Heboh Virus Corona, Kurir Toko Online Ludahi Paket Sebelum Serahkan ke Pelanggan

Unik | Rabu, 1 April 2020 09:55
Heboh Virus Corona, Kurir Toko Online Ludahi Paket Sebelum Serahkan ke Pelanggan

Reporter : Sugiono

Aksi menjijikkan di tengah wabah Covid-19 itu mengundang kemarahan netizen.

Dream - Beberapa hari terakhir ini, hampir semua negara yang terdampak wabah Covid-19 membuat kampanye besar-besaran untuk memerangi penyebaran virus corona baru penyebab penyakit tersebut.

Selain dianjurkan untuk selalu mencuci tangan, warga masyarakat disarankan untuk berdiam diri di rumah sebagai bagian dari sosial distancing.

Anjuran berdiam di rumah ini membuat warga beralih ke aplikasi toko online untuk memenuhi sebagian kebutuhan sehari-hari.

Namun, meski membeli barang lewat jasa kurir ini sangat memudahkan mereka yang berdiam di rumah, tapi tidak menjamin kebersihan kemasan yang dipakai untuk membungkusnya.

2 dari 9 halaman

Kurir Oleskan Ludah Pada Paket

Seperti yang terjadi dalam sebuah video menjijikkan yang diposting akun Twitter @MaryamHenein ini.

Dilansir Lobak Merah, video itu memperlihatkan aksi kurir toko online Amazon mengantarkan barang ke seorang pelanggan di Amerika Serikat.

Dalam video yang direkam melalui CCTV tampak kurir Amazon itu mengoleskan ludahnya pada paket yang dia antar ke sebuah rumah di Los Angeles.

3 dari 9 halaman

Mengundang Kemarahan Netizen

Melalui postingan tersebut, MaryamHenein menulis kritikan terhadap Amazon terkait aksi tak terpuji salah satu karyawannya. Tidak itu saja, dia juga meminta Amazon untuk memecat kurir tersebut.

" Lihat! Rekaman dari seorang kurir Amazon di Los Angeles meludah pada paket (yang dibawanya).

" Kepada Amazon kenapa karyawan Anda meludahi paket yang diantar ke rumah kami? Mohon pecat orang ini secepatnya! Kepada siapa orang ini bekerja? Dia kemudian mengonfirmasi pengiriman dengan ponselnya," tulis akun MaryamHenein.

Rekaman CCTV yang diunggah di Twitter itu kemudian menjadi viral di media sosial dan membuat netizen marah.

Mereka marah karena kurir Amazon itu melakukan perbuatannya di tengah wabah Covid-19 yang terus meningkat di AS.

4 dari 9 halaman

Tanggapan Amazon

Sementara itu, Amazon telah membenarkan melalui portal berita The Independent bahwa kurir tersebut telah dipecat.

" Tindakan ini jelas-jelas tidak mewakili pengemudi dan kurir Amazon, ini bukan etika yang seharusnya diperlakukan terhadap pelanggan di seluruh dunia," ujar seorang jurubicara Amazon.

Karena itu, bagi Sahabat Dream yang membeli barang melalui toko online, hendaknya melakukan langkah-langkah untuk mencegah penularan Covid-19. Seperti tips belanja berikut ini.

5 dari 9 halaman

Tips Pesan Makanan Via Ojol Agar Tidak Kena Virus Corona

Dream - Dengan makin merebaknya wabah Covid-19, pemerintah Indonesia melakukan berbagai langkah untuk mencegahnya penyebarannya.

Salah satunya mengimbau warga masyarakat untuk melakukan sosial distancing atau menjaga jarak dalam bersosialisasi.

Nah, salah satu bentuk social distancing ini adalah berdiam diri di rumah dan tidak bepergian jika tidak punya kebutuhan mendesak.

Dengan begitu banyaknya warga yang tinggal di rumah di tengah wabah Covid-19, membuat jasa pemesanan atau pengantaran makanan jadi pilihan yang menarik.

Apalagi pemesanan dan pengantaran makanan makin dipermudah dengan adanya aplikasi ojek online.

Tapi tahukah kamu bagaimana cara memesan makanan yang benar menggunakan jasa ojek online agar tidak tertular virus corona?

Dilansir ABC News, inilah tips pesan makanan menggunakan jasa ojek online tanpa takut tertular virus Covid-19.

6 dari 9 halaman

Tinggalkan Makanan di Pagar

Spesialis penyakit menular, Dr Simone Wide, menyarankan untuk tidak melakukan kontak dekat apalagi kontak langsung dengan driver pengantar makanan.

 Heboh Driver Ojol Mirip Chef Renatta, Netizen Jadi Ingin Kenalan© MEN

" Caranya dengan meminta driver untuk meninggalkan paket makanan di depan pintu tanpa harus berbicara secara langsung dengan mereka. Setelah driver pergi, baru pemesan keluar untuk mengambil paket makanan yang dipesannya," kata Dr Simone.

7 dari 9 halaman

Ganti Wadah dan Cuci Tangan

Begitu sampai di dapur segera ganti wadah makanannya. Hal ini untuk mencegah risiko tertular virus corona yang kemungkinan menempel pada wadah paket makanan tersebut.

 5 Kesalahan Fatal Saat Mencuci Tangan© MEN

" Keluarkan makanan dari wadah (dan pindahkan ke piring atau tempat lainnya dari rumah). Setelah itu buang wadah ke tempat sampah, kemudian cuci tangan sampai bersih dengan sabun," katanya.

8 dari 9 halaman

Virus Corona Bisa Menempel di Permukaan Benda

Sementara itu, National Institutes of Health di Amerika Serikat mengatakan virus corona yang menyebabkan Covid-19 bisa hidup di permukaan wadah terbuat dari kertas karton selama 24 jam.

 Ilustrasi wabah virus corona© Ilustrasi wabah virus corona (Foto: Shutterstock)

Sementara di atas permukaan yang terbuat dari plastik, virus corona bisa bertahan selama 72 jam.

9 dari 9 halaman

Virus Corona Tidak Menular Melalui Makanan

Jadi, membuang wadah paket makanan dan mencuci tangan adalah langkah penting untuk menjaga diri dan keluarga, dari risiko tertular virus corona saat memesan makanan menggunakan jasa driver ojek online.

 Ilustrasi wabah virus corona© Dream

Meski hingga saat ini belum ada bukti yang mendukung bahwa Covid-19 atau virus Corona dapat menular melalui makanan.

Namun tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dengan menjaga kebersihan dan melakukan sosial distancing untuk menjauhkan virus corona dari keluarga di rumah.

Join Dream.co.id