Cerita Raja Thailand Isolasi Diri Ditemani 20 Selir di Hotel Mewah

Unik | Rabu, 1 April 2020 10:30
Cerita Raja Thailand Isolasi Diri Ditemani 20 Selir di Hotel Mewah

Reporter : Sugiono

Raja bergelar Rama X ini menyewa seluruh kamar hotel mewah itu, meski sebelumnya ditutup paksa akibat wabah virus corona.

Dream - Virus corona baru yang menyebabkan Covid-19 tidak memandang siapa korbannya. Bahkan seorang raja pun takut tertular virus yang belum ada obatnya ini.

Dilansir New York Post, Selasa, 31 Maret 2020, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dilaporkan 'mengisolasi' dirinya di sebuah hotel mewah di Jerman.

Namun bukan hanya satu kamar saja yang dia pesan. Raja yang dikenal dengan gelar Rama X ini menyewa seluruh Grand Hotel Sonnenbichl.

Raja Maha Vajiralongkorn punya alasan khusus menyewa seluruh kamar di hotel yang terletak di resor terkenal Garmisch-Partenkirchen tersebut.

2 dari 6 halaman

Membawa 20 Selir dan 119 Pelayan

Raja berusia 67 tahun itu dilaporkan juga membawa 20 selir bersama 119 pelayan ke dalam hotel.

Namun, 119 anggota rombongannya terpaksa kembali ke Thailand karena dikhawatirkan bisa menyebarkan virus corona.

Laporan tidak menyebutkan apakah istri keempat Raja Rama X, mantan kepala keamanannya Suthida Tidjai, termasuk dalam rombongan selir tersebut.

3 dari 6 halaman

Hotel Dibuka Paksa demi Raja Thailand?

Aksi sang raja 'menguasai' hotel mewah di resor ski terkenal untuk mengisolasi dirinya mengundang kontroversi. Karena sebelumnya hotel itu ditutup paksa untuk memutuskan mata rantai penularan virus corona.

Tetapi laporan media lokal mengatakan Grand Hotel Sonnenbichl diberi izin khusus untuk menjadi tempat isolasi bagi Raja Thailand dan rombongannya.

Pejabat setempat beralasan 'para tamu adalah sekelompok orang yang homogen, yang tidak menunjukkan adanya fluktuasi'.

4 dari 6 halaman

Mengundang Kemarahan Rakyat

Langkah pemborosan raja Thailand yang kontroversial ini memicu kecaman yang meluas di dalam negeri.

Tagar 'Mengapa kita membutuhkan seorang raja?' muncul 1,2 juta kali di Twitter dalam 24 jam setelah berita tentang kunjungan pertamanya ke Jerman.

Raja Maha Vajiralongkorn dianggap tidak pernah tampil di depan publik di negaranya sejak Februari 2020. Bahkan ketika negaranya mencatat lebih dari 1.500 kasus positif Covid-19 dan sembilan kematian pada hari Senin, 30 Maret 2020.

Vajiralongkorn menjadi raja ketika ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, meninggal pada Oktober 2016 setelah 70 tahun naik takhta.

5 dari 6 halaman

Pakaian Emas Raja Thailand Jadi Sorotan

Dream - Penobatan Raja Thailand Maha Vajiralongkorn pada Minggu, 5 Mei 2019, menjadi sorotan dunia. Tak main-main, Raja Vajiralongkorn diarak di jalanan kota Bangkok mengenakan pakaian serba emas.

Raja berusia 66 tahun itu diangkut oleh 16 orang. Dia mengenakan pakaian bersulam emas.

Dia juga menggunakan topi milik sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej, ketika dia disumpah sekitar tujuh dekade lalu, dilaporkan Washington Post.

Selama prosesi sebanyak 16 orang menggotong Raja Vajiralongkorn. Sebanyak 1.300 personil turut serta dalam prosesi ini.

Prosesi perayaan ini digelar di jalanan sepanjang empat mil. Prosesi digelar untuk memberi penghormatan di tiga kuil Budha, dan memberi Raja Vajiralongkorn kesempatan melihat rakyatnya, yang keluar dengan warna kuning, warna yang terkait dengan raja.

 

6 dari 6 halaman

Kekayaannya Capai Rp429 Triliun

Pemerintah mengatakan, 200.000 orang diperkirakan telah melewati rute prosesi. Upacara dan perayaan akhir pekan, yang menelan biaya $31,4 juta, setara Rp444 miliar.

Raja Vajiralongkorn mendapat nama kerajaan Rama X, raja ke-10 Dinasti Chari, menjalani pendidikan di Inggris dan Australia. Dia menjadi pewaris tahta resmi kerajaan Thailand pada 1972.

Dia menjadi raja terkaya di dunia pada tahun 2018 ketika dia menandatangani kekayaan keluarga US$30 miliar, setara Rp429,8 triliun untuk dirinya sendiri.

Pada Minggu, raja menganugerahkan pangkat dan gelar baru kepada beberapa anggota keluarga kerajaan. Salah satunya, Ratu Suthida.

Perempuan yang dinikahinya beberapa hari yang lalu.

Join Dream.co.id