Geger King Cobra 'Bertapa' 4 Tahun, Ini Kata Panji Petualang

Unik | Senin, 3 Desember 2018 16:35
Geger King Cobra 'Bertapa' 4 Tahun, Ini Kata Panji Petualang

Reporter : Ahmad Baiquni

Panji tidak yakin ular tersebut benar-benar samadi.

Dream - Ular bertapa. Selama ini mungkin kita melihatnya di dalam film-film legenda. Tapi kali ini kabar ular bertapa benar-benar menghebohkan warga Desa Anjir, Serapat Tengah, kapuas Timur, Kalimantan Tengah.

Di desa itu, tersiar kabar bahwa ada ular king cobra yang tidak bergerak dalam jangka waktu sangat lama. Tak tanggung-anggung, berdasarkan desas-desus ular berbisa itu menyebut ular itu talah berdiam selama empat tahun.

Kabar ini memang susah masuk akal, makhluk hidup berdiam selama itu. Hampir setengah dasawarsa. Tentu dia butuh makan, tak hanya berdiam bertahun-tahun. Tapi itulah kabar yang tersiar. Warga di situ banyak yang menyebut ular tersebut sedang samadi alias bertapa.

Yang jelas, penemuan ular itu membuat warga penasaran. Mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi penemuan ular tersebut.

Kabar ini bahkan disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional. Pemberitaan ini semakin membuat rasa penasaran banyak orang, sehingga memadati tempat ditemukannya ular itu.

Sebagian warga memutuskan untuk membuat pagar pembatas di sekeliling lokasi ular itu berdiam. Alasannya, agar tidak membahayakan warga yang menonton.

2 dari 3 halaman

Menurut Panji

Kehebohan ini juga sampai kepada Panji Petualang yang selama ini dikenal memiliki pengetahuan tentang binatang liar, khususnya ular. Dia memberikan komentar atas pemberitaan tersebut.

Melalui channel YouTube, Panji Petualang, Panji menjelaskan king cobra termasuk jenis hewan teritorial. Artinya, hewan ini memiliki area jelajah khusus.

Dia tidak yakin ular tersebut sedang samadi. Dalam pemahaman Panji, ular yang tidak bergerak selama empat tahun berarti sudah mati.

Menurut dia, seekor ular perlu berpindah tempat. Biasanya untuk mencari makan.

Memang ada perbedaan karakter antara ular jantan dan betina. Ular jantan, menurut Panji, akan jarang bergerak jika sudah menemukan tempat yang nyaman untuk ditinggali.

Berbeda dengan ular betina. Menurut dia, ular betina baru tidak akan bergerak dalam waktu lama ketika sedang mengerami telur-telurnya.

3 dari 3 halaman

Berikut Videonya

Terkait
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary
Join Dream.co.id