Viral Ajakan Serbu Nyi Roro Kidul ke Parangtritis

Unik | Jumat, 19 Juli 2019 16:33
Viral Ajakan Serbu Nyi Roro Kidul ke Parangtritis

Reporter : Idho Rahaldi

Sosial media sedang viral ajakan untuk menyerbu sosok mitos Nyi Roro Kidul di Pantai Parangtritis, Jawa Barat.

Dream - Belakangan media sosial facebook diramaikan dengan status ajakan untuk menyerbu Pantai Parangtritis.

Ajakan ini berkaitan dengan kehebohan yang beberapa waktu lalu terjadi di Amerika Serikat, dimana jutaan orang dikabarkan bakal menyerbu Area 51 yang diduga menjadi markas alien.

Nah, ajakan itu pun terjadi di Indonesia. Tetapi ajakan menyerbu Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apa tujuannya? Untuk menantang Nyi Roro Kidul, sosok mitos di laut selatan. Para peserta yang diajak diminta mengenakan baju hijau. Warna yang disebut-sebut pantangan dipakai di laut selatan. 

Keyakinan warga setempat menyebut baju berwarna hijau di Pantai Parangtritis memang terlarang. Hal itu lantaran baju hijau dinilai sebagai menantang Nyi Roro Kidul.

2 dari 6 halaman

Tak Jauh Berbeda

Rencana penyerbuan ke 2 tempat terlarang itu baik di Amerika maupun di Indonesia tak jauh berbeda.

Di Negeri Paman Sam, jutaan orang dijadwalkan menyerbu Area 51 pada 20 September 2019.

 Are

(Photo by Oliver Pacas on Unsplash)

Sedangkan serbuan menantang Nyi Roro Kidul dijadwalkan pada Minggu 22 September 2019 nanti. 

 Nyi Roro Kidul

(Foto: liputan6.com)

3 dari 6 halaman

Banyak yang Tertarik

Ajakan menyerbu Pantai Parangtritis berawal dari postingan Alfi Syahr yang kini viral di media sosial.

" Arena Area 51 terlalu jauh, kita pilih spot lain yang sama menantangnya. Kita sebut saja Area +62. Katanya kalau pakai baju hijau ke pantai parangtritis nanti bisa ilang sama Nyi Roro Kidul. Kalau ada ribuan orang nyerbu masa iya ilang masal," tulis rincian agenda tersebut.

Menurut halaman agenda di Facebook, sekitar 3,6 ribu mengonfirmasi akan hadir menyerbu dan menantang Nyi Roro Kidul dan 9,7 ribu tertarik untuk mengikuti agenda tersebut. 

Belum diketahui apakah acara serbuan ke Pantai Parangtritis ini betulan atau tidak.

Namun dalam postingannya, Alfi menuliskan dengan kata-kata bernada candaan. “ Bantu ramaikan wkwk. Klik eventnya terus klik " Hadiri"

4 dari 6 halaman

7 Hotel Angker dengan Kisah Mistis di Indonesia

Dream - Sejumlah hotel di Indonesia memiliki sejarah dan masanya sendiri. Bahkan beberapa di antaranya sudah memiliki usia yang sangat tua.

Berbagai cerita horor seringkali dibagikan kembali oleh sejumlah tamu yang pernah menginap di sana. Meski tak semua cerita terbukti kebenarannya, hotel-hotel 'berhantu' ini justru menarik para traveler penyuka tantangan.

Berikut 7 hotel horor di Indonesia yang memiliki cerita paling mengerikan, seperti dikutip dari Traveloka.com,

5 dari 6 halaman

Kisah Mistis

1. Inna Grand Bali Beach

Berdiri di tahun 1966, hotel bintang 4 ini terletak di Pantai Sanur. Bagi pengunjung yang ingin menginap di hotel dengan akses pantai dan harga terjankau, hotel Inna Grand Bali Beach memenuhi kriteria tersebut. Harga kamar per malam dimulai dari Rp600.000. Hotel ini juga sering mendapatkan ulasan bagus dari tamu-tamu sebelumnya.

Misteri hotel ini terdapat pada kamar nomor 327 dan 2401. Kedua kamar tersebut khusus tidak disewakan untuk pengunjung hotel karena kamar 327 adalah kamar yang selalu ditempati Bung Karno saat beliau berkunjung ke Bali, sedangkan kamar 2401 kabarnya adalah kamar yang dipersiapkan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Ketika terjadi kebakaran pada tahun 1993, hanya kamar 327 yang tidak terbakar.

2. Hotel Tugu Malang

 Hotel Tugu Malang

(Foto: Instagram @la_verdulo)

Hotel Tugu dinobatkan majalah L’Officiel Voyage sebagai salah satu hotel terindah di dunia. Terletak di pusat Kota Malang, hotel Tugu menyuguhkan interior Tiongkok dipadu dengan Jawa. Harga hotel bintang lima ini berkisar dari Rp1,300 juta per malam.

Yang menarik dari hotel Tugu adalah foto seorang wanita berambut panjang berdiri membelakangi cermin yang dipajang The Sugar Baron Room. Wanita di foto tersebut adalah Oei Hui Lan, putri dari Oei Tiong Ham, pria terkaya di Asia Tenggara di abad ke-19. Banyak yang merasa foto tersebut memberikan aura menyeramkan dan mengaku mereka didatangi oleh wanita di foto di dalam mimpi. Selain itu, banyak foto-foto lain yang memberikan hawa mistis. Ada pula yang mengatakan bahwa lantai 2 Hotel Tugu terasa berat dan sesak.

