dari Dalam

Unik | Rabu, 13 November 2019 10:30
Terungkap Alasan Joker Masuk ke Dalam Kulkas dan Mengunci dari Dalam

Reporter : Sugiono

Salah satu adegan yang cukup aneh bagi penonton adalah ketika Arthur masuk ke dalam kulkas dan mengunci dirinya dari dalam.

Dream - Sudah menyaksikan film Joker? Bagaimana pendapat Sahabat Dream tentang musuh bebuyutan Batman itu?

Film Joker mengangkat kehidupan tokoh penjahat paling fenomenal di dunia superhero, terutama dari komik DC.

Namun penonton tidak akan menemukan aksi kejar-kejaran atau baku hantam seperti pada film-film Batman sebelumnya.

Cerita di film ini khusus membahas drama kehidupan suram Arthur Fleck, yang pada akhirnya menjadi Joker seperti yang kita kenal.

Nah, salah satu adegan yang cukup aneh bagi penonton adalah ketika Arthur masuk ke dalam kulkas dan menguncinya dari dalam.

Yang jadi pertanyaan adalah mengapa Arthur Fleck alias Joker sampai harus masuk ke dalam kulkas? Temukan jawabannya dengan membaca terus artikel ini.

2 dari 6 halaman

Menemukan Surat Cinta Sang Ibu

Titik balik penting dalam kehidupan Joker adalah ketika dia mengetahui hubungannya dengan calon walikota Gotham, Thomas Wayne. Yang kemudian dikenal sebagai ayah dari Bruce Wayne alias Batman.

Ketika menonton televisi bersama Arthur, ibunya, Penny, bersikeras bahwa Thomas Wayne akan memberi mereka kehidupan yang layak.

Obsesi Arthur untuk bertemu semakin besar setelah dia menemukan beberapa surat yang dikirimkan Penny kepada Thomas. Dalam suratnya Penny menyebut Arthur sebagai 'putramu'.

Sepanjang hidupnya, Arthur tidak pernah tahu identitas ayahnya. Dan sekarang Arthur tahu bahwa dia adalah sosok paling kaya dan berpengaruh di Gotham.

3 dari 6 halaman

Mendapat Penolakan dari 'Ayah'

Sayangnya, pertemuan Arthur dan Thomas selalu menemui kegagalan. Puncaknya ketika 'ayahnya' itu menyaksikan pertunjukkan bersama Martha Wayne, istrinya.

Arthur mengikuti Thomas ke kamar mandi dan mengungkapkan tentang hubungan mereka. Mengharapkan tanggapan yang lebih positif dan ramah, Arthur malah diejek oleh Thomas.

Thomas memberitahu bahwa ibunya tukang mengkhayal dan mengarang cerita soal perselingkuhan dengannya.

Pertemuan itu berakhir dengan pemukulan terhadap Arthur ketika Thomas keluar dari kamar mandi dengan perasaan jijik.

4 dari 6 halaman

Adegan Masuk ke Dalam Kulkas

Setelah mendapat penolakan dan ejekan dari Thomas, Arthur pulang ke apartemennya yang selalu terlihat suram.

      View this post on Instagram

A post shared by Joker Movie (@jokermovie) on

Dia kemudian mengeluarkan semua makanan dari dalam kulkas. Setelah itu, dia masuk ke dalam dan menguncinya dari dalam.

Adegan tersebut mungkin tampak seperti adegan biasa yang tidak ada artinya. Tapi itu sebenarnya adalah titik terendah dalam diri Arthur sebelum akhirnya benar-benar menjadi gila.

Dengan semua cemoohan di panggung komedi dan penolakan dari masyarakat, pengabaian Thomas membuat Arthur ingin menyerah sama sekali dengan kehidupannya.

5 dari 6 halaman

Mengucilkan Diri atau Bunuh Diri?

Arthur mengisolasi dirinya di dalam kulkas menimbulkan persepsi beragam. Implikasi yang paling halus adalah bahwa Arthur hanya ingin mengucilkan dirinya dari dunia yang terus menolaknya.

Bersembunyi di ruang kecil dan terbatas bisa menghibur bagi Arthur, dibandingkan dikelilingi oleh dunia yang penuh dengan orang yang terus mengejeknya.

Sementara implikasi yang lebih kasar adalah bahwa Arthur sebenarnya bermaksud bunuh diri dengan cara mati lemas atau hipotermia.

Dengan segala penolakan yang dihadapinya, antara kehilangan pekerjaan dan Thomas Wayne yang terus mengolok-oloknya, Arthur mungkin siap mengakhiri hidupnya.

6 dari 6 halaman

Tidak Ada di Dalam Naskah Cerita

Adegan Arthur masuk ke dalam kulkas sebenarnya tidak ada dalam naskah cerita Joker. Tetapi itu adalah hasil improvisasi pemeran Joker, Joaquin Phoenix, sendiri.

Berbicara kepada CinemaBlend, sinematografer Lawrence Sher menjelaskan bahwa adegan-adegan tertentu dalam film Joker 'tidak direncanakan sama sekali'.

Beberapa di antaranya adalah eksperimen yang dilakukan oleh Joaquin Phoenix, seperti adegan Arthur masuk ke dalam kulkas tersebut.

(Sumber: Screenrant.com)

Terkait
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id