Video Bocah Pemulung Meninggal Karena Kelaparan Hoaks, Ini Fakta Sebenarnya

Unik | Senin, 19 Agustus 2019 15:48
Video Bocah Pemulung Meninggal Karena Kelaparan Hoaks, Ini Fakta Sebenarnya

Reporter : Idho Rahaldi

Bocah yang mengenakan baju berwarna merah itu terduduk dengan menaruh kepalanya di dengan sambil memegang karung.

Dream - Belum lama ini media sosial twitter dihebohkan dengan video yang memperlihatkan bocah pemulung tengah terduduk di pinggir jalan.

Video itu viral beredar di platform twitter dan facebook karena netizen aktif menyebar ulang unggahan yang beredar sejak Minggu, 18 Agustus 2019. 

Dalam caption postingan akun-akun itu disebutkan jika bocah yang duduk dengan kepala bertumpu pada dua kaki itu ditemukan warga pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

Berulang kali dibangunkan namun tak kunjung merespon, bocah yang tetap memegang karung putih itu disebutkan meninggal dunia karena kelaparan.

 Viral

Sebelumnya beberapa warga mencoba membangunkan bocah laki-laki tersebut dengan cara digoyang-goyangkan. Tetapi bocah itu terlihat tak kunjung memberikan respons.

2 dari 7 halaman

Hoaks

Namun informasi yang beredar tersebut ternyata berisi berita hoaks. Bocah yang tertidur tersebut ternyata tidak meninggal dunia.

Fakta tersebut diungkapkan pemilik akun facebook Andik Agus Mardiko. Dalam postingannya ia menyebut jika bocah yang diketahui bernama Angga itu hanya tertidur.

Angga ditemukan tertidur di Jalan Pitara, Beji, Depok, Jawa Barat.

Saat itu, Angga hanya tertidur karena kelelahan saat mencari barang bekas.

 Bocah Pemulung

" Info dari Sam Adi Hermanto , Namanya Angga dia anak yatim seorang pemulung, ibunya juga pemulung,dia tidak meninggal tapi tertidur karena kecapekan, lokasi saat itu Angga kecapekan saat mencari barang bekas (pemulung) dan tertidur di Jl Pitara, Beji, Depok, Jawa Barat. Tolong jangan bikin berita atau menyebarkan berita hoax bisa di pidanakan,hati hati," ungkap pemilik akun Andik Agus Mardiko.

3 dari 7 halaman

Berjuang Bertahan Hidup

Fakta tersebut diperkuat dengan unggahan yang dibuat pemilik akun Instagram @komunitasindonesiamemberi. Angga yang disebutkan meninggal tampil dalam video yang terlanjur viral tersebut.

Akun itu mengunggah video singkat pertemuannya dengan Angga. Pada video tersebut, Angga yang pakai kaus merah terlihat segar dan sehat.

Caption postingan itu juga mengungkapkan kalau bocah ini sangat bekerja keras untuk berjuang bertahan hidup.

Angga diketahui telah telah meninggalkan rumah sejak bulan puasa. Sosok Angga dibenarkan oleh keluarg yang melihat video viral tersebut.

" Mereka (keluarga,red) sangat kaget dengan video yg viral tersebut yg mengatakan angga sudah meninggal," ujarnya.

Komunitas tersebut bersama orang tua Angga selanjutnya berusaha mencari tahu keberadaan angga. " Alhamdulillah akhirnya semalam angga bisa ditemukan dalam keadaan sehat wal afiat, di sekitaran Bojong Sari, Depok. dan saat ini angga sudah kembali bersama keluarga nya," ujar akun tersebut. 

Pemilik akun ini juga mengajak masyarakat yang ingin berdonasi membantu meringankan beban Angga dan keluarganya agar bisa kembali bersekolah. 