Namun pengelola Hotel Tugu Malang memastikan jika anggapan masyarakat tersebut tentang adanya hal mistis tidak pernah terjadi.

Marketing dan Communication Manager Hotel Tugu Malang, Pratiwi Sasotya menegaskan foto yang disebut mengundang aura mistis sudah lama tidak terpasang. " Serta tidak mengandung unsur mistis apapun," ujar Pratiwi memastikan. 

3. Inna Garuda

Hotel Inna Garuda sudah berdiri sejak tahun 1908 dengan nama Grand Hotel de Djogja atau Hotel Yogyakarta. Hotel Inna Garuda yang letaknya di pusat kota sangat strategis bagi yang hobi berbelanja atau berkunjung ke Keraton. Hotel Inna Garuda sudah menjadi bagian dari sejarah kota pelajar. Hotel yang sudah berdiri lebih dari satu abad ini tentunya memiliki cerita mistis. Namun, hal mistis dari hotel ini hanya terbatas pada dua kamar yang sering dihindari. Menurut pengakuan pengunjung yang pernah bermalam di kamar nomor 911 dan 912, pintu kamar sering terbuka dengan sendirinya pada dini hari. Suara-suara aneh juga sering terdengar dari dua kamar tersebut, bahkan beberapa menyatakan pernah melihat kursi bergoyang sendiri. Meski begitu, hotel Inna Garuda tetap menjadi favorit pengunjung.

6 dari 6 halaman

Suara Tangisan dan Jeritan Minta Tolong

4. Inna Samudra Beach

 Inna Samudra Beach

(Foto: Traveloka.com)

Hotel Inna Samudra Beach adalah hotel terbesar di Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Letaknya persis di Pantai Pelabuhan Ratu. Pengunjung hotel bisa menikmati pemandangan lautan dari kolam renang hotel.

Cerita hotel Inna Samudra Beach tentunya sudah sering muncul di media massa. Kamar 308 yang legendaris adalah kamar yang disediakan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Foto dewi lautan Samudra Hindia itupun menghiasi kamar 308 lengkap dengan sesajen. Seluruh kamar 308 didekor dengan warna hijau dari dinding, karpet, bantal, kasur, dan pernak-pernik lainnya. Tidak sedikit yang berkunjung ke kamar tersebut karena rasa penasaran. Pengunjung cukup membayar Rp35.000 kepada pengelola hotel untuk masuk ke kamar tersebut.

5. Grand Aquila Hotel

Grand Aquila Hotel merupakan salah satu hotel mewah di Bandung. Hotel yang terkenal akan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan juga sering dikenal kisah mistisnya. Bahkan, makhluk halus di hotel ini terkenal berani. Dari ketukan pintu di tengah malam, keran air terbuka sendiri sampai suara aneh di jendela, kejadian-kejadian aneh yang dialami pengunjung sangat beragam. Kabarnya, makhluk halus di hotel Grand Aquila sering melintas melewati lorong hotel. Terlepas dari itu, hotel ini tetap menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati kemewahan hotel. Interior lobi yang megah dengan tangga melingkar bisa menjadi latar belakang foto yang bagus.

6. Hotel Majapahit

 Hotel Majapahit

(Foto: Instagram @debuoshou)

Berlokasi di Surabaya, Hotel Majapahit pernah menjadi saksi atas aksi heroik para pejuang kemerdekaan yang sering tercatat di buku-buku sejarah. Para pejuang memanjat tiang bendera dan merobek warna biru dari bendera Belanda. Selang beberapa dekade, hotel bergaya Belanda itu pun bertahan dan dirawat dengan baik sampai sekarang. Pekarangan belakang Hotel Majapahit juga terlihat romantis di pagi hari.

Selain cerita sejarah, Hotel Majapahit juga rupanya menyimpan cerita angker. Kabarnya, hampir setiap sudut hotel pernah terjadi penampakan menurut pengakuan pengunjung. Ruangan yang dikenal paling menyeramkan adalah Bromo Room, sementara di Java Room juga dikabarkan sering terdengar suara tangisan tersedu-sedu yang konon berhubungan dengan pembunuhan di hotel tersebut pada masa kolonial Belanda. Akan tetapi, hotel yang bernuansa klasik ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan pejabat penting di Indonesia sering menginap di hotel ini apabila berkunjung ke Surabaya.

7. Hotel Ambacang

Sebelum gempa tahun 2009 di Kota Padang, Hotel Ambacang adalah gedung peninggalan zaman Belanda yang dijadikan cagar budaya pada tahun 1990-an. Pada saat pergantian wali kota tahun 2004, izin untuk merombak gedung tersebut dikeluarkan sehingga pemilik bangunan tersebut membangun kamar dan menambah lantai bangunan. Terletak di lokasi yang strategis di jantung kota, Hotel Ambacang tentunya ramai pengunjung. Setelah gempa tahun 2009 yang memakan ratusan korban jiwa, jalanan di depan hotel tersebut sepi. Banyak ojek dan pengemudi yang konon sering terkecoh oleh arwah korban gempa. Beberapa mengatakan pernah melihat mayat tanpa badan utuh sedang berjalan di depan hotel dan mendengar jeritan minta tolong dari hotel tersebut.

Terkait
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id