4 dari 7 halaman

Ini Videonya

      View this post on Instagram

ANGGA SEHAT, BELUM MENINGGAL 😭 . Kemarin video yang entah dari mana awalnya menyatakan bahwa ada anak kecil, seorang pemulung yang meninggal dunia karena kelaparan dan kedinginan. dan kami pun berusaha mencari tau kebenarannya. . Kami cari cari info di FB, IG dan Twitter dan alhasil kami pun menemukan titik terang dimana lokasi anak tersebut saat di videokan, yaitu di sekitaran Beji, Depok, Jawa barat. dan tidak selang berapa lama, kami pun semakin banyak mendapat titik terang saat mencari tau keberadaan anak yang ada di dalam video tersebut. . Akhirnya anak yg ada di video tersebut bisa disimpulkan adalah Angga, Anak kecil yg berjuang untuk tetap bertahan hidup dengan memulung rongsokan, seorang yatim dan seorang anak yg dimana sudah di tempa oleh kerasnya keadaan hidup. . Angga di kabarkan pergi dari rumah sejak bulan puasa sampai saat video itu viral, dan pihak keluarga juga membenarkan bahwa video itu adalah angga, dan mereka sangat kaget dengan video yg viral tersebut yg mengatakan angga sudah meninggal. . Kami berserta keluarga angga berusaha mencari tau dimana keberadaan angga, dibantu oleh tim dan keluarga alhamdulillah akhirnya semalam angga bisa ditemukan dalam keadaan sehat wal afiat, di sekitaran Bojong Sari, Depok. dan saat ini angga sudah kembali bersama keluarga nya. . Angga adalah korban HOAX yang disebarkan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab. 😭 . Langkah selanjutnya adalah, kami mengajak sahabat untuk sama sama membantu meringankan beban hidup angga, agar angga bisa kembali semangat bersekolah dan bermain seperti layaknya anak anak seumuran angga. kita berikan HAK angga untuk dapat merasakan nikmatnya kehidupan angga di masa kanak kanaknya. . Kami membuka donasi untuk angga sampai kamis dan kami akan serahkan di hari jumatnya. . Untuk sahabat yang ingin membantu Angga bisa langsung DM mimin @komunitasindonesiamemberi atau WA 085333677355 🙏 . #BantuAngga #Depok . @sayaphati @prillylatuconsina96 @green.rose1411 @uncle_teebob @bensurvive.mop @ketimbang.ngemis @cakbudi_official @sunnahreminders.id @respek_peduli @depok_update @infodepok_id @infodepok_id @exploredepok @depok24jamkomunitas @depokterkini @istore_depok @radardepok

A post shared by KOMUNITAS INDONESIA MEMBERI (@komunitasindonesiamemberi) on

5 dari 7 halaman

Komentar Netizen

Kisah sosok bocah bernama Angga ini tentu mendapat simpati dari warganet. Banyak yang geram kepada pelaku penyebar video hoaks. Tak sedikit juga yang bersimpati dengan kisah hidup Angga.

" Allhamdullilah ga meninggal, ganteng gtu anak nya lg," ujar akun @vnica12.

" Alhamdullillah. semoga kejadian kemarin membawa hikmah buat masa depan adek ini. Amin," kata akun @yunitadewiaphsari.

" Alhamdulilah itu yg nyebarin hoax knp gak di cari dan dilaporkan biar bisa di ciduk min," ungkap akun @hengky_ghosasi.

6 dari 7 halaman

Dulu Bocah Pemulung, Kini Jadi Mahasiswi Cantik Kampus Ternama

Dream - Akhir Mei lalu jadi momen penuh bangga bagi Sophy Ron. Gadis asal Kamboja ini merayakan kebahagiaan diterima menjadi mahasiswi di University of Melbourne, Australia.

Tidak ada yang menyangka gadis lulusan Trinity College ini dulunya adalah bocah pemulung. Sophy bahkan hampir kehilangan mimpi bisa menempuh pendidikan.

Dikutip dari World of Buzz, Senin 17 Juni 2019, Sophy melewatkan masa kecilnya di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kota Phnom Penh. Dia bekerja sebagai pemulung sejak kecil hingga berusia 11 tahun.

 Sophy Ron

Waktunya habis untuk memungut sampah. Dia hampir tidak punya kesempatan merasakan bangku sekolah.

 

 

7 dari 7 halaman

Membanggakan

1 dari 2 halaman

Membanggakan

 

Berkat Cambodian Children's Fund (CCF), Sophy akhirnya bisa tersenyum bangga. Dia akhirnya bisa mewujudkan mimpi untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya lewat beasiswa dari lembaga donor tersebut.

Dulu, Sophy menghabiskan tujuh hari sepekan untuk duduk dan memilah-pilah sampah. Dia pun terpaksa menghirup asap beracun demi membantu kedua orangtuanya mengumpulkan uang untuk kebutuhan hidup.

Gadis ini dan keluarganya harus bertahan dengan hidup yang keras. Tidak jarang mereka makan makanan sisa yang didapat dari tumpukan sampah.

 Sophy Ron

 

w

Terkait
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id